Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

3 Agustus 2013

Mana Yang Lebih Baik, JKT48 Atau SNH48?

Sampai sekarang, AKB48 baru memiliki dua sister grup internasional aktif, mereka adalah JKT48 dan SNH48. Karena dua sister grup ini merupakan satu-satunya (atau dua) sister grup yang berada di luar kawasan Jepang dan 'hanya' mendapatkan lagu saduran, maka dua sister grup ini kerap sekali menjadi bahan perbandingan.

Ada beberapa hal lain yang bisa digunakan sebagai tolak ukur untuk membandingkan sister grup AKB48 luar Jepang mana yang bisa dikatakan lebih baik, setidaknya sampai saat ini.

Lagu dan MV (Music Video)

SNH48 - Flying Get

Sebagai artis yang menggunakan musik sebagai salah satu nilai jual dalam dunia industri, maka faktor lagu dan juga MV sebagai bahan  promosi bisa dikatakan menjadi salah satu sektor vital untuk menentukan bagus-tidaknya sebuah/sekelompok artis.

Dalam hal ini bisa dikatakan SNH48 sudah mengungguli JKT48. Pertama kita bedah dari segi lagu. Kalau di beberapa kesempatan awal (ketika para member JKT48 gen1 masih berstatus kekyuusei/trainee), beberapa lagu yang mereka bawakan terkesan 'dipaksakan'.

Dipaksakan ini bukan dari segi tata bahasa (meskipun di beberapa lagu awal JKT48 pemilihan katanya bisa dikatakan kurang baik), karena saya sendiri tidak paham bahasa Mandarin. Maka dari itu penilaian dalam hal tata bahasa jadi sedikit kurang fair.

Yang dimaksudkan SNH48 mengungguli adalah pihak SNH48 tidak memaksakan menggunakan bahasa Jepang --yang terkadang merupakan judul-- dalam lirik mereka, sedangkan pihak JKT48 di beberapa lagu awal mereka cenderung memaksakan agar para fans juga ikut menyanyikan beberapa bagian lagu --khususnya judul-- dalam bahasa Jepang.

Salah satu contoh adalah dalam lagu 'Ponytail to Shusu'. Dalam lagu milik JKT48 bagian lirik yang berbunyi "Poniiteru" yang berarti Ponytail --cara penyebutan orang Jepang/engrish-- sedangkan di versi SNH48 kita samasekali tidak mendengarkan ada kata "Ponytail" maupun "Shushu", sekalipun dalam engrish (lidah orang Jepang kala menyebutkan bahasa Inggris). Pihak SNH48 mengganti total liriknya dengan tetap menjaga maknanya tetap mirip/dekat dengan versi original-nya.

Karena SNH48 sudah melakukan ini sedari awal, maka semua lagunya bisa dikatakan 'bebas' dari tekanan harus berbahasa Jepang/engrish, berbeda dengan JKT48 yang masih memiliki beberapa lagu dengan kata engrish, meskipun dalam beberapa lagu barunya hal ini sudah sedikit dikurangi.

Selain itu dari segi kuantitas, SNH48 yang sudah memiliki lima MV (dan sebentar lagi akan rilis MV keenam 'Flying Get') bandingkan dengan JKT48 yang baru memiliki tiga MV.


International Member

Miyazawa Sae -- Aki Takajo

Untuk dua sister grup luar negeri ini, Aki-P 'memberikan' dua member senior dari AKB48 (yang mungkin) untuk bertindak sebagai mentor bagi para member baru. JKT48 mendapatkan Aki Takajo dan Nakagawa Haruka sedangkan SNH48 mendapatkan Miyazawa Sae dan Suzuki Mariya.

Dalam soal kontribusi, bisa dibilang JKT48 mendapatkan keuntungan. Aki Takajo yang merupakan anggota team A AKB48 ini kerap mendapatkan posisi sebagai centre di beberapa MV AKB48, hal ini menjadikan popularitasnya di Jepang bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik, yang juga mendongkrak posisi JKT48 di mata fans luar Indonesia (khususunya Jepang).

Selain itu peran Akichan dan Harugon juga sudah mulai terlihat dalam MV milik JKT48, dimana kedua member ini tampil di MV RIVER dan Harugon yang tampil di MV 'Yuuhi wa Miteiru ka?". Selain itu dalam beberapa fans event kedua member internasional ini juga kerap mendapatkan porsi yang lebih baik dari sudut pandang fans maupun promotor acara.

Bandingkan dengan keberadaaan Sae dan Mariya di SNH48, kedua member ini tampak kesulitan beradaptasi dengan suasana China. Hal ini didasari dari minimnya pemberitaan kedua member internasional ini dalam aktivitas SNH48, belum lagi mereka belum pernah tampil dalam MV milik SNH48.


Popularitas di Jepang


Hampir sama dengan poin di atas, dalam hal popularitas di negara asal AKB48 yaitu Jepang, popularitas JKT48 bisa dikatakan lebih mentereng ketimbang SNH48. Hal ini juga tidak bisa dilepaskan dari 'ketegangan' yang muncul antara fans idol Jepang dan China.

Berbeda dengan JKT48 yang lebih 'disambut' kehadirannya di Jepang, pembentukan SNH48 bisa dikatakan sedikit 'terganggu' karena kedua negara ini bisa dikatakan sebagai salah satu kiblat Asia dalam dunia idoling. Salah satu faktor yang membuat SNH48 agak kurang terkenal di Jepang.

Selain itu JKT48 juga diuntungkan karena dibentuk lebih cepat, mereka bisa ikut serta dalam beberapa konser akbar AKB48 dan sister grup Jepang lainnya. Paling terkenal tentu event ketika Budokan dimana penampilan live JKT48 saat membawakan lagu RIVER mendapatkan tanggapan positif dari para fans Jepang.


Kultur Negara 

Handshake event SNH48 yang tertib, bahkan seorang bocah bisa dengan aman bersalaman dengan member.

Dalam hal kultur negara, kita membicarakan tentang perilaku sang idol, fans dan juga staff dalam menjalankan bisnis. Hal ini 'dimenangkan' oleh SNH48 yang memang sudah terbiasa dengan dunia idoling, sehingga menjadikan para member SNH48, staff SNH48 dan para fans mereka terlihat lebih 'dewasa' ketimbang member, staff dan fans JKT48.

Industri musik China yang sudah lama menjalankan sistem idoling tentu berbeda dengan Indonesia yang bisa dikatakan mengalami shock-culture kala pertama kali mendapati ada 'aliran musik' idol grup dalam industri musik. Salah satu contoh kedewasaan SNH48 adalah ketiga elemen tersebut (member, staff, fans) bisa berkerja sama dengan  baik dalam pembuatan MV Flying Get, dimana pembuatan MV tersebut juga dibantu oleh para fans mereka.

Sedangkan JKT48? Well, sudah cukup banyak 'keburukan' yang dibuat ketiga elemen tersebut untuk mengatakan Indonesia masih belum dewasa dalam dunia idoling. Mulai dari pengunduran salah seorang member JKT48 yang terkesan malah menjelekkan JKT48 dan 'membuka aib JKT48', kerusuhan yang disebabkan para fans dibeberapa event JKT48 sampai di blacklist-nya JKT48 di beberapa stasiun radio atau acara musik karena hal yang bisa dikategorikan sebagai 'tindakan tidak profesional dan seenaknya sendiri'.


Theater
Star Dream Theater SNH48

Theater menjadi salah satu elemen penting dalam 48Family. Bagi 48Family, theater adalah rumah dimana mereka bisa berinteraksi dengan fans, tempat mereka melatih penampilan live mereka dan juga tempat mereka berlatih menjadi idol 48Family yang baik.

JKT48 bisa dikatakan cukup beruntung karena memiliki theater pribadi yang cukup cepat bisa digunakan setelah mereka melakukan debut di industri musik. Selain itu theater milik JKT48 bisa dikatakan selalu disesaki para fans yang ingin melihat penampilan idol mereka.

Sedangkan theater SNH48 memang baru aktif beroperasi awal Agustus 2013, namun theater mereka berbeda dengan theater JKT48, dan mungkin sister grup lainnya. Apabila JKT48 memiliki theater di FX, dalam hal ini di dalam gedung lain, pihak SNH48 membuatkan SNH48 gedung sendiri yang dinamakan Star Dream Theater yang pertama kali digunakan para calon gen2 SNH48 ketika audisi beberapa waktu yang lalu.

Star Dream Theater SNH48 memiliki tiga lantai yang memiliki fungsinya masing-masing, yaitu ;


  • Lantai bawah ada toko dan cafe dan beberapa sarana untuk digunakan. Ada juga area khusus bagi member SNH48 beristirahat.
  • Teater di lantai dua. ada 240 kursi dan 100 tempat untuk fans berdiri. Total bisa menampung 340 fans.
  • Atap akan jadi tempat event-event khusus dan juga tempat interaksi untuk fans.


Sekilas theater milik SNH48 bisa dikatakan lebih terencana dalam pembuatannya dibandingkan theater milik JKT48, namun fungsinya sebagai tempat interaksi langsung antara idola dan fans belum teruji, belum lagi SNH48 bukan satu-satunya idol grup di China.

-----------------------------------------------


Setelah membaca tulisan diatas, kalian bisa menambahkan melihat atau bahkan menambahkan opini sendiri (dalam kolom komentar), sejauh ini, sister grup luar Jepang mana kah yang lebih baik ' JKT48 atau SNH48?


212 komentar:

  1. Kalo dari tampang, bagusan SNH48 sih daripada JKT48...hahaha

    BalasHapus
  2. Bang, kalo yang Gommen Ne Summer di SNH48 begimana? Apakah Gommen na sama'a?

    Kayaknya menurut gue lebih bagus SNH48.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu gue SNH48 belum punya lagu 'Gomen Ne SUMMER'.

      Hapus
    2. Itu SKE cuk, bukan SNH -_-

      Hapus
  3. kalo soal keniatan ttg MV, emg SNH48 lebih unggul sih, somehow ._.

    btw udh liat cuplikan JKT48 lg bikin MV Koisuru Fortune Cookie, om? :3

    BalasHapus
  4. SNH48 Lebih unggul dari theater,MV,ketertiban fans
    sedangkan JKT48 masih kurang di MV dan ketertiban fans, btw kan SNH48 Theater paling megah di 48FAMILY, tapi kalo suara kayanya power nya JKT Lebih bagus coba deh dengerin RIVER versi JKT Dan SNH Bedain power nya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju, JKT48 lebih unggul dalam membawakan lagu yang menuntut power didalamnya ketimbang SNH48.

      Hapus
  5. Kayaknya kalo diliat dari reviewannya lebih unggul SNH48 :>

    BalasHapus
  6. Kalo gua liat dari post ini, jelas banget SNH48 lebih unggul.

    Terus kata komentar diatas Fans SNH48 tertib ye?
    Kalo begitu udah jelas banget fans JKT48 kalah...

    Jadi JKT48nya yang keliatan jelek ya ?

    BalasHapus
  7. kalo saya pribadi sih lebih suka JKT48, entah mengapa

    BalasHapus
  8. Kenapa harus membanding - bandingkan? Mereka itu satu keluarga. Dari artikel yg anda buat saya dpt mengambil kesimpulan anda tidak tau siapa itu JKT48 apalagi SNH48 bahkan 48Family.

    Dan, apakah anda tau China & Jepang sedang tidak akur?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar keren ini. Menyoroti masalah hubungan kedua negara. Keren Mas Wahyu

      Hapus
    2. Artikel ini dibuat untuk membantu mereka yang suka membandingkan kedua sister grup internasional ini. Sebut saja karena mereka merupakan 'satu-satunya' sister grup yang tidak berbahasa ibu bahasa Jepang.

      Jika saudara Wahyu mengatakan saya kurang paham tentang 48Famly, apakah saudara sudah melihat label '48Family' (http://faridazroel.blogspot.com/search/label/48Family) secara keseluruhan?

      Dalam artikel ini saya sengaja menuliskan hanya sedikit poin tentang 48family, karena tema tulisan kali ini adalah membandingkan hal yang bisa dibandingkan diantara JKT48 dan SNH48.

      Poin tentang China & Jepang yang tidak akur sudah saya sebutkan di point "Popularitas di Jepang", namun tidak saya terlalu perjelaskan karena hal tersebut (saya rasa) tidak terlalu cocok dan terlalu panjang bahasannya apabila dibahas di artikel ini.

      Sekian dan terima kasih :))

      Hapus
    3. kalau ingin membantu kenapa harus melebihkan 1 pihak? padahal kedua belah pihak punya kelebihan dan kekurangan, disinilah kenapa saya mengatakan anda tidak tau konsep 48Family, :v

      lalu kenapa SNH48 ga pake unsur Jejepangan dlm lirik lagunya,karena Jepang dan China sedang tidak akur. pihak JOT juga bisa membuat lirik tanpa unsur Jepang, tapi karena Indonesia dan Jepang tidak ada masalah, fine2 aja.

      itu aja sih, kalo mau membandingkan usahakan tidak memenangkan salah satu pihak :)

      Hapus
    4. Sepengetahuan saya, saya tidak melebih-lebihkan salah pihak manapun dalam postingan ini. Saya hanya membandingkan hal-hal yang menurut saya bisa dibandingkan. Di bagian akhir postingan bukankah saya meminta para pembaca sendiri yang memutuskan bukan?

