Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

11 Maret 2013

Musisi Jepang Yang Membuat Saya Menyukai Jepang

(source)
MUSIK Jepang sudah menjadi bagian dari hidup saya semenjak saya masih sangat kecil, bahkan sebelum saya memulai pendidikan formal. Dimulai dari kesenangan menonton anime dan membaca manga, perlahan-lahan rasa suka terhadap budaya Jepang dan tentunya musik Jepang mulai timbul.

Berikut ini adalah beberapa musisi Jepang yang karya-karyanya membuat saya menyukai musik dari negara Bunga Sakura tersebut.


*list dibuat berdasarkan alfabet

#1. AKB48


Disaat kebanyakan remaja Indonesia mulai mengenal AKB48 semenjak kehadiran JKT48 di Indonesia, gua sudah mengetahui keberadaan idol grup ini semenjak tahun 2008. Meski saat itu tidak terlalu menggilai idol grup ini, hanya penasaran dengan 'gosip' yang katanya jumlah anggotanya adalah 48 orang seperti namanya.

Dan mulai mengenal lebih dalam tentang idol grup milik Yasushi Akimoto ini semenjak mendengar kabar audisi generasi pertama JKT48. Tapi seiring dengan makin banyaknya fans JKT48 di Indonesia, saya menjadi agak 'risih' bila mendengarkan lagu-lagu AKB48 di tempat umum.

Recommended song ; River, Beginner, Heavy Rotation, Pioneer.


#2. L'arc~en~Ciel


L'arc~en~Ciel merupakan band asal Jepang pertama yang saya lihat MV-nya di TV nasional, tepatnya ketika mereka menjadi artist of the month di MTV periode 2006. Dan MV yang membuat saya jatuh cinta terhadap band yang 20 tahun lebih malang melintang ini ialah lagu "Jiyuu e no Shoutai".

Selain itu L'arc~en~Ciel juga merupakan satu-satunya musisi asal Jepang yang saya beli album resminya. Tepatnya album 'AWAKE' yang didalamnya terdapat lagu Jiyuu e no Shoutai. Daya tarik utama L'arc~en~Ciel adalah suara khas milik vokalis mereka, HYDE.

Recommended song ; Jiyuu e no Shoutai, Ready Steady Go, Good Luck My Way.


#3. SCANDAL


Meski banyak mengisi OST anime-anime terkenal, namun pertama kali saya mengenal SCANDAL adalah ketika bermain TinierMe. Di game online tersebut saya bertemu dengan seseorang yang memiliki nick Haruna Ono (nama vokalis SCANDAL) dan mempromosikan band asal Osaka tersebut dengan gencar.

Karena penasaran saya mencari-cari MV-nya di situs YouTube, dan well .... musik Jepang banget #IMHO. Band yang dibentuk semasa SMA ini mampu mencuri perhatian dengan musik pop/rock mereka. SCANDAL bahkan menobatkan diri mereka sendiri sebagai "Grup Gadis Pop Rock Jepang Terkuat".

Recommended song ; Shunkan Sentimental, Nanka Buttobase, Harukaze, Taiyou Scandalous.


#4. supercell


Dari list di postingan ini, Supercell merupakan musisi asal Jepang terakhir (sampai saat ini) yang membuat saya jatuh cinta dengan musik Jepang. Pertama kali direkomendasikan teman blogger saya, si +M. Nasihin, kemudian hingga sekarang lagu-lagu Supercell yang kebanyakan juga dibawakan oleh para vocaloid mulai mengisi music list di gadget saya.

Supercell merupakan band yang berbeda bila dibandingkan dengan musisi lainnya. Pertama semua anggotanya tidak diketahui wajah aslinya, dan kedua Supercell memasukkan artworker sebagai anggota band mereka untuk membuat artwork mereka, entah untuk MV maupun album cover. Karena itu tema anime begitu terasa dari diri Supercell.

Recommended song ; Giniro Hikousen, Sayonara Memories, Kimi no Shiranai Monogatari.


