Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

2 Juli 2013

BABYMETAL, Saat Musik Metal dan Idol Grup Bersatu


Idol grup wanita atau girlband identik dengan member-member mereka yang cantik maupun lucu secara penampilan. Biasanya mereka memiliki lagu-lagu yang easy listening dan bertemakan ceria. Namun bagaimana apabila idol grup wanita yang terdiri dari gadis-gadis remaja tersebut membawakan lagu beraliran metal?

Adalah BabyMetal, idol grup yang merupakan sub-unit dari idol grup bernama "Sakura Gakuin" yang memiliki konsep "Kawaii Metal" yang berarti penggabungan musik idol dan heavy metal. BabyMetal merupakan idol grup beranggotakan tiga gadis remaja. Mereka adalah Su-Metal (Suzuka Nakamoto), MoaMetal (Moa Kikuchi) dan YuiMetal (Yui Mizuno).

BabyMetal merupakan sub-unit Sakura Gakuin yang berkonsep SMP. Sub-unit dari Sakura Gakuin sendiri dibedakan menurut beberapa klub, seperti layaknya SMP di Jepang pada umumnya. Selain BabyMetal yang merupakan klub 'Heavy Musik', club/sub-unit yang dimiliki Sakura Gakuin lainnya adalah ; Twinklestars (club Baton), mini-parti (club memasak), sleepiece ('Go Home Club'), SCOOPERS (Club Majalah/Koran Sekolah), Pastel Wind (Club Tenis) dan Kagakubu Kagaku Kyumei Kiko Logica? (Club Sains).

Meskipun pada musim semi 2013 lalu Suzuka Nakamoto sudah lulus/grad dari Sakura Gakuin karena telah lulus dari SMP (Member Sakura Gakuin hanya terdiri dari anak-anak SMP, jadi yang sudah lulus SMP otomatis lulus juga dari Sakura Gakuin), namun Amuse selaku manajemen Sakura Gakuin tetap memasukkan Suzuka kedalam project BabyMetal.


Formasi BabyMetal sendir menampilkan Su-Metal sebagai vokali utama dengan MoaMetal dan YuiMetal sebagai dancer dan scream vocal. Lirik lagu yang seakan terfokus pada Su-Metal sebagai vokalis utama mungkin dikarenakan dia sudah lulus dari Sakura Gakuin, sementara Moa dan Yui masih berada di Sakura Gakuin dan dua unit lainnya, Twinklestars dan mini-parti.

Single Indie pertama BabyMetal yang bertajuk "BabyMetal × Kiba of Akiba" berhasil menempati peringkat tiga di Oricon Indie Chart dan peringkat pertama di Tower Records Shibuya Ranking Indie mingguan. Sedangkan lagu debut utama mereka yang bertajuk "Ijime, Dame. Zettai" (Bullying, No, Never) berhasil terjual sebanyak 19,000 kopi pada minggu pertama dan berhasil menempati peringkat enam di minggu pertama mereka di Oricon Chart.



Lagu "Ijime, Dame. Zettai" sendiri terasa seperti musik lagu metal pada umumnya namun dibungkus dengan vokal ala idol Jepang. Belum lagi bagian Yui dan Moa yang membuat lagu metal satu ini terasa lebih 'imut' ketimbang lagu metal western pada umumnya.

Fans (atau bisa dibilang wota) BabyMetal sendiri tidak hanya terbatas dari Jepang. Berkat bantuan akun resmi mereka di situs YouTube para penggemar BabyMetal juga sudah merambah ke Amerika Utara dan Selatan, Eropa dan Asia secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan (mungkin) karena konsep musik metal ala western yang dipadukan dengan wajah dan suara imut ala idol membuat BabyMetal mampu merambah ke berbagai kalangan pecinta musik lintas negara.

