Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

13 April 2013

Oblivion [ Movie Review ]

Bumi tahun 2077, sebelum perang. Dimana kondisi bulan yang telah hancur akibat serangan alien yang dinamakan scavenger (pemakan bangkai) dan menyatakan perang dengan umat manusia. Manusia akhirnya memenangkan perang tersebut, namun efek perang mengakibatkan Bumi menjadi mati.

Bumi tahun 2077, setelah perang. Jack Harper dan Victoria tinggal berdua di Bumi sementara manusia lainnya berada di pangkalan ruang angkasa untuk menuju Titan, bulan terbesar Saturnus yang diproyeksikan menjadi 'Bumi kedua'. Mereka berdua ditugaskan untuk mengawasi mesin-mesin pengangkut air laut untuk dibawa ke Titan dengan bantuan drone.


Sinopsis

Jack Harper dan Victoria ditugaskan menjadi pengawas mesin-mesin pengangkut air Bumi untuk dibawa ke Titan. Victoria bertugas sebagai tower yang memperhatikan seluruh area tugas mereka dengan bantuan Tet, mesin yang terhubung dengan pangkalan komando mereka. Sedangkan Jack bertugas sebagai teknisi drone penjaga yang melindungi mesin pengangkut tersebut dari serangan scavenger.

Tugas mereka di Bumi tinggal beberapa hari lagi sebelum mereka bisa pindah ke Titan, namun Jack mulai bertanya-tanya apakah mereka benar-benar harus meninggalkan Bumi. Jack juga mulai mengalami mimpi tentang ingatannya sebelum pencucian otak. Para petugas harus menjalani cuci otak agar tugas mereka dapat diemban dengan maksimal.

Jack Harper memperbaiki drone
Suatu ketika saat Jack menyelidiki tentang sinyal aneh yang dikirimkan para scavenger, ia mendapati bahwa itu merupakan sebuah kode. Pada saat petang, dimana Victoria tidak dapat memberikannya dukungan satelit menggunakan Tet, Jack melihat ada benda angkasa yang jatuh, ia pun memutuskan untuk menyelidikinya.

Jack mendapati benda angkasa tersebut adalah kapal ruang angkasa 'Oddysee', kapal ruang angkasa yang dibangun sebelum masa perang. Pada saat Jack mengamati tabung-tabung yang berada disekitar puing pesawat, ia mendapati dalam sleeping pods berisi manusia. Namun sebuah drone tiba-tiba datang dan menghancurkan seluruh sleeping pods tersebut. Jack berhasil menyelamatkan satu sleeping pod yang berisi wanita, wanita yang selalu ia lihat dalam mimpinya sebelum masa penghapusan ingatan.

Siapakah wanita tersebut? Dan akankah mereka bisa selamat pindah ke Titan dari serangan para scavengers?


Karakter

Jack Harper

Teknisi drone yang memiliki kode sandi "Jack Harper mechanic 49" ini bertugas untuk menginspeksi Bumi dan mengontrol keadaan drone penjaga apabila rusak atau ditembak jatuh scavenger. Dalam waktu tinggal dua minggu sebelum kepindahannya ke Titan, Jack sering mendapati mimpi masa lalunya dengan seorang wanita.

Dalam mimpinya ia berdua bersama wanita tersebut berada di gedung Empire State sambil melihat pandangan. Sebuah mimpi samar yang membuatnya penasaran. Jack memiliki rasa ingin tahu yang besar, khususnya tentang kehidupan Bumi sebelum masa perang.

Diperankan oleh : Tom Cruise

Victoria

Pasangan Jack ini bertugas sebagai pengawas menggunakan satelit milik Tet. Berbeda dengan Jack, Victoria tidak sabar untuk pindah ke Titan dan sepertinya tidak terlalu memikirkan tentang Bumi maupun ingatannya sebelum penghapusan ingatan.

Diperankan oleh : Andrea Riseborough


Ensiklopedi

Drone 

Drone merupakan senjata penjaga dan sekaligus penghancur scavenger. Mereka ditugaskan untuk mengawasi mesin pengangkut air yang sedang menyedot air laut Bumi untuk dibawa ke Titan. Ada kalanya sebuah drone berhasil dijatuhkan scavenger, maka dari itu perang teknisi diperlukan untuk memperbaikinya.

Tembakan dari sebuah drone dapat membuat scavenger yang terkena menjadi tingga abu.

Scavenger

Alien yang menyerang Bumi. Setelah kekalahannya dari manusia mereka melakukan gerilya untuk menghabisi manusia dan sumber daya Bumi. Scavenger aktif menyerang pada saat malam hari dan memiliki tujuan untuk menghancurkan mesin pengangkut air Bumi.


Review

Another great movie yang diperankan oleh Tom Cruise. That's all I can say. Pada awalnya memang ceritanya terkesan lamban dan penonton akan sulit mengikuti alur cerita, namun setelah twist muncul saat Jack bertemu dengan 'wanita dari masa lalunya', maka jalan cerita film Oblivion dapat dikatakan berubah total, which means membuat film ini akan suddenly memicu rasa ingin tahu penontonnya, dan tentu saja dibalut dengan adegan action ala Cruise. Bullets are everywhere folks!


My Rating : 8.5/10



7 komentar:

  1. sumpah penasaran sama cerita film ini.. bang minta dong? *eh blom muncul ye? baik deh film 3gp juga enggak papa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gua aja kemarin nontonnya di bioskop -__-"
      Kalau udah keluar versi download-annya paling gambarnya belum bening cyiin #eh.

      Hapus
    2. keren ga bang? wah pengen

      Hapus
    3. Menurut gua sih kerennya 8.5 dari 10 #youdontsay

      Hapus
  2. film yang sangat hebat, mampu mengabungkan 7 adegan fil dan karakter dari film2 yang berbeda, super sekalii

    BalasHapus
  3. ah sudah lama tak nonton di bioskop, sayang rasanya mengeluarkan uang ._.

    eh itu scavenger ngapain nyerang bumi, tujuan utamanya apa nyatain perang? mending di planet sendiri aja, adem ayem ngegosip kek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ane jelasin kenapa scavenger nyerang Bumi dengan sangat jelas entar malah spoiler Hil.

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...