Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

15 Mei 2013

Shingeki no Kyojin [ Manga Review ]

Beberapa ratus tahun yang lalu, umat manusia hampir punah karena serangan Titan. Para Titan dengan memiliki tinggi berkali lipat dari manusia dan tampak tidak memiliki kepintaran ini ingin memusnahkan untuk tujuan kesenangan semata, bukan untuk menjadi bahan makanan. Kemudian manusia membuat tembok raksasa untuk memisahkan Titan dan manusia.

100 tahun berlalu semenjak tembok dibentuk, tidak terlihat penampakan Titan yang mengganggu kesejahteraan manusia. Sampai suatu saat satu raksasa yang memiliki tinggi lebih dari tembok datang dan menghancurkan tembok. Eren Jaeger dan saudari angkatnya ; Mikasa Ackerman harus melihat ibu mereka dimakan oleh Titan, semenjak saat itu Eren bersumpah untuk memusnahkan Titan dari muka Bumi agar manusia dapat hidup dengan damai.


Sinopsis

Eren Jaeger, pemuda yang kehilangan ibunya pada saat Titan menyerang Wall Maria, bersama saudari angkatnya ; Mikasa Ackerman berhasil lulus sekolah militer. Cita-cita masa kecil Eren untuk memusnahkan setiap Titan yang ada di muka Bumi membuatnya lulus sebagai salah satu lulusan trainee ke-104 terbaik bersama Mikasa. Karena cita-citanya ia memilih masuk dalam Scout Legion, divisi yang bertanggung jawab untuk melakukan ekspedisi keluar tembok untuk mencari informasi sekecil apapun agar umat manusia bisa selamat dari serangan Titan.

Titan menyerang kota masa kecil Eren.

Mikasa yang sedari kecil hidup bersama Eren juga memilih Scouting Legion, berbeda dengan Eren, Mikasa memilih Scouting Legion karena ia hanya ingin menjaga Eren yang merupakan keluarganya satu-satunya. Karena mereka berdua merupakan salah satu lulusan terbaik (dan Mikasa adalah lulusan paling baik) lamaran mereka masuk Scouting Legion langsung diterima. Namun tidak ternyata misi mereka dalam militer adalah menjaga para warga kota saat Titan raksasa, Titan yang menghancurkan desa mereka kembali menyerang desa setelah lima tahun.

Serangan Titan.

Bisakah Eren memenuhi cita-citanya untuk memusnahkan setiap Titan yang ada di muka Bumi?


Karakter

Eren Jaeger


Anak dari Dr. Jaeger yang sudah dianggap penyelamat di desanya. Pada saat serangan Titan datang, sang ayah sedang meninggalkan rumah dan ia harus melihat ibu kandungnya dimakan Titan hidup-hidup. Semenjak saat itu Eren bersumpah bahwa ia akan membunuh setiap Titan yang ada di muka Bumi.

Sedari kecil Eren kerap terlibat dengan perkelahian, biasanya ia berkelahi demi menyelamatkan sahabatnya Armin. Ketika masuk militer Eren mungkin bukan yang terbaik dalam hal teori dan taktik, namun ia merupakan salah satu murid lelaki terbaik dalam pertarungan tangan kosong maupun menggunakan senjata, tentunya masih dibawah Mikasa.

Mikasa Ackerman

Lulusan terbaik dengan nilai rata-rata terbaik diantara trainee angkatan ke-104 ini merupakan saudari angkat Eren. Mikasa yang dipungut keluarga Jaeger sejak kecil  karena kedua orangtuanya telah meninggal ini begitu perhatian terhadap Eren, bahkan ia selalu mengenakan scarf pemberian Eren pada masa kecil.

Selain unggul dalam teori dan pertempuran, Mikasa juga tidak terlalu peduli dengan masa depannya. Bagi Mikasa, selama ia bisa berada di sisi Eren dan melindungi saudara angkatnya itu hidupnya telah sempurna. Mikasa juga memilih masuk ke Scouting Legion karena Eren masuk divisi itu. 


