Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

9 Mei 2011

Selamat Datang di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango


May 8th, 2011
Dramaga, Bogor

04.00 WIB

Alarm gua yang berisik dengan lagu Natural Born Killer milik Avenged Sevenfold itu sukses membangunkan gua dari tidur lelap untuk yang kesekian kalinya, mungkin kalian akan bertanya-tanya, kenapa gua harus bangun pagi-pagi buta seperti ini ? Jawabannya adalah karena gua harus mengejar bus agar tidak ditinggal rombongan kelas yang akan berangkat praktikum Ekologi Hutan yang kali ini bertempat di Taman Nasional Gede Pangrango, Cibodas.

berangkat pukul 06.00 -- sampai di TNGGP jam 07.53

Sesampainya di TNGGP (sumpah gua di bus cuma tidur #gapenting) kami dan beberapa teman lainnya yang senasib dan sepenanggungan melakukan ritual wajib dulu akibat mendekam selama + 2 jam di bus full AC dan cuaca dingin, and yep, you are right, kami pun melakukan ritual wajib di WC umum terdekat tanpa peduli harus bayar (karena biasanya juga bayar) dan harus se-WC berempat (kebelet pisan).

WC under attack !!

Setelah melakukan "kewajiban alamiah" di WC-WC terdekat, kami pun berkumpul di depan base TNGGP untuk mendapat pengarahan tentang praktikum kali ini dari para asisten dan perwakilan dari TNNGP untuk kelancaran dalam melaksanakan praktikum. Setelah mendengarkan wejangan-wejangan dari para asisten dan perwakilan TNGGP dengan khitmat (#diragukan), maka kami pun mendapat sarapan sebagai asupan tenaga dalam pendakian.

sarapan oh sarapan

Setelah puas menikmati sarapan, kami bersiap-siap untuk melakukan praktikum. Kelompok gua mendapat bagian pengamatan di HM (Height Meter <-- mungkin) 8, as for your information, di TNGGP ini ada 10 HM total, so kebanyang kan berapa jauh kelompok gua harus nanjak untuk mencapai tempat pengamatan (dan itu baru berjalan ke tempatnya wahai saudara-saudari ku, belum pengamatannya).

sampai di HM 8 --> pengamatan dimulai

Pengamatan di HM 8 terasa melelahkan sekaligus nikmat, selain dari pembelajaran (lagi) bagaimana cara bekerja sama dan melatih sikap tolong-menolong (this is forest my friend !!), gua juga merasakan untuk pertama kalinya bagaimana nikmatnya makan di alam, dan dibawah ini kalian akan melihat footage-footage kejadian di lapangan pengamatan, karena pictures speak more words than words itself (#cieee).

beginilah yang namanya Analisis Vegetasi

mari makan di alam bebas

Setelah melakukan segelintir kelucuan di alam, sebut saja salah jalur karena milih jalan tanpa lihat peta atau saat gua mengalami kesusahan berjalan di tanah yang licin akibat terbiasa menggunakan sepatu lapang yang memang tidak gua gunakan saat ini karena hilang di Gunung Walat, maka kami bisa kembali ke basecamp dengan selamat tanpa ada kurang suatu apapun (semoga).

Setelah beristirahat sejenak, cukup untuk shopping di pasar kaget-nya TNGGP (yang gua sesali karena tidak gua lakukan) dan sholat zuhur dan asar, kami pun dikumpulkan para asisten untuk (katanya) quiz lapang dan harus dihadiri semua praktikan. Keadaan pun menjadi heboh disaat semua praktikan meng-sms teman-temannya yang hilang ditelan pasar TNGGP untuk kembali ke basecamp untuk menemukan suatu kenyataan dimana hanya ada absen, dan TIDAK ADA YANG NAMANYA QUIZ LAPANG (tau gini gua pergi beli badge TNGGP dulu dah) ditambah lagi para praktikan harus langsung ke bus masing-masing untuk perjalanan pulang ke Dramaga, Bogor.


suasana di bus saat detik-detik pemulangan

suasana di bus saat detik-detik memasuki daerah Dramaga, Bogor

Sesampainya di Kampus IPB Dramaga, tepatnya di ATM Centre tepat jam 19.00 WIB (karena ini Bogor makanya WIB #gaje) kami pun langsung menuju Gymnasium IPB untuk menghadiri Opening Ceremony Olimpiade Mahasiswa IPB 2011 atau disingkat menjadi OMI 2011.

Untuk cerita-cerita cadas tentang Opening Ceremony OMI akan gua lanjutkan di postingan berbeda (semoga) .


*foto-foto berasal dari dokumentasi pribadi menggunak Blackberry Gemini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...