Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

23 Agustus 2013

WISH, Dari Bandung Menuju Dunia


Trend musik Jepang bisa dibilang menjadi semakin kuat pada tahun 2012, khususnya karena pengaruh kehadiran JKT48 sebagai sister grup dari idol grup terkenal di Jepang ; AKB48. Semenjak JKT48 memulai debut mereka di industri musik Indonesia, aliran musik Jepang menjadi semakin familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Meskipun yang 'beraliran' Jepang di Indonesia bisa dikatakan 'baru' dibawakan oleh band J-Rocks dan JKT48, namun beberapa nama indie mulai banyak yang merambah aliran musik negara Sakura tersebut. Salah satu yang 'terbantu' dengan trend musik Jepang adalah WISH, vocal-dance grup yang berasal dari Bandung.

WISH awalnya terbentuk menggunakan nama V-RUSH pada 26 Oktober 2008. V-RUSH ini terdiri dari empat mojang asal Bandung yang memiliki kesamaan minat dan hobi (khususnya yang berbau Jepang). Awalnya mereka hanya ingin mengembangkan hobi mereka melalui event-event Jepang (semisal lomba cover dance) yang diselenggarakan di Bandung dan sekitarnya, hingga akhirnya sekarang mereka sudah berani membidik pasar global.

'Debut' WISH adalah ketika mereka menjadi juara ketiga pada Oriental Dance Competition, semenjak saat itu WISH mulai rajin tampil di beberapa event. Mungkin kesuksesan terbesar WISH pada masa awal mereka adalah ketika menjadi pemenang 'MOST FAVORITE VIDEO' dalam kompetisi cover dance 'Heavy Rotation' yang diselenggarakan Pocari Sweat.



Setelah sukses dalam kompetisi cover dance tersebut, pada awal tahun 2012 WISH mulai berani merambah dunia komersil. Semenjak itu pula WISH sedikit mengubah konsep mereka dari 'sekedar' grup cover dance menjadi (semacam) idol grup/girlband, meskipun masih bernuansa indie. Sampai saat ini WISH telah memiliki dua lagu single (Dream Diary dan Wish You Were Here) dan satu album berjudul 'Dream Diary'.


MEMBERS

Full name : Noorshafia Faridathalla
Nick name : Nurul
Twitter : @Nurul_WISH

Kapten dari WISH sekaligus pencetus ide awal dibuatnya WISH (atau V-Rush, pada awalnya) ini masih berstatus sebagai mahasiswi program S1 Psikologi di Universitas Islam Bandung (UNISBA).

Bakat Nurul dalam hal menyanyi dan menari sudah ia asah semenjak berusia dini, ia merupakan alumni dari Sekolah Vocal Adjie Esa Poetra dengan nilai yang mengagumkan saat konser setifikasi di tempat tersebut.

Selain itu Nurul juga kerap mengisi acara kesenian menari, mulai dari tari tradisional, modern, kabaret hingga pencak silat semenjak masih di bangku SD.

Penggemar idol grup Jepang C-ute ini juga sempat mengikuti audisi pencarian bakat seperti Indonesian Idol dan IMB, dan sukses mencapai beberapa tahap. Ia juga merupakan salah satu finalis tahap akhir untuk Drama Musikal dari Fanta dan juga finalis tahap akhir pada audisi JKT48.


Full name : Fanny Wulandari
Nick name : Fanny
Twitter : @Fanny_WISH

Mahasiswi S1 Institut Manajemen Telkom dengan jurusan Ilmu komunikasi ini bisa dibilang pernah meninggalkan dunia menari yang pernah ia sukai. Fanny yang sangat menyukai olahraga, khususnya bola tangan dan bola basket ini mulai kembali menekuni dunia tari semenjak melihat salah satu idol grup/girlband asal Jepang.

Fanny menjadi member WISH setelah berkenalan dengan member WISH lainnya ketika pada masa SMA mengikuti ekstrakulikuler IT T-Core dan Mading sekolah.


Full name : Citra Akhiri Putri
Nick name : Citra
Twitter : @Citra_WISH

Citra sudah mengenal dunia seni, khususnya seni tarik suara dan tari semenjak kecil, hal ini disebabkan karena ia tumbuh di lingkungan keluarga yang memiliki jiwa seni.

Mahasiswi S1 jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di ITENAS, Bandung ini sudah mengikuti acara pentas seni seperti lomba menggambar dan lomba tari semenjak masih di taman kanak-kanak.

Citra mulai serius mengasah bakat menari dan menyanyinya semenjak berada di bangku SMP dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang bisa menunjang bakatnya. Hingga pada akhirnya ia bergabung dengan WISH ketika SMA. Bersama Nurul, Citra juga merupakan finalis tahap akhir pada audisi JKT48.


Full name : Wina Delina
Nick name : Wina
Twitter : @Wina_WISH

Penggemar idol grup AAA (Jepang) dan EXO (Korea) bisa dikatakan member WISH paling tenang dan juga pendiam. Wina merupakan mahasiswi di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Tata Busana.