Armin Arlett

Teman masa kecil Eren dan Mikasa ini merupakan ahlinya dalam bidang perencanaan  taktik dan teori, meskipun nilainya dalam pertempuran pas-pasan. Ia juga masuk Scouting Legion karena ingin bersama kedua sahabat masa kecilnya. Armin memang terlihat tidak berguna dalam pertempuran melawan Titan, namun ia selalu punya ide cemerlang untuk menyelamatkan kedua sahabatnya itu.

Armin begitu dekat dengan Eren dan Mikasa karena ketika ia masih kecil, Armin merupakan orang yang gampang ditindas oleh teman-temannya, saat itu, hanya Eren dan Mikasa yang mau datang dan bermain bersama dirinya.


Ensiklopedi

Titan

Titan adalah makhluk raksasa yang diceritakan akan membawa umat manusia dalam kepunahan. Mereka membunuh/memakan umat manusia bukan karena rasa ingin makan, namun lebih kepada kesenangan belaka. Untuk beberapa alasan para Titan ini juga mengabaikan makhluk lain selain manusia.

Tinggi para Titan beragam, ada yang "hanya" 3 meter, 10 meter, 15 meter sampai yang paling tinggi mencapai 50 meter. Beberapa Titan terlihat tidak memiliki kepintaran, namun ada tipe "deviant" yang terlihat memiliki kepintaran dan mampu menyerang dengan sebuah pola serangan.

Titan memiliki bentuk tubuh mirip manusia, hanya saja mereka tidak memiliki organ reproduksi. Untuk membunuh Titan, seseorang harus menebas bagian dibelakang leher mereka, karena hanya itu satu-satunya cara membunuh Titan.

Scouting Legion 

Scouting Legion merupakan divisi militer yang bertugas untuk mempertaruhkan nyawa mereka demi melakukan ekspedisi ke daerah para Titan untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana mengalahkan Titan. Para anggota Scouting Legion merupakan anggota paling mahir bertempur menggunakan alat manuver tiga dimensi yang dikembangkan manusia untuk melawan Titan.



Three Dimensional Maneuver Gear

Satu-satunya senjata manusia yang bisa digunakan dalam pertempuran langsung melawan Titan. Alat manuver tiga dimensi ini memungkinkan penggunanya untuk bergerak bebas diudara dengan bantuan gas dan bangunan disekitarnya.

Penggunanya biasa menggunakan gas untuk bergerak dengan kecepatan yang tidak dapat diikuti Titan dan menggunakan tali yang ditembakkan pada bangunan (atau tubuh Titan) sebagai dasar pergerakan. Kemahiran menggunakan alat ini merupakan syarat paling dasar seseorang untuk menjadi anggota Scouting Legion.


Review

Apabila dibandingkan dengan versi animenya yang sedang booming saat ini, versi manga Shingeki no Kyojin ini dapat dikatakan memiliki unsur blood and gore yang lebih ekstrim. Art milik Ishiyama Hajime memang bukan art yang menampilkan karakter tampan/cantik seperti beberapa manga terkenal saat ini (bahkan bisa dibilang kurang 'menarik' bila dibandingkan dengan versi animenya), namun style seperti itu malah membuat unsur blood and gore dari manga ini terkesan lebih hidup.

Bila adegan dalam anime seperti saat manusia dimakan oleh Titan atau badan manusia dicabik-cabik tidak terlalu diperlihatkan, maka anime ini memperlihatkan dengan cukup realistis adegan seperti itu meskipun kadar darah yang diperlihatkan bisa dibilang 'seperlunya' saja.

Namun daya tarik utama dari manga ini ialah banyaknya twist yang terdapat di dalamnya, selain itu memasukkan flashback yang tidak terlalu ketara dan terlalu banyak, malahan flashback yang diperlihatkan malah bisa membuat pembacanya semakin penasaran, karena tidak jarang dalam flashback ada twist yang mengesankan.