#5. T.M. Revolution


Musik TMR mulai menarik minat saya semenjak mereka mengisi OST untuk anime Gundam Seed dan Gundam Seed : Destiny. Belum lagi lagu "Heart of Sword" yang menjadi OST salah satu anime legenda ; Rurouni Kenshin. Membawa musik yang menurut saya sangat sesuai dengan image musik Jepang, TMR menjadi salah satu musisi yang meng-influence saya dalam menikmati musik Jepang.

Meskipun beberapa MV TMR bisa membuat saya sakit mata, namun tidak merubah kenyataan bahwa aransemen mereka sangat enak untuk didengarkan. Setelah masa Gundam Seed selesai, saya masih belum menemukan lagu TMR yang enak untuk saya nikmati.

Recommended song ; Invoke, Ignited, Vestige, Heart of Sword.


#6. The GazettE


Bisa dibilang saya mengikuti perkembangan band visual kei ini dari awal. Pertama kali membaca mereka dari rekomendasi majalah 'Animonster' yang berujung kepada pencarian tentang GazettE melalui dunia maya. GazettE jugalah yang membuat saya semakin berniat untuk berdandan ala Harajuku atau band V-kei, khususnya setelah melihat penampilan Ruki sang vokalis dan Reita sang bassist.

GazettE memiliki musik J-rock yang unik, bisa dibilang style tersebut hanya milik GazettE. Meskipun lagu-lagu mereka bagus dan enak didengar, namun apabila bertemu lagu dengan lirik bahasa Inggris seperti "Silly God Disco" maka kalian akan stress sendiri karena pelafalan Ruki sangat teramat tidak baik! Overall musik GazettE tetap enak didengar, apalagi bila mendengarkan lagu yang full berbahasa Jepang.

Recommended song ; Vortex, Cassis, Filth in the Beauty, Red, Remember the Urge.


---------------------------------------------------------------------

Itulah musisi asal Jepang yang membuat saya tertarik mendengarkan lagu-lagu Jepang. Selain easy listening, sebagian besar lagu asal Jepang memiliki makna yang dalam dengan pemilihan kata kayaknya puisi. Bukan maksud mendiskriminasikan musik dari negara lain, hanya saja telinga dan pola pikir saya (mungkin) hanya cocok dengan lagu (dan lirik) dari negara matahari terbit tersebut.



Sumber gambar :

12 komentar:

  1. Laruku tetap yang paling TOP lah :D
    Ini aja waktu komen sambil dengar lagunya :D

    BalasHapus
  2. SCANDAL keren!! dari awal mereka muncul sampe sekarang tetep keren :D

    BalasHapus
  3. ane pertama kali jatuh cinta sama laruku, jaman SMA dulu
    kemudian ellegarden dan the hiatus, dilanjut YUI, AKFG dan supercell
    engga semua lagu jepang ane suka, sebagian aja dan tertentu sesuai selera.
    kenapa lagu jepang? karena bahasa jepang ternyata bagus kalau dijadikan lagu/musik, suaranya lebih seksi dari bahasa lain. dan liriknya juga meaning. beneran loh ._.

    BalasHapus
  4. blognya sudah saya follow jika berkenan follow balik yah :)

    achmadrizali.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Baru tau kalo TMR juga ngisi OST Rurouni Kenshin

    BalasHapus
  6. hmm.. kalw aq, aq juga ska jpg bhkn sblm skul uga. awalnya krna suka ama gambar2 di manga. suka musiknya pas kelas 6 sd. it pertma x Kagrra, bru piko trus scandal dlll..... musik kagrra bru bsa dblg jpg bnget, xoalnya mreka jpg klasik. jdi pake instrument apa pn, musik mreka ttp trdngar jpg.

    BalasHapus
  7. Wah sobat, Deluhi sama Dir en Grey gak masuk ya? Keren bngt tu band

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang keren. Tapi enggak terlalu pas dengan selera saya.

      Hapus
  8. aqua timez keren juga bang...

    BalasHapus
  9. kangen band jg jpg hahaduh

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...