Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

27 April 2012

*Le Wild Group Appear, It's Bloggers' Shout Out!






Semenjak memulainya sekitar setahun yang lalu, blogging telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari gua. Awalnya bikin blog sih sebagai sarana pelampiasan emosi (baik senang sampai dongkol) tentang yang terjadi sehari-hari dan menjadi catatan sejarah hidup gua yang kelak bisa gua baca kembali sambil tersenyum karena mengingat semua memori tersebut.

Awalnya bikin blog diberi nama AZteck Shrine, dan kenapa namanya begitu ? Karena Azteck merupakan salah satu kebudayaan yang hilang dari muka Bumi ini dan disebut-sebut memiliki nilai sejarah dan teknologi yang lebih canggih dari yang kita nikmati sekarang, dan gua ingin blog tersebut jadi bagian sejarah dari hidup gua (faktor teknologinya dihapuskan seenaknya). Sedangkan Shrine yang berarti 'kuil' menandakan itu sebagai tempat yang sangat pribadi dan tenang untuk gua, sesuai dengan alasan gua membuat blog untuk pertama kalinya.

Namun umur AZteck Shrine tak bertahan lama, kira-kira hanya beberapa bulan terjadi kesalahan pada template-nya (atau malah HTML). Berhubung gua kurang paham soal edit-mengedit kode HTML tersebut, akhirnya blog pertama (yang gua seriusi) itu harus berhenti pas pada hari ulang tahun gua yang ke-19 tahun, yaitu 11 Oktober 2010.

Hal tersebut membuat gua mendadak malas untuk meneruskan blogging via blogspot dan berpindah hati ke tumblr. Tapi berhubung tumblr tidak enak dipandang bila kita membuat tulisan yang panjang (dan lebih enak bila hanya berisi gambar dan tulisan pendek) membuat gua akhirnya kembali ke pelukan blogspot.

SEKIAN INTERMEZZO

Sejalan dengan pergaulan gua di dunia blog, gua juga mendapatkan teman blogger dari (hampir) seluruh pelosok Nusantara, bahkan ada pula yang berdomisili di luar negeri ! Hal tersebut dimulai ketika gua mulai masuk ke beberapa grup blogger yang tersebar di facebook. Awalnya memang ingin mempromosikan blog agar lebih dikenal, ternyata gua malah mendapatkan beragam keuntungan dari grup blogger di facebook tersebut, antara lain ; mendapatkan tambahan teman dan berbagai masukan tentang menulis di blog agar kemasannya dapat menarik dan enak untuk dibaca.

Yang terbaru gua diundang (atau lebih tepatnya menawarkan diri untuk masuk) ke grup blogger yang dibentuk oleh Glen Tripollo, yaitu Bloggers' Shout Out ! Memang seperti beberapa grup blogger yang gua ikut campur di dalamnya, alasan pertama untuk mendaftar ialah untuk promosi blog dan mengembangkan kemampuan menulis. Selain itu ada beberapa alasan lain kenapa gua semakin tertarik dengan grup yang memiliki program yang disebut "Bloggers Campaign" ini.

#1. Adanya Tema Tulisan

Mencari inspirasi dalam menulis di blog terkadang menjadi kendala utama seorang blogger dalam menulis, hal ini disebabkan dari mandeknya ide yang muncul di kepala sang blogger meski pun banyak hal disekitarnya yang sebenarnya bisa dijadikan bahan postingan. Salah satu peraturan di grup Bloggers' Shout Out ! ini adalah membuat postingan yang sesuai dengan tema yang ditentukan oleh sang admin. Dengan begitu, meskipun dalam kondisi malas berpikir atau minim ide, karena adanya 'pencerahan' tentang tema tulisan yang harus dibuat beserta adanya deadline yang ditentukan dapat memacu gairah (gua terutama) dalam hal nge-blog.


#2. "Terkesan" Rapi

Biasanya wall di dalam grup facebook para blogger itu dipenuhi dengan link-link dari tiap member yang mempromosikan blog maupun postingan terbarunya. Well, karena grup ini masih baru gua berikan tanda kutip di tulisan terkesannya. Kata "terkesan" (dengan tanda kutip) gua sematkan karena adanya peraturan yang melarang member-nya untuk promo secara langsung di wall grup, karena pada hari-hari campaign dengan tema yang ditentukan diberlakukan, para anggotanya hanya boleh promo di tread yang telah dibuat admin. Jika ada yang melanggar pertamanya akan diberi peringatan dan jika melanggar lagi akan dikeluarkan dari grup.

*Gua sangat berharap peraturan tersebut dijalankan, meski sendirinya kurang yakin bisa memenuhi peraturan (khususnya soal kehadiran <-- jarang OL)


#3. Diskusi Virtual

Diskusi secara virtual memang bukan hal baru dalam grup facebook, apalagi grup para blogger. Namun sejalan dengan poin nomor dua diatas, diskusi dapat (mungkin) lebih menarik dan alot karena tread diskusi tidak akan tertimpa oleh promo-promo dari tulisan maupun blog member lainnya, hal ini sejalan dengan peraturannya yang dilarang untuk membuat tread pribadi di wall grup. Meskipun diskusinya terbatas dalam hal-hal yang disuguhkan admin (dalam hal ini, tidak bisa diskusi tentang ide yang dimiliki pribadi) namun sebagai blogger kita dapat mempelajari dan mendapatkan pandangan yang berbeda dari beberapa opini yang disampaikan blogger lain dalam tread diskusi tersebut.


#4. Mimpi dan Cita-cita

Ada yang bilang kalau kemampuan mimpi dan cita-cita itu lah yang membuat seseorang lebih hidup, karena manusia yang berani bermimpi dan bercita-cita tinggi jauh lebih kuat dibanding orang yang hanya terpaku dengan fakta-fakta yang ada. Berdasarkan hal tersebut gua yang memiliki mimpi yaitu dapat merubah sudut pandang seseorang (sukur-sukur keadaan negara ini yang dirubah) melalui tulisan-tulisan yang ditulis dalam blog seakan 'terpanggil' untuk semakin bergabung dengan Bloggers' Shout Out !


Let's Start The Campaign !!

6 komentar:

  1. Jiahaha tumben ini rada kurang panjang, kirain gw masih ada ternyata udah mentok #abaikan OOT..

    Ya semoga adanya pergerakan ini akan mengurangi polusi yang ada didunia maya. dan kedepannya issue - issue yang sedang berkembang ngga gampang tenggelam seperti yang udah - udah..

    iya kalau ada tema yang ditentukan mau ngga mau kita akan berpikir keras buat ikutan partisipasi, intinya solid disiplin dan komitmen #tsaaaah...

    gw suka dengan kolom yang terkesan rapi plus tanda kutipnya haha #sekian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, emang biasanya postingan gua panjang-panjang yak ? #gasadar

      #amin Terkadang kalau issue yang cepat tenggelam itu seakan membuat kita orang paling ga gaul se-grup, masalahnya ya itu, cepat ramai cepat hilang akibat promo disana-sini.

      Hehehe, ketahuan kalau gua rada sering nge-blank kalau mau menentukan tema tulisan :P

      Terima kasih .. Terima kasih ^^v

      Hapus
  2. Sya lalala Syudududu
    gue udah ikut join dong Bang :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Solid kalau begitu Laini :D

      Hapus
  3. gue baru di approve nih beroo,, hheheh salam kenal sesama anggota BSO yah :)

    jgn di ospek lho :@

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...