Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

17 Mei 2012

Justice League, "Saingan Serius" The Avengers

Bulan Mei 2012 dunia film dunia mendapatkan film box office yang diadaptasi dari serial komik terkenal, The Avengers. Kumpulan superhero dari Marvel Comic yang terdiri dari Iron Man, Captain America, Thor, Black Widow, Hawkeye dan Hulk sukses mendapatkan tempat tersendiri di hati penikmat film.

Namun selain Avengers, ada juga grup/organisasi yang terdiri dari kumpulan superhero. Para superhero dari komik 'saingan' Marvel yaitu DC Comic yang disebut Justice League. Justice League sendiri dari beberapa superhero yang sudah terkenal terlebih dahulu, baik melalui serial komik original-nya maupun film layar lebar dari beberapa superhero anggota Justice League.

(sumber)

 Berikut adalah beberapa karakter penting dari grup/organisasi Justice League ini.



SUPERMAN


Superman merupakan makhluk dari planet Krypton yang terdampar di Bumi, ia kemudian diangakat menjadi anak oleh pasangan Jonathan dan Martha Kent dan diberi nama Klark Kent. Superman merupakan tokoh superhero paling berpengaruh di Amerika dan tidak jarang menjadi ikon superhero di negeri Paman Sam tersebut. Hal ini dikarenakan karena kemampuan super human yang dimilikinya serta kemampuannya untuk terbang.

Superman merupakan pemimpin Justice League sekaligus personil terkuat. Ia sering ditemui dalam misi-misi berbahaya yang dijalani oleh Justice League karena kemampuannya tersebut. Superman yang bernama asli Kal-El ini meskipun memiliki kemampuan jauh diatas manusia rata-rata, namun ia akan menjadi lemah bila dihadapkan kepada batu kristal Krypton.

Superman juga menjadi karakter terkuat dalam dunia komik Amerika. Hal tersebut terbukti ketika DC dan Marvel membuat cerita persilangan yang mempertemukan Justice League melawan The Avengers. Hasil dari pertempuran dua kubu superhero tersebut menetapkan Superman sebagai superhero terkuat setelah ia berhasil mengalahkan Hulk (Marvel) yang menempati peringkat kedua superhero terkuat.


BATMAN


Sosok ksatria pelindung kota Gotham ini bukan merupakan superhero secara natural karena ia merupakan manusia biasa. Sosok asli dibalik topeng Batman ialah Bruce Wayne yang harus kehilangan kedua orang tuanya ketika ia masih sangat kecil. Dengan tujuan ingin membalaskan dendam kematian orang tuanya, Bruce kemudian menempa dirinya sendiri sehingga memiliki kemampuan bertarung yang handal, intelegensi yang tinggi, kemampuan intimidasi, keterampilan detektif dan tentunya ia mewarisi kekayaan yang melimpah dari mediang orang tuanya.

Batman lebih berperan seperti Iron Man di Avengers, yaitu sebagai penyedia segala macam teknologi yang dibutuhkan Justice League dan menyediakan markas Justice League. Bisa dibilang kalau Batman adalah satu-satunya personil Justice League yang paling 'manusiawi', tetapi segala macam keterampilan yang dimilikinya membuatnya memiliki posisi sebagai anggota terpenting kedua setelah Superman.


WONDER WOMAN


Wonder Woman merupakan superhero wanita terkuat di Justice League, ia juga memiliki hubungan yang dekat dengan Superman dan Batman. Jati diri Wonder Woman ialah Putri Diana dari Themscira, dan putri dari suatu suku Amazon di Amerika. Kemampuan yang dimiliki Wonder Woman ialah terbang, kekuatan superhuman, tali laso yang dapat membuat musuhnya berkata jujur dan gelas yang tidak bisa dihancurkan.

