2 Agustus 2012

Pengalaman Pertama Menggunakan SAI

Menggambar manga merupakan hobi yang gua gemarin semenjak kecil. Mulai dari jaman TK sampai sekarang menggambar manga tetap menjadi kegiatan yang menarik, meskipun pada masa sekarang kegiatan tersebut mulai 'terlupakan' karena kesibukan kampus dan sebagai macamnya.

Namun semenjak bertemu dua blogger (yang sama-sama pecinta manga dan anime) ini ; @xinnosuke dan @ramydhia, dan memperkenalkan gua dengan aplikasi Paint Tool SAI. Niatan untuk membangkitkan hobi lama itu kembali.

Jadi setelah membaca-baca tutorial menggambar manga di blognya Nasihin/Shin, gua langsung mencari 'korban' untuk mempraktekkannya. Kenapa mencari korban? Karena saat itu gua sedang malas untuk menggambar manga sendiri #teteup, jadilah gua mengambil original artwork punya adek kelas ketika SMA dulu ; Ghaza (tentunya sudah minta izin terlebih dahulu).

Berikut hasil mewarnai manga menggunakan aplikasi Paint tool SAI yang memakan waktu seharian full.

Gambar asli
Art by : Ghaza Arivano



Merapikan line

Mewarnai kulit dan rambut

Mewarnai baju

Untuk bagian merapikan line lumayan memakan waktu, hal ini karena sebelumnya gagal (akibat minim pengetahuan soal shading), jadi setelah kurang-lebih tiga jam mengerjakannya harus diulang. Setelah mendapatkan pencerahan dari Nasihin tentang cara menggunakan shading, gambar ini diteruskan sampai sekitar lima jam pewarnaan. Dan fualah, dibandingkan dengan hasil pertama yang gua bilang 'gagal', hasil kedua ini (menurut gua) jauh lebih baik.

* P.S pada saat merapikan line yang kedua kalinya gua baru sadar kalau matanya tidak simetris. Untung sadar sebelum proses pewarnaan kelar :P

Karya 'gagal'.

Hasil akhir sebenarnya.
Original art by : Ghaza Arivano
Coloring by : @farid_275db

Bagaimana menurut kalian semua? Mohon tanggapannya, maklum gua masih nubie dalam hal pewarnaan dan menggambar manga secara digital.

*sambil ngunyah kripik*


13 komentar:

  1. salam kenal bro.
    Mantap, saya salut dengan kemampuan anda membuat model manga, saya hanya bisa mencoret garis lurus dan lingkaran..salut2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga bro.
      Saya juga masih dalam tahap belajar ini, lagipula gambar dasar milik orang lain (Ghaza), saya hanya bertugas mewarnainya saja.

      Hapus
  2. jadi pengin belajar make SAI :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa melipir ke link ini --> http://xinnosuke.blogspot.com/search/label/Tutorial

      Hapus
  3. Wuih, udah keren tuh om.. :D

    BalasHapus
  4. Cakep bang, gue aja belom lancar coloringnya -,-

    BalasHapus
  5. mungkin artlinenya dirapihin lagi bang, ada yang kurang lancip di bagian rambut jadi terkesan patah gitu :o
    coloring udah dapet di bagian bajunya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohiyes, terkadang ngerapihin artline bagian rambut suka khilaf (apalagi kalau udah mainin pressure).

      Hapus
  6. Bang parid baru pertama kali udah sadis gini hasilnya :3

    sebagai orang yg gak paham anime, gue mau tanya bang. Itu rambutnya tipis ya? Kok matanya bisa kelihatan gitu, padahal rambutnya nutupin gitu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pujiannya (beneran pujian kan? #kyaaa).

      Biasanya di anime ditampilin gitu, soalnya rambut yang turun ke bawah tipis. Bisa sih sebenarnya ditebelin, tergantung pribadi sih kata gua.

      CMIIW

      Hapus
  7. berlatih terus om biar lancar coloringnya..
    makan makanan bergizi juga ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti (^v^)9
      Err... iya. Makasih udah ngingetin Shin ._.

      Hapus
  8. pengalaman pertama udah kayak gini, yaudah selanjutnya bakalan ganas deh, keren bang :)

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...