      Saya membandingkan versi lirik, karena sebagai sister grup internasional, harusnya (sekali lagi, menurut saya) menggunakan bahasa nasional negara asal mereka (dalam hal ini, bahasa Mandarin untuk SNH48 dan bahasa Indonesia untuk JKT48).

      Sekali lagi, saya tidak pernah menyebutkan sister grup A lebih baik ketimbang sister grup B. Saya hanya menunjukkan sisi positif dan negatif dari beberapa hal yang bisa dibandingkan.

      Hapus
    5. kadang dengan kita tidak mengerti liriknya akan menjadi daya tarik tersendiri, atau gini deh musik memang membutuhkan lirik tapi walaupun musik itu disajikan dalam bahasa yang tidak kita mengerti kita bisa tetap menikmatinya kok, contoh anak2 90 suka lagu jepang karena nonton anime gw yakin mereka banyak yang ga tau artinya, tapi mereka suka, bahkan gw sering nyanyiin di kamar mandi dengan lirik asal versi gw, jadi ada lirik english, engrish ataupun jepang di lagu jkt48 gw rasa itu bakal jadi daya tarik dan ciri khas jkt di industri musik indonesia, ga bakal nurunin jkt dimata publik kok

      Hapus
  9. terus apa kabarnya TPE48? blar blar bubar!! X))

    BalasHapus
  10. tetap lebih suka JKT48 deh..
    cinta produk Indonesia :D

    semoga aja staff, member dan fans JKT48 bisa jadi lebih baik lagi dikemudian hari :))

    BalasHapus
  11. Gue lebih suka JKT 48 soalnya cewek lokal itu gimna gitu :D

    BalasHapus
  12. well, jkt48 & snh48 punya kelebihan & kekurangan masing2 :
    jkt48 unggul di skill nyanyi & dance trus juga prkembangannnya signifikan.
    snh48 unggul di sarana & prasarana, MV, trus juga kerjasama antar member-fans-staff trkoordinasi dgn baik.
    jujur sih gua lebih milih jkt48 karna selain produk dalam negeri juga karna lebih kompak :)

    BalasHapus
  13. Kenapa SNH48 kelihatan lebih bagus ? Karena diartikel ini kita yang melihat mereka, ada pepatah mengatakan "Rumput tetangga nampak lebih Hijau" *ternyata plastik hehehe...tapi apakah anda tahu pendapat fans SNH48 tentang JKT48 ? Mungkin sama fans SNH48 melihat JKT48 juga kelihatan lebih wah dan membuat iri, JKT48 dah sering tampil di Jepang, dalam jangka waktu 1,5 thn dah punya 3 setlist dan 2 team, J & KIII *khusus ini yg iri bukan fans SNH48 aja tapi fans HKT48 juga, dan yg bikin iri hampir semua fans sister group adalah KFC direlease 2 versi AKB48 dan JKT48, member JKT48 ada yg bisa masuk AKB48,..dll..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Errr....... itu sudah saya tuliskan juga dibagian "Popularitas di Jepang" :)

      #cmiiw

      Hapus
  14. nunggu sponsor JKT48 se bejibun SNH48 baru bisa bandingin.
    MV keren karena duit buat produksi banyak beda ma JKT48 yang kaya kurang modal buat bikin MV :/

    Fans gue setuju , fan JKT48 yang banyak kesorot jeleknya meskipun jumlah nya ga bisa di anggap mewakili fans JKT pada umumnya, tapi kebanyakan menganggap yang jelek itu lebih dominan, kenyataanya gue ga tau juga emang dominan apa engga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue setuju nih sama pendapat lo bang :)

      Hapus
    2. menurut g yang penting hasil yng di perlihatkan daripada usaha.biar anda berusaha gimanapun,klo hasilny kurng dimata penilai ya nol.klo jkt48 mau unggl ya perlihtkan hasil yng bis mengunggulkan.

      Hapus
    3. menurut g yang penting hasil yng di perlihatkan daripada usaha.biar anda berusaha gimanapun,klo hasilny kurng dimata penilai ya nol.klo jkt48 mau unggl ya perlihtkan hasil yng bis mengunggulkan.

      Hapus
    4. hasil ya, kalau yang gw liat di beberapa forum, gw bisa ambil kesimpulan begini, kalau lo tanya ke fans 48 family lebih prefer snh atau jkt, dari pengamatan gw, gw yakin mereka lebih prefer ke jkt

      Hapus
  15. Yups,, SNH lebih banyak unggul dibanding JKT, tapi bagian yang unggul itu ditopang besar oleh BUDGET. Karena ekonomi China lebih maju dari Indo. Kalau fair dinilai usaha keras, JKT lebih greget koq!

    BalasHapus
  16. mau komen soal lirik bahasa jepang yang di gunakan JKT48
    sejauh pengetahuan saya JKT48 g memaksakan menggunakan pemakaian bahasa jepang kok, kenapa mereka g ganti dengan lirik bahasa indonesia??
    jawabannya, karena dalam bahasa indonesia tidak ada padanan katanya
    klo pun ada ketukan nadanya tidak sesuai, ketukannya bsa lebih banyak atau lebih sedikit, cba deh cari padanan kata ponytail to chou chou dalam bahasa indonesia, ada g??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ponytail to Shushu = kuncir ikat rambut atau ikat rambut kuncir

      Po - nii - tee - eru - to - shu - shu
      i - kaaa - t - ram - but - kun - cir
      kun - cir - i - kat - ram - buu - ut

      Bisa kan? :)

      Lagipula menurut saya, kalau lebih mementingkan musik/irama/ketukan, bisa dengan jalan mengganti lirik keseluruhan namun makna lagu tetap ada atau sama sekali tidak menggunakan lagu yang sekiranya sulit disadur dengan 'baik'.

      Sebagai contoh saja, band Nidji membuat versi lagu bahasa Indonesia dan Inggris mereka, namun kedua lagi tersebut tidak memiliki makna/kata yang sama.

      Hal tersebut bisa dibilang band Nidji lebih mementingkan nada/ketukan ketimbang makna lagu.

      Hapus
    2. Bisa juga jadi ;

      Po - ni - i - te - ru - u
      I - kat - ram - but - kun - cir

      *karena dalam versi AKB48, "ru" dalam lagunya dilafalkan panjang, bisa diakali dengan menyebut "kuncir" dengan pelafalan cepat.

      Hapus
    3. ISI ARTIKEL ENTE BNYK YG NGACO PARAH!
      1. china kiblat negara idoling? helo kiblat ngra idoling itu jepang dan korea, musik china sendiri sdh terokupasi k-pop, kalo lo sering amati CPop musiknya bhkn di blkg indonesia, nuansanya thn 80an bgt
      2. Masalah bahasa. lo tw alasan knp SNH48 pakai bhs mandarin?politik china-jp memanas, bhkn hal berbau jepang 'haram" di china. jadi andaikt tu 2 negara g bermusuhan sprti skrg judul2nya msi pk bhs jp
      3. Ini lagi sotoy lo mslh sae mariyanu, krn mslh hub jp dan china yg memanas, lo tw ga sampe skrg mariyanu ma sae ga dpt visa tinggal di RRC?
      4. terus mslh MV g fair lah dibandingin! lo tw g? investor SNH48 500 group perusahaan gede jp mua, JKT48? cuma sebiji.. jd lo mw bandingin ga apple to apple

      artikel lo failed, terlalu sotoy

      Hapus
    4. Etoo ......

      Saya tidak menuliskan "China sebagai kiblat negara idoling", melainkan sebagai "salah satu kiblat negara idoling". Hal ini didasari dengan kuantitas dan kualitas pengetahuan tentang idol di negara tersebut.

      Soal bahasa tahu kok, tapi apa harus menunggu hubungan dua negara memanas agar sebuah idol grup luar Jepang bisa 'bangga' atas bahasa dan logat mereka sendiri?

      Soal visa mungkin anda lebih paham ketimbang saya, namun yang ditekankan adalah perbandingan dampak yang diberikan Sae-Mariya di SNH48 dengan Aki-Haruka di JKT48.

      Hooo .... jadi anda secara tidak langsung menyebutkan bahwa JKT48 itu kekurangan budget, bahkan untuk merilis lebih dari lebih banyak MV dari yang sudah mereka produksi sekarang? Padahal banyak yang gembar-gembor kalau JKT48 itu (untuk ukuran Indonesia) sudah termasuk mahal dan banyak pendapatan.

      Hapus
    5. Satu lagi buat saudara "Nomor Salik" (dan mungkin kebanyakan yang berpikiran sama).

      Apabila kalian selalu menyatakan SNH48 bisa ini-itu (lebih dari JKT48) karena lebih didukung sponsor lebih banyak ketimbang JKT48.

      Maka secara tidak langsung kalian semua mengakui bahwa JKT48 itu kalah pamor dibanding SNH48.
      Kenapa?

      Karena sebuah brand tentu akan mendapatkan sponsor apabila pamornya bagus. Atau mungkin sudah nasib JKT48 yang diabaikan sponsor karena (mungkin) puas dengan income dari hasil teater dan event-event lainnya.

      Mungkin.

      Hapus
    6. Kalau gw dari awal ngikutin jkt48 karena ada unsur2 jepang nya, kalo mau dibabat habis unsur jepang2anya ya motifasi gw buat ngikutin jkt48 berkurang. lagian ngapain sih narik2 jkt jadi 100% indonesia, orang di luar jkt48 udah banyak yang 100% indonesia jadi ada baiknya jkt48 memberi sedikit warna di persaingan musik2 indonesia dengan kejepang-jepangannya.

      Lagian kebanyakan fans2 mereka juga yang pada suka jejepangan, yang ngikutin mereka dari awal dibentuk sebelum jadi idol mainstream di Indonesia juga otaku2 yang pengen support mereka karena akhirnya ada grup jepang2an yang masuk sini. jadi kalo cuma 1 2 kalimat bahasa jepang dalam lagu mereka itu adalah nilai + mereka di pasar musik yang sudah jenuh.

      Kalo secara sekilas emang JKT48 emang kalah pamor di internasional sama SNH48 karena kebanyakan netter luar negeri pesimis sama penampilan (face n warna kulit orang2 indonesia) dan image negara agamis yang menurut orang2 luar negeri bentrok sama budaya idoling. Tapi itu cuma sekilas doang, gak tau deh real nya.

      kalau gw sendiri ngikutin vid2 nya snh48 juga gw bilang masih bagusan jkt48, cuma mereka lebih berasa akb karena ada bikini bikinian nya wkwkwk

      Hapus
    7. kalau masalah bahasa yang diatas gw udah jawab, die hard fans nya jkt dari awal sampe sekarang adalah orang indonesia yang suka jepang, kalau unsur jepang di hilangin, apa bedanya dengan girlband lain, menurut gw itu justru daya tarik dan ciri khas, jangan di counter rasa nasionalisme, penyanyi indonesia lain banyak yang liriknya bahasa inggris fine2 aja

      kalau masalah budget, gw pernah baca emang ada perbedaan budget antara jkt dan snh dan tolong jangan diarahkan ke sponsor, terus bilang jkt ga laku untuk nyari sponsor, karena budget yang gw maksud adalah anggaran awal yang dikeluarkan manajemen untuk mengemas produk mereka untuk akhirnya dijual, kalau sponsor jkt laku kok, mereka jadi brand ambassador beberapa produk, bisa diliat sendiri lah di tv

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  17. Artikel nya keren! Kalo soal International member kayaknya masih unggul SNH48 deh.. Emg sih Aki Takajo smpet jd center tp klo soal popularitas, masih populer Miyazawa Sae deh drpada Aki Takajo :)

    BalasHapus
  18. lagi" soal kebudayaan jepang gan
    poniiteruu menurut saya itu style rambut wanita jepang yang diikat dan tidak sama dengan sanggul(ikat rambut asli indo) yg biasanya digunain bareng sama kebaya yah...
    so jelas.. kata poniiteruu lebih pass dibandingkan ikat rambut kuncir
    apa lo ga akan tertawa mendengar kata ikat rambut kuncir
    gue aja ngakak sampai sekarang

    BalasHapus
  19. culture yg berbeda
    3 unsur penting harus bisa saling memahami