Kekuatan fisik Wonder Woman merupakan salah satu yang terkuat di antara personil Justice League dan yang paling unggul dibanding superheroine lainnya, sedangkan kemampuannya dalam pertarungan jarak dekat merupakan yang terbaik diantara seluruh personil Justice League.. Kekuatannya bisa dibilang setara dengan Superman dan Captain Marvel. Kulitnya meski bisa terluka namun cidera yang diterima akan sangat minim, selain itu kulitnya juga tidak memproduksi cairan laktat, membuatnya memiliki stamina yang luar biasa.


GREEN LANTERN


Green Lantern merupakan sebutan bagi mereka yang menggunakan Power Ring dan Power Lantern dalam bertarung. Ring (cincin) ini merupakan senjata paling kuat dan berbahaya di seluruh dunia. Hanya cincin milik Alan Scott yang memiliki kekuatan magis, sedangkan cincin yang digunakan Green Lantern lainnya merupakan produk yang diproduksi Guardian of The Universe kepada mereka yang layak mendapatkannya. Mereka yang menggunakan kekuatan cincin tersebut tergabung dalam kesatuan yang disebut Green Lantern Corps.

Setiap Green Lantern memiliki kemampuan untuk terbang, menciptakan force field sebagai senjata maupun tameng, teleportasi, menyeberang antar ruang dan waktu, berpindah antar galaksi dengan mengendarai wormhole, telepati antar Green Lantern, menggerakkan benda padat lainnya, menghilang serta menciptakan materi benda-benda seperti batu krypton.


FLASH


Flash merupakan superhero yang dapat berlari dengan kecepatan tinggi, mengabaikan beberapa hukum fisika serta memiliki refleks superhuman. Sampai saat ini ada empat orang Flash yang sedang/pernah berada di Justice League Mereka adalah Jay Garrick, Barry Allen, Wally West dan Bart Allen. Khusus untuk Wally dan Bart, mereka telah menjadi superhero terlebih dahulu di masa kecil dengan alias Kid Flash.

Disebutkan juga setiap karakter Flash memiliki hubungan yang dekat dengan beberapa orang Green Lantern. Yang paling terkenal ialah antar Jay Garrick dan Alan Scott (Golden Age Green Lantern), Barry Allen dan Hal Jordan (Silver Age Green Lantern) serta Wally West dan Kyle Rayner (Modern Green Lantern), berikut persahabatan Jordan dengan West.


MARTIAN MANHUNTER


Martian Manhunter merupakan alien dari Mars yang menjadi salah satu anggota penting Justice League. Martian Manhunter atau J'onn J'onzz terdampar ke Bumi ketika ia Dr. Saul Erdel mencoba mesin teleportasi terbarunya, guncangan saat J'onn bertemu dengan Dr. Erdel membuat Dr. Erdel meninggal dan J'onn pun tidak dapat kembali ke Mars. Akhirnya ia menyamar menjadi detektif bernama John Jones sembari menunggu teknologi masyarakat Martian (Mars) sampai ke tingkat yang bisa membawanya pulang. Ia bergabung dengan Justice League ketika membantu Superman dan Batman menangkap kriminal Martian yang bernama Quork.

J'onn bersama Justice League sampai penduduk Martian akhirnya datang menjemputnya, namun ia memutuskan kembali ke Bumi bersama Justice League setelah lima belas tahun menetap dan menjadi pemimpin baru di Neo Mars.

Martian Manhunter memiliki kemampuan fisik yang setara dengan Superman serta kemampuan intelegensia dan kemampuan detektif yang setara dengan Batman. Bahkan Batman bahkan mengatakan Martian Manhunter sebagai "penggabungan antara Superman dan Batman". Ia juga dapat menembus objek apapun, kemampuan hipnotis, mengubah bentuk tubuhnya, Martian Vision yang dapat melelehkan besi dan menjadi tidak terlihat.

Martian Manhunter merupakan salah satu karakter terkuat di sejarah komik Amerika. Dalam cerita cross-over antara DC dan Marvel, ia berhasil mengalahkan The Thing (Fantastic Four) yang disebut-sebut sebagai karakter terkuat ketiga dibawah Hulk dan Superman.


