Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

3 September 2011

Peta Kekuatan 2011/2012

Musim 2010/2011 telah berlalu, tangis bahagia dan sedih telah ditinggalkan untuk menatap musim baru yang akan datang. Beberapa klub elit eropa telah melakukan evaluasi diri dalam menghadapi musim 2011/2012, berikut ini adalah pandangan gua tentang kekuatan beberapa tim elit Eropa.

English Premier League

Arsenal

“In Wenger We Trust”, kata-kata yang selalu didengungkan para Gooners di seluruh dunia itu mulai kehilangan taji nya, bagaimana tidak? Dengan sekitar lima musim nir gelar bagi klub sebesar Arsenal bisa dikatakan sebagai aib, kebijakan Wenger yang selalu menumpuk pemain muda dirasakan tidak ada artinya jika The Professor tidak segera memberi gelar prestisius yang bisa dinikmati fans Arsenal. Ditambah dengan kepindahan dua pilar utama musim lalu, Cesc Fabregas dan Samir Nasri, diprediksi armada meriam London akan semakin sulit menggeser dominasi Manchester United musim ini.


Hottest Transfer
Mikael Arteta


Kekalahan telak 8-2 kala menyambangi Old Traffrod dalam lanjutan Premier League seakan menyadarkan Wenger akan kebutuhan pemain berpengalaman. Terlihat gugupnya pemain Arsenal ketika tertinggal 5-1 menjadi salah satu masalah bagi The Gunners yang didominasi pemain muda tanpa ada pemain berpengalaman. Atas pertimbangan tersebut maka Wenger mendatangkan Mikael Arteta dari Everton. Selain bertugas untuk mengisi pos kosong yang ditinggalkan Samir Nasir dan Cesc Fabregas, Arteta juga dituntut untuk membimbing para youngster Arsenal.

*Other hot transfer : Gervinho, Per Mertensacker, Park Chu Young, Andre Santos



Chelsea


Roman Abramovic tampaknya masih penasaran dengan trofi Liga Champion, didepaknya pelatih sekaliber Carlo Ancelotti menjadi parameter utama bagaimana penasarannya taipan asal Rusia itu dengan The Big Ear. Chelsea kemudian menunjuk Andre Villas-Boas yang sukses memberi treble winner mini kepada FC Porto musim lalu, tapi Villa-Boas yang diberi julukan “The Special Two” ini baru memiliki pengalaman semusim melatih klub, itu pun melatih FC Porto, klub yang memiliki kualitas jauh di atas klub-klub Liga Sagres lainnya. Jadi pertanyaannya adalah ; mampukah Villa-Boas menjawab rasa penasaran Abramovic dengan memberikan trofi Liga Champion ? ataukah dia akan menjadi pelatih kesekian yang akan didepak dari Stanford Bridge ?

Hottest Transfer
Juan Mata


Chelsea terlihat adem ayem saat bursa transfer dibuka, pergerakan The Roman Emperor terlihat lebih kalem dibandingkan klub-klub elit lainnya, tapi mendekati detik-detik terakhir bursa transfer ditutup Chelsea membuat gebrakan. Sukses mendatangkan winger Valencia ; Juan Manuel Mata ke London membuat Chelsea memiliki variasi serangan dari sektor sayap, Mata yang memiliki skill dalam menciptakan assist juga memiliki kemampuan menggertarkan jala lawan. Buktinya ? Saat pertandingan debutnya bagi Chelsea melawan Norwich City, Mata sukses juga membukukan gol pertamanya bagi The Blues.

*Other hot transfer : Romelu Lukaku, Raul Meireles


Liverpool


Meski musim lalu sempat terseok-seok dan harus mengakhiri musim berlaga di EUROPA LEAGUE, tapi kehadiran Kenny Daglish sebagai manager anyar The Kop bisa memberikan semangat baru bagi armada Liverpool. Musim lalu saja saat King Kenny menakhodai Liverpool, posisi Liverpool saat itu berada di zona degradasi tapi ia sukses membawa The Reds ke papan atas EPL, jika di tengah musim saja Daglish bisa mengangkat posisi Liverpool, bagaimana kalau ia memegang komando penuh atas The Reds sedari awal? Hanya waktu yang tahu.

