Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

5 Mei 2017

#7KTalks Hero Specialis PVP Pertama; Ballista


Gencarnya rencana untuk memberikan hero spesialis untuk setiap mode akhirnya sampai juga kepada mode PVP (Player VS Player) dengan dirilisnya Ballista yang memiliki tambahan pasif (skill spesialiasi) untuk mode PVP. Ballista yang merupakan hero pertama dari Shadow Clan yang mendapatkan bentuk awaken dianggap sebagai musuh alami mereka yang menggunakan tim defense/reflect apabila melihat skill yang dimiliki oleh sang Deathbringer Reincarnated.


Ballista dapat dianggap Klahan versi hero normal mengingat kedua hero ini memiliki kemampuan untuk evade dan lima void shield. Bedanya ada pada skill pasif ketiga mereka (dalam bentuk awaken) bila Klahan memiliki kemampuan untuk meningkatkan serangannya sebesar 50%, maka Ballista memiliki kemampuan untuk menyerang seluruh party musuh dengan fixed damage sebesar 2000 setiap melakukan tiga kali serangan (seperti Kyle).


Namun sebenarnya tidak selalu seperti itu, bila tiga skill milik Klahan berupa area damage (dua skill AOE5 dan satu skill AOE3) dengan damage besar, maka Ballista yang hanya memiliki satu skill aktif menyerang AOE3 tentu memiliki output damage yang lebih kecil dari Klahan. Belum lagi Ballista perlu diset sebagai hero dengan speed dan counter rate tertinggi di tim agar fixed damage 2000 dari Grim Reaper's Heir keluar lebih sering.

Selain itu memasukkan Ballista dalam tim offense tanpa ada tambahan SPD lain (dari jewel Four Lords, dengan asumsi semua hero lawan juga telah mendapatkan limit break SPD+1) akan membuat tim kalian kalah 1 SPD apabila menghadapi lawan yang memasang hero full SPD, hal ini dikarenakan Ballista 'hanya' memiliki SPD dasar sebesar 31.

Selain itu, kehadiran Ballista juga mungkin membuat mereka yang menggunakan Kyle pada formasi 1-4 atau 4-1 khususnya akan mengalami dilema, siapakah yang harus dipasang sebagai main counter dalam tim karena pasif kedua hero ini memerlukan mereka melakukan tiga kali serangan untuk aktif. Kyle dapat dibilang lebih bagus apabila berhadapan dengan musuh yang memiliki banyak shield seperti Rin/Miho atau Teo/Klahan karena selain memiliki animasi serangan yang banyak, dua skill aktifnya juga memiliki multi hit, Kyle juga bisa dibilang sebagai anti-hero zombie karena pasifnya yang menghilangkan buff aktif.

Namun Ballista adalah pilihan yang lebih baik apabila menghadapi tim tank/reflect yang memiliki HP dan defense tebal. Hal ini karena fixed damage 2000 miliknya apabila sering keluar dapat dengan cepat membunuh hero tank yang terkenal sulit untuk dibunuh, belum lagi pasif AOE5 fixed damage miliknya tidak dapat dipantulkan kembali (reflect).

Selain itu, hal lain yang membuat Ballista sebagai salah satu hero yang harus di-awaken adalah skill awaken miliknya; Hades's Allure. Skill ini akan sangat berguna apabila dikeluarkan menjelang atau pada end game alias lawan hanya menyisakan satu atau dua hero saja. Hades's Allure membuat Ballista memiliki lima void shield dan anti debuff tiga turns yang tidak bisa dihilangkan. Singkat kata, apabila musuh hanya memiliki satu atau dua hero dengan HP yang sudah cukup tergerus dan Ballista mengeluarkan Hades's Allure, kemenangan hampir pasti akan berada di tangan kalian.


 Build
Weapon: SPD
Armor: Counter

Ballista memerlukan SPD dan counter yang tinggi untuk memaksimalkan fixed damage dari Grim Reaper's Heir. Hal ini bisa menyulitkan mengingat rata-rata hitter utama untuk arena memiliki SPD dasar 32, unggul 1 poin dari Ballista. Ia juga rasanya tidak cocok dengan hero yang membutuhkan counter banyak seperti Teo (ignore defense saat mode zombie) atau Kyle (AOE5 150% attack dengan menghilangkan buff aktif) karena sama-sama membutuhkan banyak kesempatan melakukan counter.

Apabila dalam rank arena atau lawan dalam Guild Wars kalian sekarang memiliki banyak hero bertipe tank/reflect, maka Ballista adalah pilihan yang baik untuk mengalahkan mereka. Ia juga hero arena yang bagus bagi mereka yang belum memiliki special hero mumpuni dengan tipe yang sama (Klahan, Teo, Rin atau Kyle) untuk diletakkan sebagai hitter utama. Tapi Ballista memiliki keunggulan karena ia adalah hero normal, yang berarti lebih gampang menaikkan levelnya ke level 46 ketimbang special hero.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...