============================================================

Secara kualitas bertarung dan nama besar, nama-nama dari anggota Justice League ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia, bahkan tidak kalah dengan para anggota The Avengers. Komik gabungan DC dan Marvel yang terbit pada tahun 2007 sendiri menyatakan bahwa superhero terkuat berasal dari Justice League, hal ini ditandai dari kemenangan Superman atas Hulk dan kemenangan Martian Manhunter atas The Thing.

Semoga melihat 'keberhasilan' karakter-karakter Justice League ini, ada pihak yang mau membuatkan versi layar lebar dari Justice League. Seperti yang kita nikmati dengan film layar lebar The Avengers.

30 komentar:

  1. Semoga :)
    Bagus lagi kalau ada superhero Indonesia dibuat ke layar lebar

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah ada sob! JTOKU Indonesia yang buat... :D

      Hapus
  2. eh yang bener rid ada "cerita persilangan yang mempertemukan Justice League melawan The Avengers. Hasil dari pertempuran dua kubu superhero tersebut menetapkan Superman sebagai superhero terkuat setelah ia berhasil mengalahkan Hulk (Marvel) yang menempati peringkat kedua superhero terkuat".
    gue baru tau hahahaa
    tapi Justice League menurud gue kalo di filmin kaya avengers gue rasa bakal gk rame, soalnya Superman bakal mencolok banget dan jadi paling kuat. ya emang si superman kuat bgt kebangetan bgt. mungkin dia sendiri aja lawan team the avengers bakal menang. hahahaa
    tapi kalo superman lawan gatot kaca, tetep mas gatot yg menang, wong dia jg bisa mindahin gunung heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran ada, cerita dibuat (kalau ga salah) setelah ada survey untuk menentukan karakter mana dari Marvel dan DC sebagai yang terkuat.

      Kalau Gatotkaca dkk. bikin liga kaya' gitu namanya apaan yah ? #mikir
      Apakah "Liga Pandawa" ??

      Hapus
    2. pernah beberapa kali di pertemukan dalam dc vs marvel.
      superman juga bisa lemes sama kryptonite.
      bahkan di komik Batman:Hush

      dicertiain kalo Batman juga punya 1 batu itu yg disimpan di batcave untuk jaga-jaga kalo sang superman melakukan yg enggak-enggak.
      dan bener aja dia dicuci otak sama si Poison ivy.
      terus terjadi deh pertarungan superman dihajar batman yg memakai kryptonite.

      kelemahan yg paling biasa ditonjolin di crossover sendiri itu adalah diawal-awal mereka saingan tapi begitu ada musuh kuat banget malah temenan.
      menurut gue sendiri sih dari DC lebih keren captain marvel :D

      Hapus
  3. Superhero buatan DC terlalu absurd kemampuannya...Wonder Woman yg punya cambuk kejujuran misalnya...beuh, kurang menjual. Superman segitu kuat juga kalah kalo sama Kryptonite.

    Mestinya Batman hijrah dari Justice League ke Avengers, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha,, mereka kebanyakan alien om (re: Superman sama Martian Manhunter). Kalau sisi kurang menjual dilihat dari jumlah film mandiri superheronya ya memang baru ada Superman, Batman sama Green Lantern yang rilis, yang benar-benar menjual cuma Superman dan Batman.

      Kalau Batman hijrah ke Avengers sokongan dana buat Avengers bakalan ga manusiawi om. Perusahaan Tony Stark dan Bruce Wayne itu sekaya apa ??

      Hapus
  4. Ini jadinya kalo Justice League di-film-in...mati semua dilicikin penjahatnya, bahkan Superman sekalipun ;p

    http://www.youtube.com/watch?v=6eFkx65ZhAE

    BalasHapus
  5. Ane pikir kalo JL dijadiin film, jd ga asyik. Nanti dikira orang awam: "eh, supermen nirukeun Apengjers".