Hottest Transfer
Charlie Adams

Siapa pun tahu betapa vitalnya peran seorang Steven Gerrard bagi Liverpool, tapi apa jadinya kalau sang skipper harus absen akibat cedera atau skorsing ? Berkaca dari pengalaman beberapa musim lalu Liverpool selalu kesulitan meraih tiga angka tanpa kehadiran sang kapten di lapangan. Berkaca dari hal tersebut Kenny Daglish kemudian kemudian mendatangkan Charlie Adams, kemampuan Adams dalam memberikan passing-passing akurat ke dalam area pertahanan lawan membuat kehadiran Adams bisa membuat Liverpudlian sejenak melupakan sosok Steven Gerrard.

*Other hot transfer : Jordan Henderson, Luis Enrique


Manchester City


Semenjak diambil alih oleh taipan asal Abu-Dhabi ; Sheikh Mansour, Manchester City menjadi salah satu klub yang disegani di dataran Inggris. Dengan dana transfer yang seakan tidak ada batasnya, banyak pemain bintang mendarat di City of Manchester, sebut saja Carlos Tevez, David Silva, Edin Dzeko hingga yang terbaru Samir Nasri. Dengan misi menjadikan City sebagai tim elit di Eropa dan menggeser dominasi rival sekota ; Manchester Uniter, Manchester City patut diwaspadai oleh tim-tim elit Liga Inggris dan Eropa.

Hottest Transfer
Sergio Aguero



Bukan Juventus maupun Real Madrid, justru City yang berhasil mendapatkan tanda tangan menantu Diego Maradona tersebut. Didatangkan sebagai langkah antisipasi kalau City ditinggalkan bintang sekaligus kaptennya ; Carlos Tevez, Kun Aguero sesungguhnya memiliki kemampuan yang lebih dari cukup untuk menjadi bintang baru di panggung Premier League. Hal ini dibuktikan dengan gol dan assist debutnya pada pertandingan pertamanya berseragam The Citizen.

*Other hot transfer : Samir Nasri, Gael Clichy

Manchester United


Sukses mengangkangi Liverpool sebagai klub yang paling banyak mengangkat trofi Premier League membuat motivasi di kubu The Red Devils semakin membara. Meski musim ini ditinggal Edwin Van der Sar, Paul Scholes dan Gary Neville yang pensiun, kekuatan Fergie’s Babes masih menakutkan bagi lawan-lawannya. Selain itu kemampuan Fergie dalam mengendus bakat-bakat muda menjadi nilai tambah bagi skuad MU, dengan tidak adanya pemain yang didewakan di skuad Manchester United membuat Ferguson lebih leluasa merotasi pemainnya.

Hottest Trasfer
David De Gea


Sukses MU meraih trofi Premier League musim lalu tidak lepas dari tangguhnya lini belakang mereka, selain itu kehadiran Edwin Van der Sar di bawah mistar The Red Devils juga berdampak besar, terbukti catatan 25 clean-sheet MU juga merupakan andil kehebatan kiper asal Belanda tersebut. Kini sepeninggal Van der Sar, Ferguson mendatangkan kiper muda asal Spanyol ; David De Gea. Sukses De Gea membawa Spanyol memenangi Piala Dunia U-20 masih harus diuji lagi di kancah Premier League, dua gol yang bersarang di jala De Gea kala menang melawan Manchester City 3-2 di ajang Community Shield menimbulkan keraguan bagi pemain yang disebut-sebut menjadi suksesor Iker Casillas ini. Mampukah De Gea menjawabnya?

*Other hot trasfer : Ashley Young, Phil Jones

La Liga Espana
Barcelona


Klub mana yang menyandang predikat sebagai yang terbaik di dunia saat ini ? nama Barcelona patut dikedepankan mengingat pencapaian fantastis mereka dalam beberapa musim terakhir, terbaru mereka sukses membawa pulang trofi Super Spanyol dan Super Eropa. Permainan tiki-taka yang didukung oleh mayoritas pemain asli binaan klub menjadikan Barcelona menjadi tim dengan permainan paling menarik untuk dilihat dan menakutkan untuk dihadapi. Musim ini diprediksi Barcelona mampu mempertahankan trofi La Liga, sekarang pertanyaannya adalah ; mampukah Barcelona memupus mitos Liga Champion bahwa tidak ada klub yang bisa juara Liga Champion dua musim berturut-turut ?