Jalan cerita yang seringkali tidak mempedulikan Eren sebagai karakter utama memang membuat banyak karakter yang harus dihapal, namun dengan memahami setiap karakter (terutama trainee angkatan 104) mampu membantu menemukan dan memahami twist yang tersembunyi di balik misteri serangan Titan terhadap umat manusia.

Bagi penggemar manga seperti Mirai Nikki, Deadman Wonderland atau Hellsing, maka Shingeki no Kyojin ini dapat dikategorikan sebagai must-read-manga.

"People who can't throw away something important can never hope to change anything." 

-- Armin Arlett --


My Rating : 9/10



23 komentar:

  1. gue lagi ngikutin versi ANIMEnya bang. rame sih... gue suka sama chara yg jadi kaka angkatnya eren itu. cewek tapi cool... mikasa ackerman-chan :*
    kalo versi manganya gue belum puny bang... masih review kan belum terbit ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue versi manga juga baca online. Biasanya versi manga online lebih jauh dari versi anime.

      Dan lagi buat manga/anime bertipe violence, blood and gore gue lebih prioritaskan baca manga ketimbang nonton anime. Kecuali animenya bisa menciptakan 'suasana' keren kayak anime Another atau Mirai Nikki.

      Hapus
    2. lah emang dikomikfox udah ada blum sih SNK manganya bang? atau dimana gitu kalo mau baca yg versi manga?

      Hapus
    3. Gue baca manga SnK di mangareader Ben.

      Hapus
    4. lah di app mangareader android gue cuma ada naruto sama one piece aja bang :(

      Hapus
  2. Kalau gue sih nonton manganya, masih awal2 sih.. Hehhe.
    Dan ini anime memang lg booming banget.

    BalasHapus
  3. waaah jadi pengen baca niy manga...
    saya dari dulu hobynya baca serial cantik aja,hehehee

    BalasHapus
  4. wakakak iya bang, emang keren tuh anime, konsep action nya itu bikin gereget *uhuk xDbb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kan gue bahas manga-nya -____-"

      Hapus
  5. lagi niat2nya nonton, penasaran XD
    gw sering ke Pixiv, fanart Shingeki no Kyoujin di sono lg ngetren OAO
    kata temen2 ceritanya keren, semoga manganya cepet terbit di sini
    btw, di Japan sono masih ongoing ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ongoing manganya sampai sekarang.

      Hapus
  6. aku gak kuat nonton anime. seminggu sekali doang. akhirnya baca manga. zetsubounya ga kelar2 ._.

    tp buat yg ga sreg sama gambar manganya ya nonton aja animenya sih, berkali2 lebih bagus grafisnya. pas denger wit studio lg butuh animator buat animenya, kepikiran takutnya nanti kualitas gambarnya menurun huee. loh kok jadi bahas anime huee.

    btw scanlationnya lagi cliffhanger nih... huee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi gue suka sama art manga-nya 0_0

      Hapus
  7. sip dah, must-read nih! XDbb

    BalasHapus
  8. Ga tahan baca manganya, selaen penuh guro, gambarnya juga jelek kalo dibanding versi anime. Mending sabar nungguin animenya aja deh, hahaha. Nonton anime ini lumayan bikin stress btw...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane sih pengalaman sama art kayak gini emang cocok buat manga gore (pengalaman baca Hellsing).
      Tapi semua kembali ke minat masing-masing individu om, hehehe xDbb

      Hapus
  9. Sugoi! Yorosiku ne Farid san!

    BalasHapus
  10. Gue sabar nonton animenya, om. yang episode 6 ngeselin banget :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah, baca baca manga-nya saja Kur :)

      Hapus
  11. Pertama kali liat versi animenya. Asli gak nelen ludah karna ceritanya menegangkan!

    BalasHapus
  12. Wuoaaah.. Kayanya musti cepat-cepat baca manga-nya nih..

    BalasHapus
  13. Anime dengan mangany keren gan.. buruan nonton.. hehe

    BalasHapus
  14. Sip gan,klo manga gw udh baca sampe chapter 10,mantap gan,masih penasaran tentang masa lalunya umat manusia.
    Klo anime baru nonton sampe episode 13.

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...