Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

23 Juni 2012

Jerman, Kandidat Favorit Kampiun EURO 2012


Tim nasional Jerman merupakan salah satu raksasa dalam dunia sepakbola Eropa dan Dunia. Didukung Liga Lokal (Bundesliga) yang merupakan salah satu dari lima liga terbaik di dunia dan dukungan sumber daya pemain yang memadai membuat kiprah Der Panzer di setiap turnamen internasional selalu menarik untuk ditunggu. Khususnya pada gelaran Piala Eropa 2012 kali ini dimana skuad asuhan Joachim Loew menjadi salah satu kandidat terkuat juara.



Memulai EURO dengan berada di grup 'neraka' bersama Belanda, Portugal dan Denmark membuat Jerman harus menghadapi dua favorit juara lainnya (Belanda dan Portugal). Namun diluar dugaan, Jerman malah menjadi satu-satunya tim yang memenangi seluruh laga grup dan mantap sebagai juara grup B. Hasil menyedihkan malah dirasakan Belanda, finalis Piala Dunia 2010 itu harus tersingkir dari Piala Eropa 2012 tanpa pernah meraih satu poin pun.


Keunikan tim nasional Jerman ialah totalitas yang diperlihatkan setiap punggawanya. Rata-rata pemain Jerman yang bermain untuk tim nasional akan bermain dengan standar yang lebih tinggi bila dibandingkan performanya secara keseluruhan di level klub. Ambil contoh Lukas Podolski yang tampak melempem bila bermain di level klub namun selalu menjadi momok tim lawan kala berseragam Der Panzer.

Selain itu, kombinasi pemain tua-muda di skuad Jerman kali ini membuat Jerman menjadi tim yang penuh tenaga namun selalu bisa tenang kala berada di kondisi terjepit. Kehadiran pemain-pemain muda berbakat macam Andre Schurrle dan Holger Badstuber dipadukan dengan pemain yang memasuki masa keemasan pebola serta berpengalaman macam Mario Gomez, Mesut Ozil dan Philip Lahm semakin membuat lini per lini semakin solid.

Jangan lupakan juga kehadiran Manuel Neuer sebagai pemain terakhir dari Jerman. Sepeninggal Oliver Khan yang pensiun, tim nasional Jerman sepertinya kesulitan mencari suksesor dari sang legenda. Nama-nama seperti Jens Lehmann sampai Rene Adler digadang-gadang mampu meneruskan kegemilangan Khan dibawah gawang Jerman, namun Neuer sukses menjadi idola baru publik Jerman, terutama ketika memutuskan hijrah ke raksasa Jerman, Bayern Muenchen.

Manuel Neuer

Performa Neuer di level klub selama musim 2011/2012 juga mengagumkan. Meski gagal mempersembahkan gelar bagi klub Bavaria, namun penampilan Neuer secara individu Neuer sukses membuktikan bahwa dirinya pantas menjadi pilihan utama di timnas Jerman. Penampilannya yang paling baik ialah kala membantu Muenchen mengalahkan Real Madrid di semi-final Liga Champion, dimana ia sukses menggagalkan tendangan pinalti Cristiano Ronaldo dan Ricardo Kaka.

Mario Gomez
Selain Neuer pemain lain yang patut menjadi sorotan ialah rekan setim Neuer, Mario Gomez. Striker blasteran Spanyol-Jerman ini sukses membungkam kritik yang menyatakan bahwa dirinya kurang pantas menjadi penyerang utama timnas Jerman dengan bukti tiga gol selama babak grup. Masing-masing dengan torehan satu gol ke gawang Denmark dan dua gol ke gawang Belanda. Hal ini menjadikan Gomez sebagai top skorer sementara timnas Jerman dan EURO 2102.

Selain itu faktor Joachim Loew sebagai pelatih juga semakin membuat langkah Jerman semakin diperhitungkan sebagai kandidat juara. Pelatih yang menggantikan Juergen Klinsmann sejak 2006 ini sukses mengubah Jerman menjadi tim yang menakutkan dengan kombinasi pemain muda dan pemain berpengalaman. Ditambah dengan banyaknya tim Bundesliga yang menggunakan jasa pemain mudanya semakin memudahkan Loew untuk meramu komposisi terbaik untuk negaranya. Pencapaian sebagai finalis EURO 2008 dan semi-finalis Piala Dunia 2010 membuat Loew semakin penasaran dan berambisi untuk bisa mempersembahkan gelar bergengsi untuk Der Panzer.

