Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

6 Juni 2011

Presentasi Cangak

Presentasi, kata ini terkadang di dengar saat ada orang yang ingin memperlihatkan atau menjelaskan suatu materi. Atau biasa terlihat di suasana kelas baik itu di kampus maupun kelas dimana muridnya berseragam sama, nah itu definisi gua, sedangkan menurut KBBI :

http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id

Nah, kira-kira definisinya seperti itu. For Your Information hari ini gua ada jadwal presentasi tentang sifat fisis kayu, yang mana ini merupakan bagian dari praktikum mata kuliah Sifat Fisis Kayu.

trus kenapa judulnya "Presentasi Cangak" kk ?

Kalau kalian berpikiran kalau presentasi ini menjadi neraka bagi gua karena gua tidak memahami seluk-beluk dari materinya kalian semua salah dan wajib dihukum dosa karena sudah suudzon #loh. Karena presentasi kali ini menjadi cukup "cangak" adalah karena proses menuju, sedang dan setelah presentasi dilakukan.

bingung kk ....

Sebenarnya gua juga bingung cara jelasinnya gimana, baiknya kalau gua runutkan secara kronologisnya.

Pagi ini disaat gua baru bangun di pukul 9 pagi akibat kemarin malamnya nonton film "Timeline" di bioskop Trans-TV #ups#sebutmerk#whatever gua dikejutkan dengan sms dari teman kelas bernama Ady Pratama yang bilang harus ke kampus sekarang (padahal presentasinya jam satu siang) untuk menyerahkan presentasinya kepada dosen pembimbing praktikum. Setelah dengan sepenuh hati dan jiwa melaksanakan ibadah mandi pagi, hati gua sedikit bimbang antara senang atau sedih akibat sms lanjutan dari si Ady yang bilang dosennya belum datang.

Setelah bersiap-siap sebelumnya gua berangkat meninggalkan kontrakan pukul 11.00 WIB untuk mampir sebentar di warnet untuk buka fb dan lihat-lihat kabar blog ini yang akhirnya diakhiri dengan kegiatan menge-print #padanankatanyasalah makalah dari presentasi gua.

Ketika menuju berlin (beneran ada yang namanya berlin di kampus ane) ada sms lanjutan (lagi) dari si Ady, kali ini mengatakan kalau makalah itu harus di foto-kopi sebanyak sembilan rangkap untuk meng-cover seluruh kelompok kelas praktikum Fisis gua. Sambil menunggu foto-kopian kelar gua memutuskan untuk makan, suatu hal yang belum gua laksanakan sejak pagi ini.

Setelah makan dan mengambil foto-kopian gua langsung menuju lab. Fisis dengan kecepatan seadanya, untuk kemudian menemukan fakta bahwa gua harus kembali mencari warnet untuk print (lagi) karena cover dari makalah ini belum jadi. Sedikit stress menghadapi pencarian warnet yang dikarenakan OP-nya lagi shalat (ga salah juga sih), ngantri panjang untuk kemudian si OP dengan anggunnya berkata "maaf mas, kertas sama tinta print-nya abis".

OMG !!!

Mendengarnya cintaku serasa dimutilasi #loh#mulaigaje, untungnya gua menemukan sebuah warnet yang (sepertinya) terpencil dari orang-orang yang setipe dengan gua sekarang ; orang yang butuh CPU+printer+kertas print. Maka pencarian warnet untuk menge-print ini selesai juga.

Setelah kelas praktikum dimulai gua mulai dengan tertib menunggu giliran bagi kelompok gua maju sambil memperhatikan kelompok-kelompok lainnya berdebat tentang sifat Fisis kayu A,B,C,D dan terus sampai bosan. Selagi memperhatikan slide dan kelompok di depan gua juga memperhatikan layar bb Gemini gua yang asik memperlihatkan game "Klondike" dan situs jejaring sosial bernama twitter.

salah satu tweet yang tertangkap kamera

Setelah menunggu setelah sekian lama, akhirnya muncul juga kesempatan bagi kelompok gua untuk tampil. Dan kocaknya adalah gua dipilih oleh dosen pembimbing praktikumnya sebagai moderator, dan karena dari malam kemarin sampai saat ini gua fokus untuk menjadi penyaji materi, gua malah overlapping menjelaskan materi di slide (pantas muka audience-nya pada bingung).

Setelah kejadian kocak akibat overlapping job description tersebut, entah karena stress akibat salah atau seperti apa, saat bagian merangkai (bahasa darimana merangkai?) kesimpulan jalannya presentasi gua "mendadak" kram otak.

Setelah berusaha menenangkan diri di meja pembahas, o iya, kalau disini kelompok yang sebelumnya mempresentasikan materinya akan menjadi pembahas materi dari kelompok yang membahas materi kelompok yang sudah presentasi sebelumnya #bingungkanlo. Dan hebatnya entah darimana otak gua memunculkan pertanyaan seperti ini :
  1. Kenapa metode double shear mampu menahan beban yang lebih tinggi dari metode single shear menurut sifat fisis kayu tersebut ?
  2. Faktor-faktor apa yang membedakan metode lateral dan withdrawal jika dilihat dari sifat fisis kayu tersebut ?
Dan jawaban dari dua pertanyaan itu sangatlah diluar dugaan.Kedua pertanyaan gua tidak bisa (atau belum bisa dijawab) karena mata kuliah tentang sifat Mekanis kayu belum diperoleh, meskipun dosennya memuji pertanyaan gua dan (sepertinya) "sedikit" menyentil kelompok-kelompok yang mengambil tema agak jauh dari sifat Fisis kayu.


Akhir kata gua cuma berpesan, kalau mau melaksanakan presentasi maka pelajarilah sedalam-dalamnya laut sulawesi #loh#salah, eh maksud gua pelajarilah sedalam mungkin hingga kalian mengerti dan tidak memperlihatkan muka bingung mengarah cengok saat mendapat pertanyaan yang tidak ada dalam makalah kalian. Dan seyogyanya juga memperhatikan apa posisi kita disana agar tidak terjadi overlapping job.

Gua ucapakan terima kasih karena sudah membaca ^^v

2 komentar:

  1. Kak Farid marah ya ?
    iye,MAAF
    MAAF
    MAAF
    MAAF
    SAYA MEMANG CAMPAH
    USIL ISENG AJA KAK
    MAAF KAK :(

    BalasHapus
  2. lah? kenapa gua harus marah?
    gua ga bilang marah kan?
    #heran

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...