Selain kuliah di jurusan tata busana, Wina juga memiliki bakat di bidang fashion desain dan juga kerajinan tangan, menjadikannya sebagai orang yang kreatif. Bahkan Wina juga turut berkontribusi dalam pembuatan desain kostum WISH.


STYLE

Meski pada awalnya WISH berkiblat dari idol grup milik Hello! Project seperti C-ute, namun semenjak mulai serius untuk menembus pasar musik Indonesia dan dunia, WISH kemudian mulai mengubah image dengan menggunakan AAA, Bright dan Tokyo Girls Style sebagai role model. Hal ini karena WISH ingin memberikan kesan mereka adalah idol grup/girlband yang powerfull dan enerjik sesuai dengan umur mereka, bukan terlihat cute atau childish.


ACHIEVEMENT

Berawal dari menjadi juara ketiga pada acara Oriental Dance Competition hingga menjadi 'MOST FAVORITE VIDEO' di kompetisi cover dance 'Heavy Rotation', WISH kini sudah mulai merambah dunia internasional (Asia) dengan menjadi kontestan dalam acara Asia Versus yang diadakan di Fuji TV, Jepang.

Asia Versus adalah kompetisi untuk mencari pencipta lagu maupun lagu-lagu baru yang belum terkenal di Asia, acara tersebut juga telah menjalin kerja-sama dengan stasiun televisi masing-masing negara di Asia. Acara ini mencari musisi amatir untuk dijadikan bintang dengan cara 'audisi'/penilaian melalui situs Youtube, kemudian para finalis dari Youtube tersebut akan diundang ke Jepang untuk ditentukan pemenangnya dalam sebuah acara televisi.

Meskipun gagal menjadi juara dalam kompetisi tersebut, WISH mendapat sanjungan dari salah satu juri, Reino Barrack. Reino Barrack memuji WISH sebagai salah satu girlband muda paling menarik yang berasal dari Indonesia.

Melalui acara ini juga MV WISH yang berjudul "Dream Diary' berhasil mengudara di Fuji TV, Jepang.



Bagi yang ingin lebih mengenal maupun mendapatkan info terbaru dari WISH bisa berkunjung ke page facebook WISH, twitter di @WISH_Indonesia atau langsung ke situs resmi mereka di http://www.wishofficial.com.



19 komentar:

  1. Belom pernah (bahkan sama sekali) liat band indie aliran J-music gue, bang. Gak pernah kepikiran. Ada saran? Selain WISH, Siapa lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang paling gue kenal (karena sering jadi guest di acara GJUI) ada X-Shibuya, domisilinya di Jakarta kalau nggak salah.

      #cmiiw

      Hapus
  2. Wa. OvO
    nggak cuma tampang, prestasi nya cantik. .-.

    BalasHapus
  3. ane taunya nurul doang, cuma doi yg difollow, hhe, stalking darimana bionya sampe detail gitu bang? (",)

    BalasHapus
  4. Sempet denger kemaren kemaren dan lengkapnya baru tau sekarang ini. Keren..

    BalasHapus
  5. katanya Nurul diajakin ikut audisi lagi sama JOTnya trus ditolak, keputusan yang berani. Sasuga Nooru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nurul yang hebat. menolak ajakan JOT itu hebat..

      Hapus
  6. Baru tau ada yang begini .___. Tjakep ya bang #tetep

    BalasHapus
  7. liat mereka waktu ada matsuri di kampus. suara mereka steady banget meski lagi jingkrak-jingkrak. dancenya mantep banget (*.*)b

    BalasHapus
  8. waaa baru tau ada mereka bang hahaha. untung abangnya baik, jadinya ngga kudet. makasih yaaaa salam tendang jingkrak-jingkrak

    BalasHapus
  9. group musik/band dgn aliran j-pop/j-rock, bikin gue inget band gue yg vakum.. *hiks
    btw, mojang bandung jarang jeleknya ya klo di foto? pfft..

    BalasHapus
  10. Wah baru tahu nih WISH.
    Si Nurul cakep juga hehe :D
    Baru dengar Dream Diary-nya dan lumayan juga musik dan suaranya.
    Semoga sukses nih WISH ^^

    BalasHapus
  11. Wah baru tau kalau ada wish. Hahaha kudet bgt yaa saya ._.

    BalasHapus
  12. huahahaha salah satu personil temen gue tuh-_-

    keren juga doi...

    BalasHapus
  13. Yeah wish, semoga sukses. S
    iapa temenmu rahadi??

    BalasHapus
  14. pernah liat penampilan mereka di Nihon no Matsuri tahun 2012.
    pengen aja ngebandingin WISH sama girlband yg juga nyelipin dance di penampilannya, menurut aku, WISH menang.

    kualitasnya udah bagus. suara mereka udah stabil waktu nyanyi sambil nge-dance. ( 'o')b

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...