    BalasHapus
  20. lo mao muja2 snh sekalipun gw tetep lbh suka jkt48 :v why?
    jkt48 lbh colourfull ada bahasa indonesia, bahasa jepang, bahasa inglish, bahasa mandarin,,lah snh48 ada bahasa apa aja??
    bakat jelaass jkt48 member lbh berbakat drpd snh48 :v
    muka cantik banyakan jkt48 tuh yg berwajah cantik alami :v
    klo masalah warna kulit mah w justru lbh suka warna kulit indonesia yg exotis jd lbh colourfull
    dan kerja keras member jkt48 jauh lebih nyata drpd member snh48
    saechan aja pernah marahin semua member snh48 yg tidak menghargai pelatih (org dimarahin malah senderan n dudul -_-)at least member jkt lbh menghargai pelatih :v
    member jkt itu rajin latihan bahkan sampe tengah malem makanye dance mereka perfect dan bahkan lbh bagus drpd dance akb
    sedangkan snh48???mana ada siih perform mereka yg bagus??river aja letoy gitu :p,,oogoe diamond juga ga dapet tuh imagenya
    snh48 vs jkt48 team k aja msh lbh bagus perform jkt48 team k :v
    yaaaaaaaah,,,emang susah siih orang indonesia itu lbh suka menjelekn bangsa sendiri drpd mendukung karya bangsa sendiri
    contoh lainnya adalah IPTN nya pak habibi
    btw sejak kapan china jd pusat idoling asia??setau gw jepang dan belakangan baru korea ,,,
    idol dr china yg nyukain ya sesama china ,,,,kecuali jepang dan korea yg emang seluruh dunia mengakui

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha? Memang postingan ini bertujuan memuja SNH48 dan menjelekkan JKT84 yah?
      Sekali lagi saya sebutkan, postingan ini bertujuan membandingkan JKT48 dan SNH48 melalui hal-hal yang bisa saya bandingkan (sudah terlihat dengan jelas).
      Misalkan seperti ini; saya tidak membandingkan penggunaan bahasa Indonesia (di JKT48) dan Mandarin (di SNH48) apakah sudah baik dan benar karena saya sendiri tidak fasih berbahasa Mandarin. Di part bahasa saya cuma membandingkan JKT48 yang masih menggunakan engrish ala Jepang padahal bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik, sedangkan di SNH48 mereka mengubah total keseluruhan lirik jadi bahasa Mandarin sehingga bisa lebih diterima fans berbahasa Mandarin.

      Kalau soal kecantikan member itu lebih kepada subjektif masing-masing individu, soal taste serta definisi 'cantik' dari setiap orang itu berbeda-beda. Kalau mau mencari yang tercantik harus ada kriteria khususnya, semisal yang digunakan dalam acara Miss World.

      Soal dance dan perform, saya belum pernah melihat perform live kedua idol grup ini, maka karena keterbatasan informasi seperti itu saya tidak berani membuat perbandingannya.

      Terus apakah saya menulis China jadi pusat idoling Asia? Tidak. Saya hanya menyatakan bahwa China itu adalah negara yang soliter, bahkan dalam dunia idol sendiri mereka lebih peduli dengan idol lokal mereka ketimbang idol luar negeri. Jangankan idoling, penggunaan produk-produk lainnya China bahkan rela membuat versi tiruannya agar rakyat mereka tidak membanggakan negara luar.

      Karena itu saya mengatakan SNH48 sulit mendapatkan popularitas di luar China/di Jepang, hal tersebut karena informasi tentang SNH48 sendiri terkesan ditutupi oleh fans mereka.

      Bukan masalah menjelekkan bangsa sendiri dan mengangunkan bangsa lain. Tulisan ini murni membandingkan JKT48 & SNH48 dari hal yang bisa saya bandingkan tanpa harus terbawa embel-embel lain (semisal nasionalisme atau kegemaran pribadi).

      Hapus
    2. w rasa isi tulisan anda jelas sgt terasa memojokan pihak jkt48
      w juga ga pernah liat langsung performa kedua gru ,,w cuma membandingkan via youtube,,tp klo seorg sae miyazawa yg tergolong senior di akb aja berpendapat klo snh itu msh kurang bagus dancenya,,,lalu memeber akb yg melihat perform jkt48 di jepang sana aja memuji mereka,,lalu anda komopetensi apa ??
      trus masalah lyrik lagu disini jelas bgt anda memojokan jkt48,,udah denger river versi snh???mereka pake liric english tuh :v,,,lalu kenapa anda mempermasalahkan jkt48 yg tdk mengubah beberapa bhs jepang dalam lyrik lagu mereka???
      trus masalah banyaknya member yg kluar dr jkt48,,ha ha ha
      emang anda ga tau ya klo banyak juga member snh yg kluar dr grup tsb???yg cantik2 lgi :v

      penilaian w terhadap snh48 = sponsor banyak ya,,gak heran lah klo mv bagus theater mewah ,,,n klo anda komplein theater jkt kenapa ga sumbangin uang anda buat mereka aja,,toh buat sesama bangsa ,,lagipula saya yakin anda tau akb48 juga gak langsung sebagus sekarang pd waktu pertama dibentuk

      klo mo nilai kualitas liat dr kerja keras mereka bukan dr tampilan mv :v :v
      w bahkan ngerasa aneh snh48 yg baru bbrp bulan terbentuk dan bahkan pada waktu itu blom punya theater dikasih lagu river :v
      river itu kan jelas termasuk lagu akb yg levelnya susah,,terbukti tuh snh ga pernah bagus bawain river,,dibanding jkt48 yg pas di budoukan river baru 2 kali perform ,,itru aja udah jauh lbg greget drpd snh yg udah berkali2 perform,,(itu sebabnyya mungkin sae marah sm mereka yg kurang kerja keras)

      Hapus
    3. Ketimbang 'memojokkan', mungkin kata 'lebih banyak pemberitaan negatif tentang JKT48 dan minimnya info dari SNH48 yang di-publish sehingga (mungkin) isi artikel ini terkesan condong kepada SNH48'.

      Bicara jujur, sebenarnya kalau berdasarkan hasil diskusi dengan beberapa rekan saya yang juga suka mengamati perkembangan dua sister grup ini, sulit 'mendukung' JKT48 karena banyaknya pemberitaan buruk dari fans mereka yang seakan menutupi kegemilangan mereka.

      Saya juga tahu banyak member SNH48 yang grad, bahkan member yang diprediksi menjadi member frontline semisal Jiang Yuxi maupun Ding Ziyan.

      Masalah bagus-tidaknya teater itu saya nilai berdasarkan 'kesungguhan staff' (dalam hal ini, dalam mengucurkan dana) dalam pembangunan teater.

      Saya juga tahu bahwa teater AKB48 tidaklah se-megah teater AKB48 sekarang. Namun inti dari perbandingan kedua teater tersebut adalah ; "penampakan saat ini (saat tulisan dibuat) serta sarana dan prasarana yang ditawarkan". Tentu sebuah gedung khusus teater akan terlihat lebih 'wah' ketimbang bagian dari gedung lain dari sudut pandang orang biasa.

      Soal kasus Sae yang 'marah' dengan minimnya etos kerja member SNH48, saya akui hal tersebut menunjukkan belum matangnya SNH48. Namun kejadian itu terjadi kapan? Sebelum tulisan ini dibuat, saat tulisan ini dibuat, Sae baru 'terdaftar' sebagai member SNH48, belum menjadi member aktif.

      Selain itu kemarahan Sae bisa dimaklumi karena mungkin berdasarkan standar Sae yang merupakan salah satu dari twin tower team K AKB48 tentu sangat tinggi. Mengingat beratnya level latihan dan persaingan di team K.

      Saya membandingkan MV juga karena banyak anggapan orang awam diluar sana yang juga ikut membandingkan kuantitas MV milik JKT48. Toh perbandingan MV tidak saya jadikan satu poin besar.

      Bicara jujur, kalau mengacu pada lagu dengan koreo dengan tempo tinggi semisal RIVER, Beginner atau UZA, saya juga berpendapat bahwa standar koreo JKT48 akan lebih tinggi ketimbang SNH48. Karena sampai sekarang SNH48 masih belum bisa membawakan lagu dengan koreo powerfull (mungkin juga kenapa Sae yang salah satu pentolan team K dipindahkan ke SNH48).

      Hapus
    4. w msh mantau perkembangan perform snh via youtube jg kok,,dan sampe hr ini jg blom ada tuh yg memuaskan,,kurang greget di dancenye dan w rasa fans jepang pun menilai sama tuh ,,w akuin emang fans jkt48 banyak yg blom dewaasa,,tp tolong profesional lah klo menilai jangan mentang2 fansnya berkelakuan childish trus kerja keras member gak kamu anggep sama sekali,,kerja keras member jkt48 itu NYATA dibanding member snh48 bahkan haruka yg ditempatin di jkt48 aj mengakui klo jkt48 itu sangat padat kegiatan dan padat latihan
      snh48 perform kostum ga diperhatiin bener2 sm operation teamnya :3
      w pernah nonton via youtub mereka perform river ad yg sepatunya lain sndiri (cuma 1 org yg lain sendiri)
      dan setau w selama ini minimal kru jkt48 selalu memperhatikan keseluruhan kostum
      aaaaaaaah,,,tp sudahlah klo toh hati km emang lbh berpihak sm snh48 tetep aja apapun kelebihan jkt48 gak akan keliatan di mata km :v :v
      haters gonna hate
      w jg harap smoga kedepannya snh48 bisa menampilkan perform yg lbh greget
      penilaian gw sekarang snh48 vs jkt48 team k utk masalah perform msih jauh lbh greget performnya jkt48 teamk k ,,aplg klo dibandingin sm team j jkt48 :3
      jauuuuuuuuuuuuuuuuh
      well gudluck deh buat snh48 dan para pendukungnya :D

      Hapus
    5. Err ...... di tulisan ini memang tidak membahas tentang 'kerja keras member' dikarenakan saya tidak tahu 'definisi' yang cocok untuk menunjukkan 'kerja keras' yang bisa mewakili kerja keras JKT48 dan SNH48 secara langsung.

      Masa' mau dibandingkan dengan AKB48 ketika masa-masa awal? Tentu berbeda, toh AKB48 itu benar-benar mulai dari nol, sedangkan sister grup sudah punya kepopuleran AKB48 sebelumnya.

      Dan tambahan, maksud lirik yang dipaksakan itu adalah bagian engrish, bukan english. Semisal penggunaan kata "Riba" di RIVER JKT48. Toh, kita semua tahu member JKT48 bisa melafalkan kata RIVER (bahasa Inggris) dengan baik dan benar. Bukan "Riba" seperti kebanyakan orang Jepang.

      Hapus
    6. gini ya min,,kerja keras akb di masa awal memang berat,,tp bukan berarti pada awal masa terbentuk jkt ga ada kesulitan sm sekali,,w msh inget pandangan umum masyarakat jepang waktu aki-p ngumumin audisi jkt48,,,w inget ad artis blasteran jepang italy cra ngomong dy tuh sinis ke indonesia kurang lbh dy bilang (knp mesti indonesia,,kan msh banyak negara yg lbh bagus thailand misalnye :3)dan pada waktu itu banyak komentar miring dr org jepang langsung ,,w msh inget banyak yg ngtain jkt member jelek smua lah suaara ancurlah perform amburaddul lah,,,tp makin waktu mkn berkurang komentar sinis berubah jd pujian karna memang ada peningkatan kualitas keseluruhan jkt48
      sedangkan snh48 biarpun suasana kedua negara tegang karna sengketa pulau,,,tp pada awal terbentuk seenggaknya lbh banyak pujian thdp penampilan mereka yg modis cantik de el el,,tp sekarang klo w liat koment org jepang di video youtub snh sekarang biasa aja tuh,,
      masalah rilik yg english ala japan,,,emang apa sih salahnya klo jkt melafalkan seperti pelafalan org jepang yg umumnya gak bis english???kan lagu jkt juga di dengerin sm fans di jepang toh juga ada member akb yg di jkt48 ,,apa sih salahnya menghormati mereka toh msh dalam kadar yg wajar tuh :v
      dr pembahasan ttg lyric aja anda terkesan terlalu membesarkan masalah
      defini kerja keras,,hmmmm,,apa ya kongkritnya???w juga gak tau gan :v
      tp dgn melihat perform kedua grup biarpun itu cuma via youtube w rasa kita bakal tau kok mana yg lbh bekerja keras ,,,kecuali klo anda hanya ingin mengangkat satu grup dan menjatuhkan grup yg lainnya :v

      Hapus
    7. Soal lirik engrish rasanya terasa aneh kalau masih memaksakan pemakaian engrish pada lirik lagu berbahasa Indonesia. Selain itu, mayoritas masyarakat Indonesia kan jarang dengar engrish, jadi penggunaan engrish di idol grup (dari) Indonesia akan terasa aneh.

      Bahkan idol grup asal Korea yang membuat lagu versi Jepang beberapa mengganti total lirik dengan bahasa Inggris agar memiliki padanan kata/suku kata yang sama agar terdengar nyaman di telinga orang Jepang. Atau HYDE di L'arc~en~Ciel/VAMPS yang belajar bahasa Inggris agar bisa menghilangkan kebiasaan engrish demi 'enaknya didengar' lagunya yang menggunakan lirik Inggris.

