Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

26 Desember 2011

AKB48 Sisters

AKB48
Beberapa dari kita mungkin sudah mengenal girlband terbesar asal Jepang ini. Yak, seiring dengan munculnya proyek pembentukan sister (cabang) dari idol grup yang diproduseri Yasushi Akimoto di Indonesia, yaitu JKT48. Mayoritas penduduk Indonesia sudah mengenal salah satu lagu AKB48 yang dinyanyikan JKT48 yaitu "Heavy Rotation" melalui media iklan Pocari Sweat.

Ternyata Jakarta bukan satu-satunya sister yang dimiliki oleh AKB48, ada beberapa sister lain yang juga berada dibawah naungan produser Yasushi Akimoto. Berikut adalah beberapa sister tersebut.


JKT48 (Jakarta)

JKT48 (Tim J)

Sister pertama di luar negeri milik AKB48 ini sukses mendulang popularitas di Indonesia. Menggunakan lagu "Heavy Rotation" sebagai theme salah satu iklan Pocari Sweat, perlahan namun pasti JKT48 mulai digandrungi di Indonesia. Sampai saat ini baru terbentuk satu tim dari JKT48 yaitu tim J yang berjumlah 20 orang dari hasil audisi sekitar setahun yang lalu. Karena AKB48 dibagi atas tiga tim ; tim A, tim K dan tim B. Maka sepertinya kemunculan tim K dan tim T di Indonesia akan melalui proses seleksi kembali.


SKE48 (Sunhine Sakai)

SKE48 (Tim S)

SKE48 merupakan sister pertama yang dimiliki AKB48. Ide pembuatan SKE48 muncul ketika sang produser ; Yasushi Akimoto mendapatkan tawaran untuk membuat proyek '48 menjadi proyek nasional. Kemudian dipilihlah daerah Sakae sebagai tempat pembentukan sister pertama AKB48.

Dalam karir awal SKE48, kebanyakan dari anggotanya juga tampil dalam beberapa acara maupun original video-nya AKB48. Tapi ketika tahun 2011 saat Avex menjadi label SKE48, akhirnya SKE48 mengeluarkan single berjudul "Pareo no Emerald" pada 27 Juli 2011.


NMB48 (Namba)

NMB48 (Tim N)
NMB48 menunjukkan daerah proyek ini dibuat, yaitu di daerah Namba, Osaka, Jepang. Grup ini pertama kali muncul ketika AKB48 mengumumkan akan membuat sister keduanya pada 10 Juli 2010. Meski begitu, grup ini baru aktif secara resmi pada tanggal 9 Oktober 2010.

Grup ini terhitung baru karena baru memiliki dua tim, yaitu tim N dan tim M. Meski begitu, singlenya yang berjudul ""Zetsumetsu Kurokami Shōjo" sukses terjual sebanyak 218.000 kopi. Hal ini membuatnya menjadi single terlaris pada Oricon Weekly Chart dari 20 Juli 2011 sampai 27 July 2011. Prestasi meraih peringkat pertama melalui single debut ini merupakan yang kedua setelah PASSPO.


HKT48 (Hakata)

HKT48 (Tim H)

HKT48 merupakan sister ketiga yang dimiliki AKB48 setelah SKE48 dan NMB48. Grup yang ini juga membuka audisi bagi mereka yang berumur antara 11 sampai 22 tahun. Dampaknya adalah membludaknya peserta yang mengikuti audisi pertamanya pada 31 Mei 2011.

Generasi pertama (Tim H) dari HKT48 diperlihatkan kepada publik pada acara AKB48 Handshake event (23 Oktober 2011). Dari 21 anggota yang dimiliki, 17 orang ialah murid SMA dan SMP sedangkan 2 orang merupakan murid SD. Anggota termuda saat pemberitahuan merupakan Natsumi Tanaka yang saat itu baru berusia 11 tahun.


TPE48 (Taiwan)

Yasushi Akimoto berniat untuk meluncurkan sister kelima dan sister kedua AKB48 yang berada di luar Jepang. TPE48 atau Taiwan 48 ini merupakan nama sementara sampai grup ini resmi diluncurkan. TPE48 dikabarkan akan memulai audisi pada awal 2012 dan mengeluarkan debut pada musim panas 2012.


SDN48 (Saturday Night)

SDN48

SDN48 bisa dikatakan sebagai versi 'dewasa' dari AKB48, dan idol grup ini juga (sebelumnya) hanya tampil setiap malam minggu pukul 10 malam di Theater Akihabara. Tapi setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya SDN48 tampil selama seminggu penuh. Seluruh anggota SDN48 berusia diatas 20 tahun, hal ini membuat grup ini sering dibilang 'saudari tua' dari AKB48. Acara yang ditampilkan SDN48 juga lebih dewasa dan sexy dibandingkan acara milik AKB48.



EKSTRA

Ini gambar dari produser AKB48 dan proyek '48 lainnya. Siapa tahu kalau bertemu di jalan bisa sekaligus mempromosikan diri agar dimasukkan dalam proyek multi-nasionalnya.
Yasushi Akimoto

14 komentar:

  1. kenapa mukanya nampak sama semua ya om '_' itu mereka hasil kloningan apa gimana sih? *eh

    itu gak salah ada yg masih SD? alamakjang *.*

    om farid pasti demennya sama yg terakhir :P *kabur*

    BalasHapus
  2. Yang terakhir itu SDN48 kan ? Ya saya memang suka :D

    BalasHapus
  3. hahahah.. personelnya banyak banget.. entar bagi honornya gimana...

    BalasHapus
  4. astagaaa seriusan ini sisternya segitu banyaknya ? masa allaaaah..

    BalasHapus
  5. whohohhooh... boleh tuh buat KK48, kita kan bening kinclong cipit gimana gituuuu :3
    PLAK

    BalasHapus
  6. hhahahahaaa... ngakak... ini girlband mauu demoo apa nyanyi? :D

    BalasHapus
  7. hahaha bener
    ini grup mau demo apa nyanyi?

    btw JKT48 semledot cuy!

    BalasHapus
  8. Itu SDN48 dibacanya gak enak banget. Jadi keliatan kayak perkumpulan anak cewek telat bersekolah usia dini. :D

    BalasHapus
  9. @Arief : Dibagi secara adil tentunya :p

    @Dhila : Ayo bikin proposalnya #loh

    @Ikbal : Sampai sekarang untungnya masih nyanyi.

    @Ega : btw, semledot apaan ga ? #gangerti

    @Rendy : Bukan SD Negri 48 uii =.=

    BalasHapus
  10. baru tau ada akb48 <--- telat

    kenapa 48 ya? tau sejarahnya ga?

    BalasHapus
  11. kok 48 sih? personilnya ada 48? kenapa nggak 50 aja? trus kenapa cewek semua? ._. --> nyambung ga sih? -.-"

    BalasHapus
  12. @orank16 : Karena jumlah anggotanya 48 orang.

    @Rene : Coba tanya sama om Yasushi nak =3=

    BalasHapus
  13. set dah, itu rame banget,
    kaya mau tauran aja. atu mau demo?
    baru tau ada girl band beginian :D

    BalasHapus
  14. ni kayak mau tawuran,,,,,,nanti kampung gw mau ah,,,,buat kayak gitu,,,,nmanya RT 48

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...