Hottest Transfer
Francesc Fabregas


The Extraordinary Fabregas akhirnya pulang ke Catalan, transfer saga terpanas musim panas ini akhirnya selesai saat Arsenal akhirnya mau melego Cesc ke raksasa La Liga tersebut. Kehadiran Cesc dengan banderol mahal tidak serta merta akan menjadikannya pemain utama di skuad Catalan, hal ini disebabkan Barcelona sudah punya Xavi Hernandez dan Andres Iniesta, belum lagi pemain muda Thiago Alcantara yang sudah membuktikan dirinya saat Barca menjalani tur pra-musim. Tapi Cesc didatangkan Pep untuk mengantisipasi Xavi yang semakin menua, tapi cepat atau lambat mantan kapten Arsenal ini akan mendapatkan tempatnya di skuad Los Cules.

*Other hot transfer : Alexis Sanchez


Real Madrid



Klub tersukses Liga Champion ini kembali akan mendapatkan ganjalan besar dari rival abadinya Barcelona, baik dalam La Liga maupun Liga Champion, kekalahan saat berlaga di ajang Super Spanyol membuktikan bahwa racikan Mou masih belum bisa menaklukkan superioritas El Barca. Tapi dengan skuad yang dijejali pemain bintang Real Madrid pantang dipandang sebelah mata, selain itu tampaknya hanya menjadi masalah waktu bagi The Special One untuk mengalahkan strategi Pep, bisa terlihat dari hasil di Piala Super Spanyol, meski kalah tapi Cristiano Ronaldo dkk bisa memberikan perlawanan yang membuat Barcelona kerepotan.

Hottest Transfer
Fabio Coentrao


Sesungguhnya Real Madrid tidak memiliki masalah di posisi full-back kanan, mereka masih memiliki Sergio Ramos yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Tapi untuk menjaga keseimbangan tim maka didatangkanlah Coentrao sebagai pelapis Ramos. Kehadiran Coentrao tidak hanya menjadi pelapis, ia bisa menjadi senjata rahasia Mourinho dikala Madrid mengalami kebuntuan dalam menjebol gawang lawan.

*Other hot transfer : Nuri Sahin


Serie-A

AC Milan


Sebagai juara bertahan AC Milan kembali menjadi favorit juara musim ini. Dengan skuad yang relatif sama dengan musim lalu menjadikan kekuatan Ill Rossoneri tidak berubah banyak, hal ini membuat AC Milan unggul dari beberapa rivalnya yang masih dalam proses adaptasi dengan pelatih dan formasi baru. Selain itu Allegri hanya bergerak di bursa transfer untuk menambal skuad, datangnya Philippe Mexes, Taiye Taiwo dan Stephan El Shaarawy dinilai bisa meminimalisir kekurangan musim lalu. Bisakah Milan mempertahankan logo perisai Italia yang kini terpasang di jersey mereka?

Hottest Transfer
Stephan El Shaarawy


Sangat jarang rasanya Milan membeli pemain muda, maka jika ada pemain muda yang dibeli oleh Ill Rossoneri maka pemain tersebut pastilah memiliki kemampuan khusus. Adalah Stephan El Shaarawy yang didatangkan dari Genoa, pemain yang digadang-gadang akan menjadi “The Next Kaka” itu memang memiliki permainan yang mirip dengan ex pemain Milan tersebut, meskipun begitu El Shaarawy sendiri sadar ia akan sulit mendapatkan tempat di skuad Milan yang saat ini dipenuhi pemain bintang macam Alexandre Pato dan Antonio Cassano, maka harapan belajar dari para bintang tersebut untuk karir di masa depan menjadi pilihan yang logis bagi pemain muda tersebut.