      Kalau kasar-kasarnya mau bahas nasionalisme, penggunaan engrish di Indonesia juga akan dicap tidak nasionalisme/alay/tidak mengerti bahasa kalau saja tidak 'dipopulerkan' oleh JKT48 (maksudnya kalau artis lain menggunakan lagu dengan menggunakan engrish pasti akan 'dihujat').

      Contoh kejam mungkin trend Vickynisasi yang marak belakangan ini.

      Dan ini pendapat pribadi saya, orang China itu tertutup soal dunia luar. Bahkan mereka tidak menggunakan Youtube, twitter bahkan facebook untuk berinteraksi di dunia maya. Karena oleh pemerintah China sendiri selalu dibuat 'tandingan'nya.

      Maka kalau membandingkan kerja keras member JKT48 yang bisa dipantau setiap hari (baik dari acara televisi Indonesia maupun dunia maya) dengan member SNH48. Tentu sulit menilai SNH48, karena kita tidak melihat 'prosesnya'.

      Toh JKT48 pada awalnya juga 'dikucilkan' karena di Indonesia sendiri dengan demam KPop. Membawakan aliran Jepang ditengah hype KPop pasti punya tantangan tersendiri.

      Dan jujur poin kerja keras seperti ini tidak terpikirkan saat penulisan. Terima kasih sudah memberikan salah satu poin penting :)

      Hapus
    8. sedikit info,,,google emang membaned china makanya china membuat search engine sendiri,,ini alasan kenapa snh ga terlalu terexposs di social media mungkin,,trus klo vicki prasetyo kan udah parah bgt p[enggunaan bahasanya,,,lah klo jkt48 kan masih dalam kadar yg wajar jd masalah lyrik seharusnya tidak jd masalah,,makanye w bilang ini dibesar2rin
      kan udah banyak masyarakat yg tau klo jkt48 memang cabang 48 family dr JEPANG makanya masyarakat juga memaklumi masalah beberapa lyrik yg mengadopsi dr bhs jepang
      ,,yg digugat masyarakat ttg vicky itu bukan karna dia pake istilah english,,w rasa lebih karna dia menggabungkan beberapa istilah yg artinya kurang tepat dia gunakan dan arti masing2 istilah itu berlebihan utk mengungkapkan apa yg dia maksud(lbh cenderung kliatan kaya org bingung -_-)

      Hapus
    9. Salah satu alasannya karena pemerintah China juga lebih menutup diri kepada dunia luar. Saya juga masih bingung apakah google yang mem-banned China atau China sendiri yang meminta seperti itu. Tapi topiknya sudah jauh melebar bila membahas ini.

      Cuma tetap saja terasa aneh melihat orang Indonesia yang 'bisa' berbahasa dengan baik harus 'menurunkan kemampuan' mereka demi sebuah lirik yang sebenarnya tidak familiar di telinga masyarakat Indonesia sebelumnya.

      Memang JKT48 merupakan 'produk Jepang', namun karena mereka secara tidak langsung membawa nama Indonesia/Jakarta, maka tentu akan lebih baik apabila mereka membawakan bahasa Indonesia (atau Inggris. Dengan lidah Indonesia) dengan baik dan benar.

      Okeh, my mistake. Harusnya tidak disamakan dengan Vicky, tapi dengan contoh paling dekat semisal orang Sunda yang tidak bisa membedakan "P" dan "F". Bagaimana tanggapan anda soal orang sunda yang bisa melafalkan berbeda dua kata tersebut namun 'sengaja memaksakan' berbahasa seakan tidak bisa membedakannya?

      Hapus
    10. bukan menurunkan kemampuan, justru kejepangan jkt itu lah yang membuat jkt masuk radar pencinta musik indonesia, apalagi pencinta jepang indonesia

      bahasa yang tidak familiar? justru itu senjatanya jkt loh, di dunia hiburan mereka harus bisa eye catching, kayanya kita harus sepakat point bahasa ga usah di terusin ga relevan buat di compare

      apalagi lo udah membelokan pembelaan bahasa ke vicky, haduh, kalau kata yupi mah "pusing pala bapak"

      Hapus
  21. oh iya satu lagi siih,,,w lbh demen jkt48 drpd sister grup yg manapun karena jkt48 msh tau etika :v
    w menghargai jkt48 yg tidak memakai bikini karna culture indonesia memang agamis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih tau etika? Maksud anda dengan etika adalah penggunaan bikini dalam MV atau photopack member?

      Kalau anda merujuk pada hal tersebut, maka memaksakan member JKT48 ber-gravure ria di Indonesia adalah hal yang melanggar etika di Indonesia. Tapi apakah 'etika' tersebut definisinya sama di negara China.

      Setahu saya, kultur negara Asia Timur itu hampir mirip. Dan penggunaan bikini dalam MV/promosi idol di negara tersebut bisa dikatakan hal yang wajar dan tidak melanggar etika.

      Apabila anda memaksakan definisi etika milik anda, berarti bisa disimpulkan anda juga menyebutkan AKB48 tidak beretika atau negara yang tidak agamis dong.

      Hapus
    2. saya berpendapat menurut sudut panang saya sbg org indonesia bukan sbg org china ato org jepang :v :v

      Hapus
    3. Saya berpendapat berdasarkan opini umum pemerhati dunia idol, tanpa melihat asal negara.

      Karena kalau berpendapat sebagai 'orang Indonesia', maka tulisan saya juga akan saya beratkan kepada keunggulan JKT48.

      Sebut saja opini pemerhati dari sudut netral.

      Hapus
    4. netral????mananya yg netral?? kelebihan jkt48 yg mana yg kamu cantumkan di artikle di atas??cuman popularitas yg kamu tulis seolah tanpa perjuangan ha ha ha...

      Hapus
    5. Member Kaigai JKT48 yang lebih terlihat dibanding member Kaigai SNH48?
      Koreo JKT48 yang lebih unggul dari segi power ketimbang SNH48?
      Dan popularitas JKT48 memang lebih baik di Indonesia dan Jepang (bila membahas seputaran 48Family) jauh lebih baik dari SNH48?

      Itu semua sudah ditulis kok.

      Mungkin anda lebih menekankan kepada sisi negatif JKT48 ketimbang SNH48, makanya anda hanya melihat bagian/point dimana SNH48 tampak lebih baik.

      Btw, memang saya menulis popularitas JKT48 itu 'tanpa perjuangan'? Rasanya tidak.

      Hapus
    6. ya,,,maaf klo cara komen saia menybalkan admin :D,,mungkin karna saya jg membaca koment sebelum sy ,,jd komentar saya kurang tepat mengena isi artikel admin

      Hapus
    7. Tidak apa-apa. Saya senang kok dengan diskusi seperti ini :)

      Hapus
    8. wah salut buad adminnya :),,dewasa menanggapi komplein :v

      Hapus
    9. wah salut buad adminnya :),,dewasa menanggapi komplein :v

      Hapus
  22. theater snh kayaknya kursinya empuk deh bisa senderan
    theater jkt kursinya keras banget kayak kursinya (maaf) kursi abang bakso

    gw yakin tuh teater udah balik modal tapi kursinya kagak diganti ya????

    BalasHapus
  23. snh48 memang bnyak keunggulannya dari pada jkt48, tapi dalam hal power tarik suara jkt48 lbh unggul dan dalam pengucapan bahasa inggrisnya,,

    BalasHapus
  24. Waktu baca artikel ini reaksi saya biasa aja, tapi setelah baca komennya tiba2 jadi panas gini.
    Saya ngerti kok sama semua yg d maksud admin, dr MV sampe kebudayaan dr 2 sister group ini. Tp kenapa komentarnya jd pada gak nyantai gitu ya? Coba deh bacanya dg intonasi yg nyantai juga pasti reaksi beda.

    Well btw mengenai 2 siter group dr akb48 ini saya sendiri lebih mendukung JKT48.
    Alasannya krn kesuksesan idol itu di lihat dari popularitasnya. Nah SNH48 kan punya segala fasilitas yg memadai dibanding JKT48 seharusnya mereka bisa lebih baik dan mencapai popularitas yg lebih d bandingkan JKT48. namun pada kenyataanya JKT48 lebih populer d banding SNH48 jd dalam hal ini saya simpulkan JKT48 lebih unggul di banding SNH48.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mungkin ada beberapa point yang menurut beberapa orang disini ga perlu di compare kaya lirik yang masukin bahasa jepang dll

      Hapus
  25. Artikel yg dibahas ini cukup menarik. Memang JKT48 dan SNH48 punya kelebihan dan kekurangan masing2, perbandingan seperti ini bukan menjelekkan atau melebihkan 1 pihak tetapi menurut saya pribadi dpt qt lihat tolak ukur negara lain dan mungkin saja menerapkannya untuk kedepannya lebih baik lagi. FansofJKT48

    BalasHapus
  26. Fans JKT48 itu keren, mereka kompak bisa memuat TTI ttg JKT48 di Twitter bahkan smpai TTW sperti kasus Rena Nozawa kmren, beberpa komentar Fans Jepang mengenai chant mix fans JKT48 terlihat lebih semangat, diantara fans JKT48 tidak terdapat haters member yg bukan oshinya, kapanpun dimanapun JKT48 tampil diacara TV meski smpai larut malam mereka selalu hadir, bikin2 hal - hal kreatif buat JKT48 seperti cover lagu, Video Youtube, dance cover, dan video2 yang membhas mengenai JKT48.

    satu hal lagi yang saya tekankan JKT48 sekarang populer tidak terlepas dari jerih parah para Fans JKT48, seperti Ngesub Acara2 JKT48 baik secara bahasa Jepang maupun Bahasa Inggris dan menguploadnya ke youtube.

    Hal - hal buruk yg terdengar mengenai Fans JKT48 mungkin dikarenakan rata - rata fans JKT48 masih anak - anak muda, yang semangatnya masih berkobar - kobar. ^^V tpi dibalik itu smw banyak hal positif juga yang dihasilkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal kasus TT di twitter, bicara jujur sebenarnya bukan hanya fans JKT48 yang bisa 'menang' di twitter, bisa dibilang orang Indonesia memiliki kekuatan untuk mendominasi twitter.

      Terlepas dari semua itu, fans JKT48 memang bisa dikatakan luar biasa :))

      Hapus
  27. setuju sama Vanilla Creamy
    komentar saya sudah diwakilkan
    XD hhehehee

    BalasHapus
  28. Ya udah yang nge-dukung SNH sono ke Cina...SNH menurut saya cuman beruntung karena banyak dapat promo/support, jadi modal banyak...AKB48 aja kalah klo masalah MV dan Theater..tapi jangan lupa kualitasnya gan..perform River masih unggul JKT48 tuh dibandingin SNH48..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadii ...... JKT48 itu 'hanya' sebatas RIVER?

      Hapus
    2. mungkin maksudnya performnya kali mas

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  29. yg pasti sih profesionalisme staffnya yg emang kurang di jkt... bikin segala hal yg ada d jkt (mv, ktertiban, event, dll)jd kerasa kurang jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda mendasarnya ini! Staff kurang professional

      Hapus
  30. yg pasti sih profesionalisme staffnya yg emang kurang di jkt... bikin segala hal yg ada d jkt (mv, ktertiban, event, dll)jd kerasa kurang jg

    BalasHapus
  31. SNH48 : unggul dalam MV,theater dan kedisiplinan. JKT48 : unggul dalam skil,suara,dan menari

    BalasHapus
  32. AKB48 lebih dikenal di China lebih dulu dari Indonesia, mungkin itu juga yang membuat SNH48 begitu mudah mendapatkan sponsor untuk modal pembentukan grup.

    Member AKB48 juga sering promosi grupnya di China, sampai mendirikan AKB48 Shop di sana.......dan SNH48 pun tidak perlu bersusah2 memperkenalkan grupnya ke masyarakat atau ke perusahaan yang mau bekerja sama......

    Info yang saya dapat, AKB48 Shop Hongkong didirikan pada bulan Oktober 2010............dan sejak saat itu, member2 AKB48 sering bolak-balik ke sana mempromosikan grupnya dan membuat event di sana....

    Coba bandingkan dengan JKT48, selain mereka memperkenalkan grup mereka sendiri, mereka juga harus memperkenalkan grup kakaknya juga.....dengan lagu yang mereka cover...

    Kepada pemilik blog, saya mohon, bahaslah sampai ke akar2nya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas infonya mas :))

      Pertanyaan saya ; signifikasi masalah SNH48 lebih dikenal/lebih banyak sponsornya itu masuk/mengomentari poin yang mana-mana saja di postingan ini?

      Selain fakta bahwa SNH48 lebih banyak sponsor dan negara China lebih mengenal AKB48 ketimbang JKT48 (ketika kedua sister grup luar negeri ini memulai debut).

      Hapus
    2. bukannya sudah anda tulis di postingan anda sendiri, tentang perencanaan SNH48 yang lebih matang daripada JKT48.....^_^......Dan perencanaan tersebut membutuhkan modal juga kan?^_^....Modal selain biaya sendiri juga pasti dari sponsor...

      oh ya, China sudah mengenal idoling dari dulu, itu original dari idoling negara china sendiri atau karena Idol grup Jepang sebelum AKB48 sudah lebih dulu "meracuni" dunia hiburan di china?