    Lagi pula sepertinya Civil War-nya Marvels lebih seru loh. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahaha, kemungkinan besar akan begitu.

      Civil War Marvel teh yang mana ?? #lupa

      Hapus
  6. agenda mau jadiin Justice League jadi film udah lama kayaknya ya.. tapi gak jadi-jadi, lagian DC kayaknya bagusan di animasi aja deh, gak usah terlalu maksa ke layar lebar IMHO :D

    BalasHapus
  7. aaah, itu video yg dikasih bang keven malesin bgt, gk asik bener dah kalo di filmin. hahahaha

    BalasHapus
  8. Sejauh mata membaca dan otak berputar, gue gak nemu superhero Indo. Semoga kapan-kapan si pitung dkk bisa nongol di hollywood :D
    anw,
    salam gaul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Postingan ini memang khusus membahas superhero dari Amerika.
      Amin, semoga superhero Indonesia bisa menembus pasar Hollywood.

      Hapus
  9. kalo ada filmnya sih...kasisan penjahatnya, mending dibuatin film aja masing2, apalagi GL kayaknya bakal ada lanjutannya, di endingnya kan ada si...ummm... gue lupa namanya yg make cincin kuning itu? mungkin Hal Jordan bakal lawan doi..

    BalasHapus
  10. postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

    salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
  11. Setuju sama komen om yon dan bang kepen.
    JL mah lebih enak di komik atau animasi.
    Kemampuan mereka terlalu berlebihan, kasihan musuhnya nanti.
    Marvel lebih manusiawi dengan avengernya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. JL terlalu banyak alien dengan kemampuan diluar batas normal (re: Superman dan Martian Manhunter).

      Hapus
  12. keren jg sepertinya nih film

    BalasHapus
  13. eh udah liat trailer dari om keven. kalopun JL dijadiin film, harus kreatif bikin musuhnya. Kekuatan yang dimiliki musuh minimal sepadan lah. Mana ada super hero menang duluan, ga seru jatohnya. muehehehe

    BalasHapus
  14. karakter JL DC itu lebih ke animasi nya. karena watak dan penampilan para anggota nya lebih keliatan bagus kalo dalam bentuk animasi 3D -menurut aku loh-

    BalasHapus
  15. JL udah dari dulu emang suka, dulu pernah ditayangin di tv kalau gak salah :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang pernah ditayangin di TV dulu.

      Hapus
  16. coba superhero indo diangkat ke layar lebar juga :D
    Gatot Kaca, dsb :D

    BalasHapus
  17. avengers aja gue belom nontooon.. pariiiiid traktiiiiir gueeeeeeee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua belom nonton jeng bloggey :D

      Hapus
  18. ane malah tau avengers, justice league awalnya dari game PS. juga ada duel Marvel vs Capcom (game) lol seru banget.

    kalo menurut ane sih boleh aja dijadiin film pasti keren juga, bosen lihat superman jadu di TV terbangnya ga beda sama sinetron di indosiar, wkwkwk..
    ane sukanya batman, setara sama ironman doi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu main MvC suka pakai War Machine atau Ryu, soalnya jurusnya destruktif abis #salahfokus

      Batman setara sama Ironman dari kekayaan, kalau dari sifat (menurut ane) lebih baik Bruce Wayne dibanding Tony Stark.

      Hapus
  19. kalo menurut saya ,justice league itu terlalu kekanak -kanakan,sampe ada cambuk kejujuran lah,pengecualian untuk batman, superman juga terlalu sederhana, sehari-harinya dia sangat kuat,tapi pas ada batu krypton, ya udah kalah


    oh ya superman terlalu perfect juga, gak kaya marvel yang superheronya punya sisi buruk yang manusiawi,mempunyai ego masing2 sperti yg di perlihatkan di the avenger,saya ingat ketika ironman dan spiderman berlatih menggunakan kekuatannya, tidak langsung seenaknya terbang dan berayun ,maafya kalo kebanyakan ini hanya pendapat saya aja kok,

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...