*other hot transfer : Taiye Taiwo, Philipe Mexes, Alberto Aquilani


AS Roma


Klub asal ibukota Italia ini akhirnya bisa lepas dari masalah finansial. Kehadiran pemilik baru asal Amerika ; Thomas DiBenedetto menjadikan Ill Giallorossi lebih leluasa di bursa transfer. Didatangkannya pelatih anyar Luis Enrique dengan harapan ia bisa menghadirkan permainan tiki-taka ala Barcelona, dengan sokongan dana dari pemilik barunya, bisakah Enrique menghadirkan permainan menyerang ala Barcelona dan mengembalikan hegemoni Roma di daratan Italia ?


Hottest Transfer
Bojan Krkic

Agar AS Roma bisa menerapkan permainan 4-3-3 ala Barcelona maka Roma membutuhkan pemain bertipe cepat yang bisa berkelit dari kawalan pemain belakang lawan. Datangnya Bojan dari Barcelona seakan melengkapi potongan puzzle yang dibutuhkan untuk membuat Barcelona versi Italia. Selain merupakan pemain asli Barca, kecepatan dan kemampuan dribbling Bojan juga pas dengan kebutuhan Roma akan pemain cepat.

*other hot transfer : Pablo Osvaldo, Erik Lamela


Internazionale Milan


Putusnya rentetan scudetto berturut-turut Inter musim lalu menjadi pukulan telak bagi klub milik Massimo Moratti tersebut, terlebih mereka harus merelakan trofi Serie-A ke rival sekota AC Milan. Tapi bukannya menambah kekuatan di bursa transfer, kekuatan Inter malah terancam berkurang, hal itu disebabkan dengan hijrahnya sang goal-getter Samuel Eto’o ke Anzhi Makhachkala, belum lagi godaan klub-klub Premier League kepada Wesley Sneijder, tapi dengan formula dari allenatore baru ; Gian Piero Gasperini bisa saja Inter kembali bisa merengkuh scudetto.

Hottest Transfer
Diego Forlan


Inter boleh kehilangan Samuel Eto’o, tapi ketajaman lini depan skuad biru-hitam diyakini tidak akan berkurang dengan hadirnya Diego Forlan. Pemain terbaik piala dunia 2012 ini akhirnya mengikuti langkah kompatriotnya – Aguero – yang meninggalkan Athletico Madrid. Dengan pengalaman dan skill individunya diyakini publik Guiseppe Meazza tidak lagi akan merindukan sosok Eto’o.

*other hot transfer : Ricky Alvarez



Juventus


Mengakhiri musim 2010/2011 tanpa bisa berlaga di kancah Eropa menjadi pukulan telak bagi klub asal Turin tersebut. Seakan tersadar Juventus langsung bergerak di pasar transfer untuk meningkatkan kekuatan skuad mereka, banyaknya pemain yang berhasil didatangkan allenatore anyar ; Antonio Conte membuat Juventus tidak bisa dipandang sebelah mata, belum lagi dengan tidak adanya pertandingan Eropa membuat Ill Bianconeri bisa fokus pada ajang Serie-A.

Hottest Transfer
Arturo Vidal


Luciano Moggi – ex transfer guru Juventus, sangat jarang memuji kebijakan transfer Juventus semenjak Juve melakukan comeback ke Serie-A akibat skandal Calciopoli, tapi sikap berbeda ditunjukkan Moggi saat Juventus mendatangkan pemain nasional Chile ; Arturo Vidal. Pujian Moggi bisa jadi benar, hal ini karena kapasitas Vidal yang bisa bermain di sisi manapun di lapangan tengah, selain itu kehadirannya bisa mengoptimalkan kemampuan Andrea Pirlo yang juga baru didatangkan musim ini. Dengan kombinasi Vidal-Pirlo kekuatan lini tengah Juventus bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik di Serie-A.

*other hot transfer : Andrea Pirlo, Mirko Vucinic, Eljero Elia




2 komentar:

  1. hahaha...salam kenal yah kawan...
    wah..maaf sebelumnya...Nick ga suka sepakbola dan aku ga paham ttgnya...jd utk urusan ini aku no comment aja yah..dr pd salah komen...wkaakakak
    Yang pasti..saya ucapkan happy aidil fitri dan salam kenal kawan..keep writing yah..apapun itu...^__^

    BalasHapus
  2. masih menjagokan MU, Barca, atau Madrid... kunjung balik ya :)

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...