      "China lebih mengenal AKB48 ketimbang JKT48" atau "China lebih mengenal AKB48 ketimbang Indonesia mengenal AKB48" mas? sebagai salah satu faktor SNH48 > JKT48...

      Hapus
    3. Yang di bagian kultur negara bukan?

      Inti dari poin tersebut adalah negara China sudah mengenal konsep dari idol dan idoling itu sendiri ketimbang di Indonesia, bukan dalam masalah 48Family.

      Bahkan industri idol China awal mem-booming itu pada awal tahun 1990-an melalui "Four Heavenly King" mereka (Aaron Kwok, Leon Lai, Andy Lau and Jacky Cheung). Sedangkan Indonesia? Baru mengenal konsep idol dan 'tabiat' idol setelah kemunculan JKT48 kan (secara massal)?

      Kalau anda menyebutkan faktor SNH48 > JKT48 dari "China lebih mengenal AKB48 ketimbang JKT48", saya sendiri menjelaskan dengan "China lebih mengenal dunia idoling lebih dulu ketimbang Indonesia".

      *dan itu juga menjadi salah satu modal kenapa debut SNH48 (menurut anda) terlihat lebih 'wah' ketimbang JKT48. Karena member, staff dan fans sudah mengenal positif-negatifnya dunia idol, bukan seperti fans JKT48 yang pada awalnya masih 'belajar' di dunia idoling.*

      Hapus
    4. kalau dalam "Idol" seperti yang anda katakan di atas, bukannya Indonesia juga sudah mengenalnya dari dulu?

      contohnya saja, pada era 80 - 90, Desy Ratnasari, selain menjadi penyanyi yang punya banyak album (cuma 9 album ehehehehehe), main film, main sinetron, jadi model majalah, model iklan......

      Untuk Teen Idol ada yang bernama Puput Novel, Adi Bing Slamet, yang selalu dipuja2......

      AKB48 seperti yang sudah saya bilang di atas sejak 2010, sering berkunjung ke China, mempromosikan grupnya, membuka Toko cabang di sana, membuat event di sana. Kalau event mereka tidak ramai, tidak mungkin mereka membuat cabang toko di sana. Masyarakat di sana pun mengenalnya, dan sebagai fans di China, mereka sudah tahu bagaimana mereka harus bersikap dan berperilaku pada mereka. Termasuk bagaimana mereka bersikap pada SNH48 nantinya

      Itu semua sudah bisa jadi contoh "di negara China sendiri", dan Ninestyle Agency "Perusahaan yang menaungi SNH48", bisa mengambil contoh dari kunjungan AKB48 di China "termasuk calon staff SNH48"
      http://mina.com.cn/
      http://www.93model.com/

      "Ninestyle" sepertinya agensi model "sepertinya lumayan besar", dan lagi mereka agensi lokal China. Jadi bisa dibayangkan, selain mereka bekerja di SNH48, mereka juga otomatis menjadi model agensi tersebut.

      Kalau JKT48, kalau gak salah perusahaan Jepang bernama Dentsu, dan hanya agensi pembuat iklan dan bukan perusahaan "lokal", dan kliennya pasti lebih banyak produk Jepang.

      Oh ya, Sebelum AKB48 meracuni daratan China, Morning Musume sudah meracuni lebih dulu di tahun 2007, mereka membuka audisi di sana.

      Terus, bagaimana kabarnya TPE48? :D

      Hapus
    5. Era Desy Ratnasari memang sudah mengenal kata idol, namun apakah masyarakatnya 'paham' dengan makna idol itu sendiri? Kalau misalkan benar sudah paham, maka kejadian permasalahan penyebutan girlband/idol grup itu tidak terjadi.

      Indonesia mungkin mengenal konsep idol, tapi tak sadar dan kurang mengerti terminologi tentang idol itu sendiri (bahkan kalau diurutkan kenapa kata girlband dan idol grup itu sendiri menjadi permasalahan, bukannya karena dari JKT48 yang menyatakan mereka bukan girlband? Dalam hal ini saya bisa menyebutkan bahwa sang artist sendiri kurang paham soal idol, bahkan berpotensi 'merusak' definisi idol itu sendiri di mata fans.

      China bukan hanya mengenal idol, namun juga konsep dan perencanaan pembuatan idol. idol grup dan agensi idol itu sendiri. Maka tak heran SNH48 eksekusinya bisa dikatakan lancar dan cepat.

      Off topic ; selain member internasional, adakah member JKT48 yang terdaftar dalam agensi idol? Setahu saya di Indonesia sendiri tidak ada agensi idol. Berbeda dengan negara Jepang, China dan Korea.

      Dan kalau menanyakan TPE48 saya rasa tidak cocok ditanyakan di postingan ini, karena saya juga tidak mencantumkan TPE48 di dalam postingan ini :)

      Hapus
    6. ya memang di sini tidak ada pembahasan TPE48, tapi apa anda tidak ingin membahasnya? soalnya pengetahuan anda luas sekali, tidak ingin diamalkan di blog? :D

      "Kalau misalkan benar sudah paham, maka kejadian permasalahan penyebutan girlband/idol grup itu tidak terjadi" > permasalahan ini terjadi pada saat kemunculan JKT48 kan?yang muncul pada saat media Indo sering menayangkan segala hal tentang Korea. Pada saat booming Indonesian Idol apa pernyataan itu muncul juga?


      Jadi anggapan anda untuk di China
      - Meskipun Morning Musume tidak mengekspansi china di sekitar tahun 2007 dengan membuka audisi disana sekaligus menyebarkan Idol Culture;
      - Meskipun AKB48 tidak mengekspansi china di sekitar tahun 2010 dengan menjelaskan konsepnya ke masyarakat china dan mendirikan toko di sana untuk memenuhi kebutuhan fans di china;
      - Eksekusi SNH48 tetap lancar karena china punya basic Idolling "Tapi kok kenyataannya Korea yang punya basic Idolling juga pernah menolak SKE48 untuk debut di Korea?"

      Dan anggapan anda untuk di Indonesia
      - Meskipun Morning Musume mengekspansi Indonesia di sekitar tahun 2007 dengan membuka audisi disana sekaligus menyebarkan Idol Culture;
      - Meskipun AKB48 mengekspansi Indonesia di sekitar tahun 2010 dengan menjelaskan konsepnya ke masyarakat Indonesia dan mendirikan toko di sana untuk memenuhi kebutuhan fans di Indonesia;
      - Eksekusi JKT48 tetap kurang lancar karena Indonesia tetap tak sadar dan kurang mengerti terminologi tentang idol itu sendiri. Meskipun selama 5 tahun Idol grup Jepang mengekspansi Indonesia.

      Agensi Idol ya?
      Indonesia punya Agensi untuk memanagement Talent, Model dan artis, contoh yang cukup besar itu "Star Media Nusantara", sedangkan member2 JKT48 dibawah naungan Dentsu kan. Ninestyle yang menaungi SNH48 sendiri juga Agensi Model (apa sama dengan agensi idol?)

      Dan menurut sejarah, booming Idol muncul di china sekitar pertengahan 2000an (pas disaat itu Morning Musume mengekspansi china). lalu 4 Heavenly King itu termasuk apa?

      Emang Andy Lau sendiri masuk Agensi Idol?

      maaf, banyak tanya, saya haus pengetahuan dari anda....m( _ _ )m

      Hapus
    7. Pertama, soal TPE48.
      Sejauh ini kabar TPE48, bahkan 'keberadaan' membernya pun masih belum jelas, hal ini berbeda dengan JKT48 dan SNH48 yang sudah jelas siapa-siapa saja member.
      Bisa dibilang kondisi (sebut saja) mati suri yang dialami TPE48 -- terlepas dari gosip apakah grup ini benarkah ada apa tidak -- membuat sulit untuk membandingkannya dengan JKT48 dan SNH48 (dalam konteks sister grup luar Jepang).

      Nah itu dia maksud saya. Kenapa ketika JKT48 muncul, baru ada pihak-pihak yang mempermasalahkan penyebutan tersebut. Setahu saya untuk idol grup Korea sendiri, baik melalui sang artis maupun media luar (Indonesia) sendiri tidak mempermasalahkan penyebutan boyband/girlband dengan idol grup, karena pada hakikatnya ketiga kata tersebut bermakna sama.

      Lalu kenapa (fans) JKT48 begitu kekeuh menyatakan JKT48 (baca: idol grup) berbeda dengan girlband? Saya pernah diberitahukan kalau itu karena salah satu member pernah menyatakan bahwa idol grup dan girlband itu berbeda.

      Nah sekarang anda pasti setuju bila kita mengatakan member yang mengatakan hal itu belum memiliki pengetahuan soal dunia idol, makanya ia memberikan statement seperti itu.

      Dan kalau ucapan sang member itu hanyalah gosip atau berita HOAX (karena saya juga mendengarnya dari pihak lain), bagaimana dengan pernyataan tegas di MV RIVER versi JKT48? Secara jelas member menyatakan idol grup itu tak sama dengan girlband.

      Poin itu yang membuat saya mengatakan masyarakat Indonesia (dan juga beberapa idol-nya) belum mengerti tentang dunia idol.

      Dan menyinggung soal SKE48 yang ditolak di Korea. Sebenarnya dari dulu hubungan dunia idol Jepang-Korea-China bisa dibilang cukup 'tegang', mereka seakan bersaing untuk menjadi mercusuar dunia idol di Asia (bahkan dunia).

      Setahu saya idol yang benar-benar diterima di "Jepang" dan Korea baru BoA, selain dari itu masih ada gengsi kenegaraan antara kedua negara tersebut.

      Soal agensi idol ini saya coba menanyakan seperti ini.
      Misalkan anda mencari informasi tentang Aki Takajo, pasti ada informasi bahwa dia berada di bawah manajemen idol 'Watanabe Entertainment' benar?
      Dan kalau artis Korea semisal G-Dragon-nya Big Bang, ada informasi bahwa dia ada di bawah manajemen idol 'YG Entertainment".

      Sedangkan member JKT48 (selain Aki dan Haruka) lainnya? Bahkan Rena Nozawa (menurut informasi terakhir saya) juga masih belum memiliki agensi idol meski sudah di team K AKB48.

      Agensi Idol yang saya maksudkan itu secara grup dan personal, serta keterbukaannya dan 'sosialisasi' tentang siapa artis mereka dan apa saja 'kegunaan' artis mereka.

      Mungkin itu kesalahan saya menuliskan Andy Lau dalam agensi idol, namun yang ingin saya sampaikan sebelumnya adalah kemunculan Four Heavenly King mandarin ini membuat masyarakat China (khususnya pelaku seni musik) semakin 'aware' dengan 'dunia musik yang bernama idol' tersebut.

      Bisa dibilang mirip dengan yang dialami fans JKT48 di Indonesia sekarang yang perlahan mulai mengenal apa itu idol dan macam-macam hal di dalamnya.

      Hapus
    8. Sepertinya pembicaraan kita tidak ada habisnya....hahahahahahaha

      Apa yang anda bilang benar juga, tapi ijinkan saya mengeluarkan apa yang ada di dalam kepala saya dan apa yang saya dapat dari berbagai sumber.

      Sebelumnya, yang saya tahu, entertainment Taiwan dan Cina Daratan sejak dulu sudah saling mengisi dan melengkapi, jadi nanti sengaja saya campur jadi CHINA = Daratan Cina + Taiwan

      - MENGENAI TPE48
      Menurut imajinasi saya, ada hubungan antara TPE48 dan SNH48. Yang saya tahu, entertainment Taiwan dan Cina Daratan sejak dulu sudah saling mengisi. Shanghai adalah kota yang lebih besar dan pendapatan perkapita lebih besar dari Taipei. Jadi TPE48 di tunda dulu (kemungkinan juga tidak jadi) dan lebih prioritas ke SNH48. SNH48 sekarang sepertinya tampil di Taiwan juga.

      - MENGENAI AGENSI IDOL
      Sumber yang saya dapa, Watanabe Production, HoriPro, dll menginformasikan bahwa mereka adalah Talent Management, sama halnya dengan Star Media Nusantara, mereka menyebut perusahaannya Talent Management. (Star Media Nusantara dulu bernama MNC Talent Management). Karena perbandingannya China dan Indonesia, jadi yang saya buat perbandingan China, bukan Korea atau Jepang. Yang saya tahu grup2 (girls or boys) china itu seperti di Indonesia, mereka langsung di bawah naungan label musik (Contohnya S.H.E., Lollipop F, Cute Princess, M-Girls). Beberapa dari mereka bukan berasal asli dari china, melainkan orang/keturunan china yang tinggal di negara lain dan membentuk group dan memasarkan lagunya di china.
      Agensi yang terbuka tentang siapa artis mereka dan kegunaannya? Coba anda ke situsnya Star Media Nusantara, mereka mengkategorikan Talent mereka, seperti, Singer, Band / Group, Magician, Multitalent (Host, Actor/Actress), Kids Talent, Comedian, dan Chef (Juru Masak). Jadi anda tahu kan alasannya, kenapa Dentsu (JOT) menggandeng MNC? tapi bukan berarti JKT48 sudah bergabung dengan Star Media Management, belum sama sekali, tetapi mungkin inilah yang diincar Dentsu.