Pada bulan Juni 2013 BabyMetal mulai mengubah style musik mereka dengan menambahkan sedikit musik tradisional Jepang. Hasilnya single 'Megitsune' yang merupakan gabungan dari wajah imut ala idol dengan musik metal western yang digabungkan dengan lirik dan beberapa bunyi dari alat-alat tradisional Jepang.




Khusus lagu Megitsune, pendengarnya juga diajak untuk memahami budaya Jepang. Karena lirik lagu Megitsune menggunakan dialek dan bahasa tradisional Jepang yang akan membingungkan mereka yang tidak tahu apa-apa tentang budaya Jepang seperti topeng Kitsune, Megitsune (wanita rubah) atau Shichihenge.

BabyMetal seakan menjadi 'pembeda' di tengah mindset yang mengatakan bahwa menggemari idol grup semata karena tampang member mereka dan mengabaikan musik yang 'tidak macho' (khusus beberapa kalangan laki-laki).

Bagi kalian yang ingin menikmati musik metal ala western namun tetap ingin melihat wajah-wajah imut ala idol Jepang, maka BabyMetal merupakan salah satu idol grup yang wajib kalian lihat.




23 komentar:

  1. mantap gan, lanjutkan !
    www.tersatu.com

    BalasHapus
  2. Mantap nih rid... andai aja AKB bisa kayak gini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya enggak mungkin diterapin di AKB48. Soalnya beda filosofi antara 48Family sama Amuse soal konsep idol grup mereka.

      But who knows?

      Hapus
    2. kayaknya udah dah gan?
      tau AKB48 ~ Give Me Five kan?
      itu udah luamayan mirip?
      yakan?

      Hapus
    3. Meski terhitung cukup 'keras' untuk hitungan AKB48, tapi Give Me Five rasanya masih jauh untuk standar BABYMETAL.

      Lagipula kalau 48Fams 'ikut-ikut' style BABYMETAL bukankah bisa dikatakan kalau 48Fams malah kehilangan 'jati diri' mereka? #cmiiw

      Hapus
  3. Jiss.. keren ey!
    Itu adanya cuman di jepang doang atau ada di mana lagi, nih? Berharap yang serupa seperti babymetal ada juga di indonesia. Kan bisa jadi trend baru tuh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu gue baru di Jepang (Amuse) yang menggunakan konsep seperti ini

      Hapus
  4. CADAS ! *head bang* *moshing*

    BalasHapus
  5. Ada aja Bang kreatifnya nyari yg kayak ginian, belum ada nih di Indonesia haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Jepang pun menurut gue baru BabyMetal yang begini.

      CMIIW

      Hapus
  6. wah kalo gak salah tahun ini mereka konser di Indo gan XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pas hari kedua AFA ID September 2013 nanti :)

      Hapus
  7. moe semua :3
    mau bikin post ini dari dulu gak jadi-jadi masih jadi draf, efek malas *dipanggil kasur*

    BalasHapus
  8. Gue abis baca ini langsung donlot lagunya yang Ijime dame zettai. dan ..... Babymetal emang bener-bener 'babymetal' ya ( '__') tapi tadi kata ente ada screamnya? yang di ijime kaga ada?

    depan-depan musiknya selow, gue sempet bingung. tapi pas udah mulai ngedrum ohhhh---metal \m/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu posisi Yui sama Moa berdasarkan BabyMetal/Amuse nya sendiri.

      Pas lagi headbang tiba-tiba ada "dame dame dame dame" yak XD

      Hapus
    2. screamnya bukan kyak teriak teriak suara serak kayak dieropa gitu gan tapi kyak imut imut gitu suaranya xD

      Hapus
  9. gila keren banget anak SMP gaya metal trus kawaii lagi, jepang kreatif banget :D

    BalasHapus
  10. Indonesia pasti niru nih
    hahaha.....

    BalasHapus
  11. keren rid , lagunya nya juga enak enak buat headbang wkwk :v

    BalasHapus
  12. hoho apa ada kah biodata lengkapnya si Su,Yui ama Moa.. hehe :)

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...