Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

30 November 2013

Jadi Blogger Produktif Tanpa Koneksi Internet Pribadi

Bagi sebagian besar orang (khususnya mereka yang baru memulai blogging) menjadi seorang blogger yang produktif biasanya identik dengan kemampuan untuk memiliki koneksi internet sendiri. Baik itu melalui modem maupun wifii pribadi.

Namun tidak selalu mereka yang memiliki kemampuan untuk memfasilitasi dengan koneksi internet untuk pribadi itu selalu bisa menjadi blogger yang produktif, mereka yang tidak memiliki fasilitas seperti itu sebenarnya juga bisa menjadi seorang blogger yang produktif.

Di era internet seperti sekarang seharusnya memudahkan para blogger untuk menjadi produktif. Semakin menjamurnya warnet (warung internet) dan makin banyaknya gadget yang menyediakan fasilitas blogging via mobile seharusnya membuat keterbatasan memiliki koneksi internet pribadi  tidak menjadi halangan yang berarti untuk menjadi blogger yang produktif.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi blogger yang produktif tanpa perlu memiliki koneksi internet pribadi.


1. Tentukan Tema.
Meskipun bisa dibilang 'campur-campur', namun pada dasarnya sebuah blog memiliki tema besar dimana sebagian besar postingannya membahas tema tersebut. Tentukan tema blog anda dan niscaya, ide untuk menulis postingan (dalam jumlah yang banyak) akan semakin mudah diperoleh.


2. Temukan Ide Yang Menarik.
Hal ini bisa dilakukan dengan rajin membaca berita/informasi, dari situ anda terkadang bisa menemukan bahasan menarik yang bisa dijadikan bahan postingan. Kemudahan social media seperti facebook dan twitter bisa digunakan untuk mendapatkan ide postingan, dengan catatan anda mengikuti akun-akun yang memiliki/memberikan informasi yang terpercaya.


3. Catat Dan Buat Garis Besar Terlebih Dahulu.
Apabila telah memperoleh ide untuk membuat postingan seperti apa, maka segeralah buat dan tulis garis besar bahasan yang ingin anda bahas. Sebisa mungkin tulis semua kemungkinan yang terpikirkan oleh anda. Garis-garis besar tersebut bisa anda tuliskan pada selembar kertas atau pada gadget anda.


4. Cari Informasi Lebih Lengkap.
Setelah menemukan media untuk menulis melalui internet (contoh ; online di warnet atau laptop teman) sebisa mungkin carilah informasi terkait postingan yang ingin anda buat dan bandingkan dengan opini yang telah anda buat sebelumnya. Seleksi dan rangkailah menjadi sebuah postingan yang merupakan kombinasi dari informasi dan fakta sebenarnya dengan opini anda.


5. Konsisten dan Hindari Copas (Copy-Paste).
Menulis di blog bukanlah pekerjaan yang mengharuskan kita selalu menulis, namun apabila anda ingin menjadi seorang blogger yang produktif maka tidak ada jalan lain selain menulis postingan blog secara konsisten. Konsisten ini tidak berarti harus banyak, namun bisa disesuaikan dengan kemampuan diri.

Dan juga sebaiknya menghindarkan diri dari yang namanya copas, karena apabila postingan yang anda tulis dan pikirkan sendiri diapresiasi dengan baik (baik dari jumlah traffic maupun komentar yang masuk) tentu memberikan semangat untuk menulis lagi. Berbeda dengan melakukan copas dimana anda akan merasa 'hampa' sekalipun tulisan anda menjadi salah satu topik yang paling sering dibicarakan.


5. Hindari Membandingkan Diri Dengan Blogger Lain.
Setelah anda mulai menulis di blog secara konsisten, maka hindarilah membandingkan diri dengan blogger lain. Baik dari segi bentuk tulisan, tema yang dibahas dan jumlah postingan per minggu/bulan. Hal ini karena setiap orang memiliki passion dan anggapan masing-masing tentang apa yang disebut 'blogger produktif'. Ada yang menyebut menerbitkan empat postingan dalam sebulan itu produktif, ada juga yang menyebutnya tidak produktif.

6. Niat
Yang paling dasar dari semuanya ; Niat. Karena langkah-langkah diatas tentu akan terasa sangat berat bagi mereka yang dari awal tidak memiliki niat maupun keinginan untuk menjadi seorang blogger yang produktif.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...