      - PERKEMBANGAN MUSIK JEPANG DI CHINA
      Sumber yang saya dapat, Sejak tahun 1970an, musik jepang cukup terkenal di China, tetapi karena ada kebencian yang tersisa terhadap Jepang di China dan pemenuhan produksi musik di china, mereka menggunakan cara lain. Cara lain itu adalah.......... ............. .......... ............. ............ ............. ........Mengcover Lagu2 Jepang tersebut dengan merubah lirik Jepang ke bahasa China, dinyanyikan oleh artis lokal china, mereka MENJUALNYA juga dan jualannya laku. :D :D :D :D :D :D :D. Dan sekarang, SNH48 melakukannya juga, dan laku juga di sana............... :D :D :D :D :D :D :D.........
      Jadi kesimpulannya, masyarakat di China mungkin tidak seperti di Indonesia yang selalu mengeluh kenapa JKT48 selalu mengcover lagu AKB48. Karena masyarakat di China sudah terbiasa sejak tahun 1970an.................:D :D :D :D :D :D :D

      - PERKEMBANGAN IDOL GROUP JEPANG DI CHINA (Daratan Cina + Taiwan)
      *2000 - 2007 (American Idol booming)
      China membuat acara serupa, seperti Super girl, Super Boy, Super Idol, dll. Dan kiblatnya Idol Barat "enggak ada hubungannya sama idol jepang". Kesuksesan F4 (2001) membuat banyak group serupa bermunculan.

      *2007 - 2010 (Morning Musume ekspansi ke China)
      Idol Group Jepang, Morning Musume, mengekspansi pasar China, dan sukses di sana. Mereka merubah nama mereka menjadi "Zǎo'ān Shàonǚ Zǔ". Agar lebih diterima masyarakat China, mereka membuka audisi di sana dan bergabunglah cewek yang bernama Junjun dan LinLin. JunJun ternyata mantan kontestan "Super Girl" :D :D :D :D :D :D
      Jadi seperti ketegangan Jepang dan China tidak ada di masa itu. ^_^

      Hapus
    9. *2008 - 2010 (Lahirnya Overseas Sister Group dari Morning Musume)
      Emang cuma AKB48 aja yang punya adik luar negeri, MoMusu sudah melakukannya lebih dulu, di China (sebenernya di Taiwan, hehehehehehe) bernama "Ice Creamusume" dan di Hawaii bernama "CocoMusume". "Ice Creamusume" ini lagunya campuran, memakai bahasa China dan Jepang. Seperti JKT48 ya, kadang campuran lirik Jepang + Indo. Pada tahun 2010 grup ini menghilang dari peredaran, entah karena managemennya seperti JOT atau entah karena AKB48 mengekspansi China pada tahun itu...:D :D :D :D :D :D

      *2009 - Now (Budaya Latah di China)
      Di China juga ada budaya latah seperti di Indonesia. Pada tahun 2009 muncul grup bernama "Idol Girls", dilihat dari namanya, pasti terinpirasi dari Jepang, mereka menganggap grup mereka itu (女子偶像团体) Nǚzǐ ǒuxiàng tuántǐ alias Female Idol Group. Single mereka yang kedua yang mengangkat tema "Otaku" bisa jadi bukti kalau mereka ke-Jepang-an. Pada tahun 2010 muncul grup AK98 (terdiri dari team A dan team K)........dilihat dari namanya saja sudah pasti mereka niru siapa. ^_^
      Seperti di Indonesia, anda masih ingat sewaktu masih hangat2nya JKT48, muncul grup bernama SuperMoeLand (S.M.L.) yang mendeklarasikan mereka sebagai Idol Group. Jikoshokai-nya pun ada yang pakai bahasa Jepang.

      *2010 - Now (Serangan AKB48)
      Kedatangan AKB48 ke China seperti ingin mengambil alih kekuasaan Morning Musume. Mereka mendirikan Toko, sering mengadakan kunjungan serta event handshake + promosi single, tampil di acara talk show china, memperkenalkan sister Group dan konsep group mereka, dan mereka berusaha merebut perhatian masyarakat China.
      Pada tahun 2012 mereka mendirikan SNH48, kenapa NineStyle bisa mengeksekusi SNH48 dengan baik, karena perusahaan majalah fashion "Mina" Induk perusahaan dari agensi model "NineStyle" mereka sudah berpengalaman bekerja sama dengan AKB48 sejak tahun 2010. info ke situs ini http://www.akb48.com.cn/content.jsp?id=142 "pakai google translate ya, hehehehehehe". Di artikel tersebut juga mereka bilang kalau anggota Official Fans Club di situs www.akb48.com.cn mencapai 20 juta orang. Bayangkan saja, sebelum SNH48 dibentuk saja OFC AKB48 di China sudah mencapai 20 juta orang, gimana NineStyle enggak ngiler pengen mengasuh SNH48. Dan yang pasti mereka berani keluar modal besar2an untuk eksekusi SNH48 karena mereka yakin dengan kesuksesan AKB48 di China.

      oh ya, di china ada istilah......
      女子偶像团体 - Nǚzǐ ǒuxiàng tuántǐ - Female Idol Group
      女子演唱組合 - Nǚzǐ yǎnchàng zǔhé - Female Singing Group
      少女组 - Shàonǚ zǔ - GirlGroup/GirlBand
      Dan uniknya ketika saya masukkan kata kunci " 女子偶像团体 " di Google, yang muncul kebanyakan adalah artikel bahasa China yang membahas SNH48, AKB48 dan adik2nya , Idol Jepang, dan Idol Korea.
      Ketika saya masukkan kata kunci " 女子演唱組合 " di Google, yang muncul kebanyakan adalah artikel bahasa China yang membahas grup lokal, dan sisanya gak kenal.
      ketika saya masukkan kata kunci " 少女组 " di Google, yang muncul kebanyakan adalah artikel bahasa China yang membahas Morning Musume, Ice Creamusume, group lokal China dan sisanya enggak saya kenal.... :D...........Bisa bantu saya mengambil kesimpulan?


      yap itu yang saya tahu, tolong koreksi kalau ada kesalahan, maaf kalau kepanjangan.....semua sumber dari Wikipedia dan lain - lain

      Hapus
    10. Baiklah dan terima kasih atas informasinya (beberapa diantaranya malah info baru bagi saya pribadi) :))

      Soal 'ketegangan' bisa mungkin bisa dipersempit dalam usaha menjadi mercusuar musik (dalam hal ini, musik idol) di Asia dan bahkan bisa ke dunia.

      Dan jujur saya sedikit malas mengandalkan google untuk mencari informasi tentang grup lokal China secara mendetail. Kenapa? Karena negara China sendiri suka menutup diri (bahkan menjadi kebijakan negara) yang ditujukan agar rakyatnya bangga dengan negaranya sendiri. Maka dari itu apabila mencari informasi (menggunakan kanji mandarin) maka kemungkinan besar 'hanya' bisa menemukan tentang artis luar China yang pernah tampil disana (tampil disini bisa jadi dalam artian manggung maupun membuat semacam sister grup).

      Hapus
    11. eh.....maksudnya mereka "menutup diri" itu gimana ya? karena situs2 internet china masih bisa saya akses lewat modem komputer saya......cuman, memakai google translate itu membuat saya malas karena lambat banget pakai modem saya....

      untuk grup aseli china saya juga menemukan banyak sekali, tetapi ya itu tulisannya bahasa dewa....hehehehehhe

      masalah Idol Group vs GirlBand, saya mengambil kesimpulan kalau, China seperti Indonesia.....(ini hasil pengamatan dari menggunakan Google, dengan menggunakan kata kunci huruf Dewa yang saya sebutkan di komen sebelumnya)
      - Idol Group > Group penghibur dari Jepang dan Korea beserta turunannya/Sister group-nya, dan Group yang terinspirasi dari kedua negara tersebut
      - Girl/Boy Band > Group penghibur non Jepang dan non Korea........

      ya begitu sesuai dengan pengamatan saya.....

      Hapus
    12. "Menutup diri" lebih ke arah kurang/jarang mau memberikan informasi mendetail tentang mereka kepada pihak luar.

      Hapus
  33. yah tetep aja gua prefer ke dua-duanya.

    Mungkin memba SNH48 itu terlalu moe-moe, sampai tenanganya juga moe-moe, makanya bawain Rivernya kurang :v (Oke ini bercanda)

    BalasHapus
  34. kalo bahasa gan kita lihat di lirik inggris 24 hour a day
    coba di indokan pasti ada yg nggak pas ?
    trus yg pasti yg punya lagu juga nggak protes
    trus kalo paspun nggak nyambung sama lagunya
    ada yg nggak pas gan
    pajama drive, namida surpise!
    pajama drive di translate dr inggris maupun jepang artinya piyama berkendara
    coba nyayiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya maksudkan dalam hal 'bahasa' ini adalah penggunaan engrish, padahal kita tahu sendiri bahwa lidah orang Indonesia bisa melafalkan Inggris (bukan engrish).

      Contoh kasus, kenapa menyanyikan 'pajama (doraifu)' dan bukan 'pajama (draif)'? Ini ibarat sudah bisa berbicara dengan baik malah 'bergaya' layaknya tidak bisa berbicara dengan baik.

      Soal lirik yang tidak bisa di translate langsung bisa diakali dengan mengubah lirik (tidak sesuai dengan aslinya) namun secara makna masih sama.

      Hapus
    2. sekarang saya akan berpindah ke SNH48 pihak SNH juga ada yang memaksakan seperti pada single ke2 (Flying Get) dalam lirik tersebut penyebutan flying get sama seperti pada lirik di AKB48 (FURAINGU GETTO)

      terus soal lirik apakah jika mereka (JOT)suatu saat akan mengganti liriknya akan mengubah kesan dari lagu yang sudah biasa kita dengar ?

      btw, seneng diskusi seperti ini :))

      Hapus
    3. Tapi setahu saya cuma (atau baru?) di Flying Get dan Heavy Rotation saja pihak SNH 'memaksakan' lirik engrish. Di lagu lainnya semisal RIVER dan Ponytail to Shunshu liriknya sudah disesuaikan dengan lirik bahasa Mandarin.

      Untuk mengganti lagu sepertinya hampir tidak mungkin, soalnya sudah terlanjur di publikasikan.

      #cmiiw

      Hapus
    4. nah jadi intinya snh pernah juga kan pake apa tuh engrish, jadi point itu kita hialngin aja ya

      Hapus
  35. bisa di bilang SNH48 & JKT48 itu bagaikan dua sisi sebuah koin. dimana memiliki perbedaan dan ke unikannya sendiri. dan bisa dikata bahwa SNH48 berada pada posisi kwantitas & JKT48 berada di posisi kwalitas. begitu menurutku.

    BalasHapus
  36. menurt g usaha tak ad pentingny(didunia in ad berapa orng
    yng peduli ats usaha seseorang?)yng penting it hasl yng bisa diperlihatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan kaya omongannya melody usaha keras itu tak akan mengkhianati, kalau belum keliatan hasilnya berarti usahanya belum keras, ok lo ga mau tau dan ga mau liat gimana usaha kerasnya, tapi pasti hasil berbanding lurus sama usahanya kok

      Hapus
  37. Bagus SNH sih hehe :3 tapi JKT48 punya kualitas di River dan SNH di Flying getnya ? :)

    BalasHapus
  38. emang bener , fans JKT48 di Indonesia kelakukan nya gak dewasa banget !

    BalasHapus
  39. kalo mau cari mana yang lebih baik, gimana klo hal2 yang berhubungan dengan selera kita masing2 (kecantikan, kewarga negaraan) kita singkirin dulu.
    coba kita liat:

    1. Award
    Saya ga tau banyak soal SNH, tapi saya sedikit tau JKT48 bahwa dalam kurun waktu singkat mereka sudah memperoleh banyak penghargaan (award) meskipun di negeri sendiri. (mungkin ada internasional voting di dumay yg sy ga tau)

    Saya mau tanya siapapun yang kenal SNH48, apa yang sudah mereka raih dalam kurun waktu hingga sekarang.

    2.Publikasi/ketenaran
    JKT48 akan membuat film yang rencananya diputar serentak di 5 negara. Bagimana dengan SNH? apakah mereka punya? (jawab buat yang tau)

    Ya sekian saja,

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Menang di acara 6th Top Chinesse Music Billboard Award sebagai "Most Promising Newcomer".

      2. Baru merilis movie berjudul "Mengxiang Yubei Sheng".

      *semua diraih pada bulan Desember 2013 lalu*

      Hapus
    2. 1. ada lagi ?

      2. movienya di rilis dimana ?