Faktor non-teknis juga dimiliki Jerman. Berbeda dengan tim nasional negara lainnya, tim nasional Jerman selalu ditonton oleh kanselir Jerman, Angela Merkel. Bahkan sang kanselir tidak hanya menonton perjuangan tim nasional Jerman dari tribun penonton, tidak jarang Merkel hadir ke ruang ganti pemain sekedar untuk memompa semangat para pemain. Kehadiran sosok sepenting Merkel di tribun penonton Jerman dianggap sebagai simbol keberuntungan. Mungkin para pemain menjadi semakin termotivasi karena didukung langsung oleh salah satu petinggi negaranya.

Angela Merkel

Dengan semua modal seperti diatas, maka patut ditunggu apakah Jerman mampu menyelesaikan EURO 2012 dengan status sebagai juara. Terakhir Jerman sukses menyingkirkan Yunani di babak delapan besar dengan skor 4-2. Jerman masih harus menunggu pemenang antara Inggris dan Italia untuk mengetahui lawan mereka di babak semi-final.

Mampukah Jerman merebut trofi supremasi EURO dari tangan Spanyol sebagai bukti tim nasional terbaik di daratan Eropa ?


12 komentar:

  1. but honestly, ozil untuk piala euro kali ini ga secerah saat world cup kemaren. bener ga tuh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pendapat gua tergantung dari skema permainan yang diterapkan Loew.

      Kalau pas Piala Dunia 2010 lalu Ozil memang jadi playmaker utama, tapi sepertinya peran tersebut jadi milik Bastian Schweinsteiger pada Piala Eropa kali ini.

      Hapus
    2. Menurutku sih Oezil di turnamen ini punya andil besar. :)

      Hapus
  2. itu gambar terakhirnya walah, kenapa mesti itu? -_- untung belum bulan puasa .

    Masih samar sih yang bakal juara siapa, postingan ini ngehasut pembaca jadi dukung Jerman dan ninggalin jagoan masing-masing .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa yah ? Bisa dibilang fans service #eh

      Ya itu kan tergantung masing-masing pembaca, apakah masih setia sama tim yang didukungnya apa memilih 'selingkuh' dengan Jerman :3

      Hapus
  3. Wakakaka ada Angela Merkel gitu, jadi inget pas Jerman vs Yunani dia ketawa-tawa... apa dia pake trik "Gw keluarin lu dari zona Euro! Utang negara lo kebanyakan! Kalo mau tetep di zona lo harus ngalah sama Jerman!" #nggakgitu

    Neuer sama Gomez lagi bersinar-sinar banget nih kayaknya. Nee, Manyunyu Neuer bisa aja ngalahin Casillas jadi kiper nomer 1 duniaa :D dan kesini nyari Lars, mana Lars? mana manaa... padahal gol-nya pas lawan Denmark keren #lahkok

    Dan gambar terakhirnya..... *mimisan* good post, bikin pengen jadi suka sama Jerman, tapi saya tetep dukung Belanda... yah gitulah *lari-lari keliling eropa*

    BalasHapus
  4. Dan kenapa timnas Jerman begitu perkasa beberapa tahun ini? Karena sebagian besar mereka bukanlah Jerman asli :p #JustJoke

    BalasHapus
  5. Jerman emang tim unggulan pertama, selain materi pemain yg bagus dan kebanyakan dari bundesliga yg udah pasti pada kompak, Jerman juga ada mitos, kalo di Euro sebelumnya jerman gagal di final maka di Euro berikutnya jerman juara.

    ya mitos cuma mitos

    tunggu aja 3 juli nanti

    yang penting Indonesia tahun ini harus juara piala AFF!

    BalasHapus
  6. Seperti biasa, Jerman selalu difavoritkan sebagai kandidat yang bakal juara. Tapi, kayaknya mereka tidak memiliki mental juara.. :D ngga tahu kenapa, tapi menurut saya sih gitu. ^_^v

    BalasHapus
  7. saya dukung jerman harga mati..! :D

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...