      Hapus
    3. 1. So far baru itu ((meskipun mengalahkan salah satu boyband milik manajemen Korea EXO-M))

      2. Di China

      Hapus
    4. Maaf ya min bukannya ikutan sotoy tp EXO M waktu itu bukannya kalah tp malah menang salah satu kategori Grand Prize..

      Hapus
    5. Sepengetahuan saya SNH48 memang menang atas EXO-M di kategori "Most Promising Newcomer", dan hanya itu.

      Apabila EXO-M menang di kategori Grand Prize saya tidak tahu, tapi memang untuk Grand Prize SNH48 (sepengetahuan saya) tidak pernah mengalahkan EXO-M.

      Hapus
    6. Jkt48 menang aamerican kids choice award!!! Masuk nominasi world music awards.

      Hapus
  40. Intinya jangan saling membandingkan (udahgakusahdiperpanjang) tetap dukung 48 familly akb,ske,nmb,hkt,jkt,snh itu keluarga .. terlebih jkt dan snh ini dua negara beda . Kalau kalian emang ngerasa kurang puas satu sama lain BIKIN IDOL GROUP SENDIRI .. saling dukung aja buktikan kalau kalian fans family 48 yang akur dan mau menerima family 48 lebih dan kurangnya .. (cuma berpendapat )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Begitulah,
      Tapi begitu ada yang mencoba membandingkan ya tolonglah pertimbangkan banyak hal, dan sebisa mungkin netral. Atau meskipun memihak salah satu tetapi tetap kedepankan asas kejujuran yang mana secara jujur mengakui kelebihan pihak yang tidak didukungnya dan mengakui kekurangan pihak yang didukungnya. so pada akhirnya penilaian kembali pada diri masing - masing.

      Hapus
    2. Sebenarnya justru disitulah nikmatnya ngidol! Pada saat perbandingan2 itu. Dengan membandingkan akan ada semangat untuk mendukung idol masing2.

      Hapus
  41. sebagai info, silahkan liat di sini
    http://www.ngidol.com/2014/02/sister-group-akb48-manakah-yang-terbaik.html#.UyenSKiSxnY

    BalasHapus
  42. JKT48 punya kualitas vokal dan dance , ketimbang snh yang kaku dan vokal nya lebih bagus jkt48 .

    BalasHapus
  43. Emangsih sederhanaan JKT dari SNH,,, tapi menurutku JKT48 g dipilih dari kecantikan muka membernya aja,tapi yg berhak di JKT48 adalah: Segi Vokal,Segi Kekuatan,Segi kekompakan dan Segi kebaikan,,,
    klo SNH48 yg dipilihnya cma yg cantik cantik aja,,sehingga SNH48 seringkali dimanfaatkan oleh para wanita cantik utk bisa menjadi artis,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nganu mbak, mau nanya.
      "Segi kebaikan" itu tolak ukurnya seperti apa yah? :/

      Juga dari statement mbak saya boleh menyimpulkan kalau diantara member JKT48 ada yang tidak cantik?

      Hapus
  44. Klo q tetep JKT, . . .SNH letoy,

    BalasHapus
  45. menurut gua lebih bagus JKT48 dibanding SNH48, ya mungkin soal MV JKT48 kalah, tapi soal dance? vocal ? lincah ? kerjakeras? JKT48 unggulnya, bisa bisa akb48 kalah malah, soalnya di JKT48 itu ga mentingin MV, lebih mentingin ke fisik, percuma di MV bagus and al hasil pas live begitu? sama aja bodong yekan. kalo soal etika emang JKT48 lebih unggul dari 48 family, INDONESIA dikenal negara paling ramahm sampe sampe haruka betah kan di indonesia? gamau balik lagi ke akb48 lagi wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menanggapi bagian komentar mas Jonathan terkait Haruka Nakagawa.

      Yakin Harugon betah di Indonesia karena (100%) keramahan INDONESIA atau cuma karena posisi senbatsu (dan porsi sorotan media) di Indonesia dia lebih bagus ketimbang bersama JKT48? Yang notabene harus bersaing dengan member kami7/God7.

      Monggo dicerna dulu dan dijawab :))

      Hapus
    2. Maaf typo, harusnya bukan "lebih bagus ketimbang bersama JKT48?" tapi "lebih bagus ketimbang bersama AKB48?".

      *baru sadar*

      Hapus
    3. wah kalau ini hanya haruka yang tau, bisa karena dia nyaman dalam kehidupan, bisa juga karena dia nyaman karena karir

      Hapus
    4. Harugon dah mo graduate, tapi ia tetap mau tinggal di indo dan keluar dari 48group. Ia juga pernah bilang mau nikah ma orang indo. Jadi haruka emang benar suka dan betah di indo bukan karena posisinya di senbatsu.

      Hapus
  46. artikel yang bagus, hanya saja kebanyakan nggak baca pake kepala jernih :)

    SNH dan JKT memang punya keunggulan dan kelemahan masing-masing, ane yakin merka masih terus memperbaiki diri :)

    yang ane permasalahin itu translasi/tatabahasa lagu di JKT. SNH pas awal-awal juga translasinya menurut ane banyak yang dipaksakan, tapi sekarang mereka udah lebih bagus tatabahasanya dibanding JKT, sampai beberapa lagu dibikin lagi pake lirik baru. contohnya lagu 'so long' versi SNH, kalo di AKB ada lirik yang begini,"itsuka watashi no kekkon shiki ni, zettai shoutai suru kara ne my friend" yang intinya ngundang temen kalo pas acara pernikahan, di SNH liriknya diganti jadi gak nyebut ttg pernikahan sama sekali. jadi, gak dialihbahasakan 100%, tapi disesuaikan. ini yang ane harap diperbaiki sama JKT :)

    BalasHapus
  47. postingan berat sebelah ini... kalau menurut w lebih unggul jkt48,, dari segi power nyanyi & dance ja dah jauh jkt48 unggulnya ya walaupun gk se perpect akb48,, kalau jkt48 di jelekin cmn karna fans2 norak yg gk seberapa dan modal bikin MV itu gk adil

    BalasHapus
  48. saya tidak mengerti knp snh bisa ada di cina got talent?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka tampil sebagai guest star (bintang tamu) pada acara tersebut.

      Hapus
    2. Bagaimana mungkin jadi bintang tamu! kalau juri 4 yang didepan kasih 3 yes, 1 No.berarti mereka ikut got talent competition.rupanya snh48 tidak cukup populer disana sampe ikut di ajang seperti itu.cek it dot di sini http://www.youtube.com/watch?v=-uk0nO6d2Vc

      Hapus
    3. Bagaimana mungkin jadi bintang tamu! kalau juri 4 yang didepan kasih 3 yes, 1 No.berarti mereka ikut got talent competition.rupanya snh48 tidak cukup populer disana sampe ikut di ajang seperti itu.cek it dot di sini http://www.youtube.com/watch?v=-uk0nO6d2Vc

      Hapus
    4. Tapi setahu saya SNH48 memang cuma tampil sebagai bintang tamu dan cuma datang di satu episode, kemungkinan para jurinya ikut menilai sebagai tindakan 'iseng'. Mungkin.

      Dan memang popularitas SNH48 di China tidak sebagus popularitas AKB48 di Jepang maupun JKT48 di Indonesia.

      Hapus
    5. haha benar benar memalukan. saya punya ko semua video snh48 di china got talent,.
      ternyata snh48 jauh tertinggal dari jkt48..
      jangan anggap remeh JKT48
      JKT48 hanya memerlukan 1 tahun untuk bisa terkenal
      AKB48 aja butuh 5 tahun untuk terkenal di jepang ..

      Hapus
    6. Kembali kepada fakta bahwa AKB48 memulai popularitas mereka dari nol sedangkan JKT48 (dan sister grup 48 lainnya) itu bisa dikatakan mendompleng/terbantu oleh popularitas AKB48 yang sudah besar saat itu.

      Hapus
    7. kayanya emang mereka ikut china got talent mas, mungkin itu salah satu strategi manajemen snh untuk memperkenalkan snh ke publik waktu awal2 terbentuk

      Hapus
    8. Bukan di awal terbentuk, karena tahunnya dituliskan 2014. Berarti sampai 2014 mereka masih belum begitu populer. Nanti sekarang2 ini (2014-2015) baru populer banget.

      Hapus
    9. @mansur karena fans 48 di China dikit gan, di China masih dikuasai kpop.

      Hapus
  49. Hm,menurut saya,alasan jkt48 menggunakan beberapa kata jepang dalam lagunya adalah,karena kalau semuanya pakai bahasa indonesia,maka beberapa orang hanya akan mengira jkt48 sama seperti gilsband lainnya,tapi jkt48 kan idol grup,jadi harus punya hal yang menarik tersendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada yang belum bisa mengetahui definisi dari girlband/boyband/idol grup ternyata.

      Hehe Hehe.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. tergantung liat dari sisi mananya nih pengertian idol group dan girl band bisa sama bisa juga beda, kalau menurut pengertian yang gw tau, GB adalah bagian dari IG

      Hapus
  50. nanggepin post nya ya. Kan ditulis kalo JKT kualitas bernyanyi dan menari lebih unggul kan. Balik lagi ke konsep 48 kan sekelompok cewe2 yang bisa diidolkan, dengan kemampuan mereka menari dan menyanyi. Jadi ya sesuai kan JKT. Masalah cantik atau ga memang dr penampilan lebih keren SNH karena kulit yang putih dan muka yg serupa sama jejepangan. Well, ini bukan sekelompok cewe yg bisa dijadikan idol karena jual body aja kan, kalo itu si masuk JAV aja.
    Berarti member JKT jelek dong? Sejujurnya memang ada bbrp member (terutama yang baru2) yg kayanya mukanya ga eksotis (*plak) kalo dijadiin idol. Ya karena mereka masih muda, blm terlalu peduli penampilan sebelum2nya. Tapi aku yakin seiring jalan penampilan mereka akan meningkat kok. Lagipula, emang rela kalian sebagai fans JKT yang pastinya pengen JKT maju, kehilangan sosok member yang mugnkin dr fisik ga trll menarik, tp nyatanya bisa kontribusi banyak. Mending mana coba, member yang berbakat tp ga biasa2 aja mukanya atau member yg super cantik tp cuma bisa duduk angkat2 kaki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat saya dalam artikel tidak dituliskan bahwa HANYA "wajah" dijadikan sebagai tolak ukur dalam perbandingan kedua grup ini (lain ceritanya bila ada yang membahas di kolom komentar).

      Lagipula dalam idoling (kita persempit dalam 48G) lebih diutamakan kemampuan fundamental ketimbang unggul salah satu (dalam beberapa kasus mungkin sebaliknya). Sebut saja beberapa member SKE48 yang memang dikenal sebagai dancer terbaik di 48G tapi selalu berada dibawah bayang-bayang W Matsui.

      Dan lagi yang namanya manusia (apalagi wota baru) pasti langsung menilai dari segi penampilan fisik baru kemudian dari kemampuannya.

      Hapus
    2. hehe namanya juga cowo mas, kebanyakan ya dari penampakan dulu, udah naluri alam :D

      Hapus
  51. well, nulis sesuatu yang profokatif memang salah satu cara menggaet banyak reader
    ish ish

    BalasHapus
  52. Saya Fans JKT48 Beri yang terbaik untuk JKT48 ,Seharusnya JKT 48 Bisa belajar lebih baik lagi dari Akb48

    BalasHapus
  53. Sebagai orang Indonesia, sudah seharusnya kita bangga dan terus mendukung JKT48 sebagai idola yang telah diberikan AKIMOTO kepada kita. Kalau sudah diberi pada kita, sudah sewajarnya kita loyal kepada JKT48, begitu juga terjadi pada fans-fans SKE,NMB,HKT,dan SNH48... Sebagai adik anak AKimoto dan adik AKB48, kita harus selalu mendukung adik-adik yang telah diberi pada kita, karena tidak langsung kita juga telah mendukung keluarga 48Family. Ingat, grup-grup itu bagai pondasi pelengkap dan penguat. Jika salah satu grup yang telah diberikan cuma-cuma tidak dijaga dan dibiarkan begitu saja lalu mati, maka 48Family juga akan goyah.. Keep support 48 Family, pastinya JKT48...

    BalasHapus
  54. Kapret semua kalian.kok mlh bangga kn negara lain. Sm sj kalian buat pertanyaan di jwb sendiri. O.on. aq bangga punya jkt48 dn aq bngga jd orang indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ummm.... ini bukan masalah negara A maupun negara B, tapi grup A dan B --dalam hal ini JKT48 dan SNH48--

      Lagipula bukankah sesungguhnya 48G (mau grup mana pun di belahan negara mana pun) adalah milik Aki-P, atau kalau mau bawa-bawa nama negara, adalah milik Jepang?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Apresiasi besar banyak ditujukan ke jkt48 oleh member-member 48 sama fans di jepang tentang performa mereka selama manggung di sana.paling tidak hal Dance,power, jkt48 unggul dong.tapi tidak terlalu dibahas di postingan ini.admin lebih menonjolkan perbandingan pendanaan yang terasa antara ke 2 group

      Hapus
    4. Itu sudah saya tuliskan di poin "Popularitas di Jepang".

      Hapus
  55. Hmmp..
    SNH hanya unggul soal Sponsor. Tp klo kualitas vokal, dance, dan semangat JKT unggul jauh dari SNH. Bicara penghargaan, dalam negeri aja udah pny bnyk. Luar negeri? JKT dan sister group lain kecuali SNH pernah masuk nominasi World Music Awards bersaing sm Kpop Idol yg pny fans internasional paling banyak seperti EXO, BAP, dan SNSD. Masuk nominasi jg di salah satu Awards di singapura. Walaupun cm nominasi itu bearti klo JKT udah dikenal bkn cm di Indo dan Jepang tp jg dimata internasional.
    Tp di satu sisi, gak apa2 jg koq banding2in sister grup kek gini. Anggaplah sbg masukkan2 dan bisa mengambil hal2 yg positif aja. Yang BODOH DAN GA ADA KERJAAN ntuh klo sk banding2in Jpop idol sm Kpop idol. Negara aja udah beda apalagi orientasi musiknya. Itu baru namanya fans yg kekanak2an yg suka bikin fanwar..

    BalasHapus
  56. Dari segi materi SNH jauh lebih unggul dari JKT. Jelas china lebih maju dari indonesia,Tapi dari segi Bakat,Penampilan, dan popularitas,?
    SNH48 tidak bisa mengungguli JKT48.
    JKT48 idol grup 48family di luar jepang tapi popularitasnya di dunia maya di berhasil menempati posisi ke 2 setelah AKB48 dan mengalahkan SKE48 , NMB48 , HKT48 sedangkan SNH48 menempati posisi terakhir.
    Anda tau RIVER milik SNH48 sudah jelas di cap FAILED. apalagi FLYING GET .
    saat anniversary pun tidak bisa menampilkan yang terbaik.
    http://www.youtube.com/watch?v=aUuUEBAiDA8
    Bandingkan dengan RIVER & FLYING GET JKT48 jauh JKT48 unggul.
    RIVER JKT48 di Cap setara dengan UZA AKB48 oleh member akb48 dan fans jepanag karena melihat penampilan jkt48 di nippon budokan.

    Iiwake Maybe milik SNH48 bisa dibilang setara dengan Iiwake Maybe milik JKT48 Gen3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perasaan yang anda isi di kolom komentar juga saya tulis di artikel diatas :/

      Hapus
  57. mau ikut komentar boleh ya
    sebelumnya gw mau info dulu nih, kalau gw ga begitu tau tentang 48 ini
    cuma gw pernah baca di salah satu forum internasional yang ngebahas ini juga,
    kurang lebih isinya kaya gini

    kenapa mv, seifuku, theater, sarana dan prasarana snh lebih bagus dibanding jkt, karena katanya dari jepangnya sendiri,
    mereka beda ngasih modalnya, snh di kasih modal jauh lebih besar daripada mereka ngasih modal ke jkt,
    karena mereka memprediksi snh akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan jkt mengingat cakupan wilayah china yang lebih besar,
    dan mungkin ada hal lain yang membuat anggapan snh kedepannya akan lebih menguntungkan
    kesimpulan : jadi kalau mv atau theater jkt keliatan kurang dibanding snh saya kira wajar

    terus masalah member transfer, lagi2 snh jauh lebih diuntungkan, di forum itu di tulis,
    yang ditransfer ke snh membernya mempunyai ranking dan popularitas lebih bagus dibanding member yang ditransfer ke jkt
    (note saya ga tau masalah rangking dan sebagainya, ini hanyalah berdasarkan yang saya baca dari forum tersebut)
    namun pada kenyataannya, member yang di transfer ke jkt jauh lebih aktif dibanding yang di transfer ke snh
    karena member yang di transfer ke snh ga bisa kerja karena belum di lolosin visa nya
    kesimpulan : member transfer ke jkt lebih aktif ikut membangun jkt ketimbang member transfer snh

    selanjutnya masalah manajemen, ini juga terlihat timpang, kenapa manajemen snh terlihat lebih bagus,
    karena katanya manajemen snh jauh lebih di support sama manajemen jepang, karena katanya masalah jarak,
    jadi katanya manajemen jepang bisa banyak ambil bagian di manajemen snh karena mereka jaraknya lebih dekat,
    jadi mungkin mereka bisa bulak balik cepet kali ya hehe atau karena mereka menganggap snh bisa lebih untung kalau digarap dengan baik
    kesimpulan : snh bisa lebih bagus manajemen nya karena mereka dapet support penuh dari manajemen jepang

    masalah popularitas, nah ini point yang mengejutkan, ternyata dibalik segala keterbatasan,
    menurut survey mereka jkt lebih populer dibanding snh baik di jepang maupun di dunia,
    saya lupa mereka surveynya gimana tapi intinya banyak tabel dan kurva gitu lah,
    dan yang lebih mengejutkan lagi, member yang paling banyak di cari di dunia maya adalah nabilah jkt
    kesimpulan : jkt lebih populer daripada snh

    nah kalau masalah bahasa di dalam lagu dan fans kayanya di forum itu ga dibahas
    jadi gw bahas pake sotoy nya gw aja ya,

    kalau masalah bahasa di lagu, emang agak susah kalau lagu hasil translate dari bahasa lain,
    jadi gw setuju kalau lirik jkt kadang agak gimana gitu,
    tapi kalau masalah ada bahasa jepang ataupun bahasa inggris di dalam lagu jkt,
    pendapat gw sih ga terlalu masalah, ga bakal nurunin nilai jkt di mata publik,
    coboy junior aja pake bahasa inggris diterima aja tuh,
    kalau ga salah lirik mereka ada yang, So baby please be mine, please be mine oh mine eeeaa
    dan kalau ada bahasa jepang di lagu jkt, woy ini justru magnet nya jkt di publik indonesia,
    pecinta jepang indonesia bakalan setidaknya melirik ke arah mereka, bahkan karna kejepangan nya banyak j-lover yang mungkin jadi fans jkt
    sedangkan dari pandangan publik secara general, ini akan menjadi ciri khas jkt, bukannya di dunia hiburan kita butuh ciri khas

    kalau masalah fans, ya di indonesia emang gitu agak rusuh karna terlalu bersemangat,
    tapi bukannya itu karakteristik orang2 kita, rusuh, bersemangat, kreatif, gotong royong alias keroyokan, kadang menjelekan negara sendiri, suka berantem
    mau jelekin fans jkt gw liat diri gw juga begitu ya gimana dong

    mohon maaf kalau udah ada yang bahas di komen sebelumnya, lagi2 saya tidak tahu tentang 48 ini cuma pernah baca di suatu forum
    dan kebetulan bahasannya sama tapi dari perspektif yang sedikit beda, salam super :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry itu diatas yang "woy" harusnya "wow" salah ketik, nanti disangka ngajak berantem lagi :D

      Hapus
  58. Hahahahah nih w sebagai pecibta musik n dance dan bukan penggemar semua genre musik mau barat dangdut or apapun itu. Yang masuk ke Mata n telinga w itu ternyata Cuma jkt48. Akb48 juga yang masuk Cuma lagu heavy rotation. Itu juga gara2 video clip yang bikin heboh Satu Kantor. Tapi klo segi vocal masih bagusan jkt48. Apalgi pas w gak sengaja lihat river jkt48 yang live. Kerennn abisss.. Trus w mulai lihat2 video klip jkt48 yang lain di YouTube. Asli malah yang kerasa nuansa ibternasional tuh jkt48. Yang lainnya w lihat hanya terlihat sebagai group lokal negara masing2. Hahahha masalah bahasa L. Yaelah apapun bahasanya yang penting enak. Gak ngaruh. Masalah tampilan fisik. Beuhh... Makanya langganan TV satelit atau TV kabel biar petbendaharaan Mata lebih universal melihat cewe cantik. N u know what. Cewek indo tuh Paling oke. Lihat aja. Cantik alami n warna kulitnya Paling oke. Hahhaa Tanya aja bule or orang luar negeri khususnya cowok. Pasti tergila2. Yang bilang jelek tuh sudah Pasti iri.

    BalasHapus
  59. saya sih obyektif aja dalam menilainya, intinya sekarang JKT48 jauh lebih berkembang daripada tahun sebelumnya, bahkan sampai masuk nominasi Nickelodeon KCA 2015

    BalasHapus
  60. komentar Bikin pusing

    BalasHapus
  61. Dan Menurut Gua Ya...
    Dalam Lirik Lagu JKT48 Yg Tidak Mengubah Lirik Originalnya...
    Mungkin Dalam Maksud Agar Fans" Dari Luar Juga Bisa Tw... Biar Enak Gitu Di Dengerin... Lebih Gampang Di Inget, Di Hafalin Orang Lokal n Internasional, Kan Di Indonesia Ada Byk Juga Tuh Yg Fans AKB48, Jadi Mereka Bisa Nerima Itw Dengan Baik...
    Liat Aja SNH48 Ada Nggk Yg Pake Bahasa Jepang... Hadeeeh...
    Itw Yg Membuat Orang Internasional (Khususnya Jepang) Pada Males Ngefans, Mlz Bahas, Kgk Tw Artinya... Klo JKT48 Kan Ada River Aja Kgk di Ganti Sungai Jadi Di Terima Dengan Baik Pass Konser Di Jepang Dolo... Malah Dapet Respon+ Dari Member AKB48... Lebih Energic Lagi... SNH Menang Budget Doank... JKT48 Menang Popularitas...

    Dan Artikel Lhu, Lhu Itw Ngebandingin Apa Berat Sebelah Sih Om...???
    Kok Gambar SNH Doank Yg Ada JKT48 Kgk Ada...???
    Lhu Orang Sini Kan...??? Heran Gua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang saya maksud di bagian lirik itu adalah penggunaan engrish yang sebenarnya bisa dilafalkan secara english oleh member JKT48. Bukan soal lirik yang diganti seluruhnya.
      Lagipula kalau soal diterima secara internasional, kemungkinan fans luar Jepang (dan Indonesia) tentu lebih mengetahui lagu-lagu AKB48 ketimbang JKT48, karena memang lebih terkenal dan gampang diakses melalui internet.

      Masalah soal orang Indonesia atau bukan tidak terlalu relevan sepertinya, karena bagaimanapun JKT48 maupun SNH48 merupakan brand dari Jepang (AKB48) yang dipasarkan secara 'lokal' di dua negara tersebut.

      #imho

      Hapus
  62. Stelah baca sih sbnre "cukup" netral tp ttp ada berat sbelahnya, wkw aplg stelh baca sluruh komen kliatan bgt berat sblhnya... Dimana mana ga da yg netral klo hati sdh suka sama salah satu... Sama aja kaya pacar...wkwkw... Inimah fanwar ajah...penuh arogansi masing2... Sebagai BKN fans keduanya demikian komentar saya wkakaka... Saya org awam cuma liat bbrp MV mreka doang ekakaka

    BalasHapus
  63. SNH48 Lebih Banyak Cewe Cansnya Dibanding JKT48

    BalasHapus
  64. Klo opini ane si lbih bgus jkt48 gan soalny jkt48 powerny lebih dikluarin,dan saran ane ya gan mending gk ush di beda2in antara dua2ny,soalny nanti bsa buat antara fans jkt48 dan snh48 bsa jdi ribut,klo soal bhasa mah jgn dipermasalah kan,tpi skarang jkt48 mv ny lebih banyk dri snh48
    dan itu aja opini saya,arigatou

    BalasHapus
  65. Heran gue sama wotalay jkt ini masih saja ngejek snh. Kalau gitu sbg fans snh gue juga ikut komen. Fans jkt selalu bilang snh menang sponsor doang? Emang salah ya snh sponsor nya byk. Jumlah sponsor berbanding lurus dgn kualitas bro itu rumus dari zaman purba he...He. Berarti perusahaan tsb merasa penjualan produk mereka semakin bagus semenjak kerjasama dgn snh. Mana ada sih perusahaan besar mau mensponsori artis/ idol yg jelek. Apalagi idol di china jauh lbh banyak di banding di indo. Harusnya kalian (wota jkt) bertanya balik knp idol saya begitu susah nyari sponsor? He..He. Lucu emang fans jkt ini

    BalasHapus
  66. Ada lagi komen fans jkt yg aneh. "snh tdk bisa mengungguli jkt dari segi popularitas, bakat dan penampilan". Gue jawab 1. Bakat? Member snh yi jia ai baru2 ini menciptakan lagu sndri yg judul nya gein ni. Adakah member jkt48 yg bisa menciptakan lagu? 2. Penampilan? Kalau faktor ini sdh jelas bisa dilihat dari seifuku nya di setiap mv atau ketika mereka perform. Bahkan dlm hal ini snh unggul dari semua 48fam. 3. Popularitas? Bisa dilihat di youtube hampir setiap mv atau momen snh48 selalu ada subtitle nya entah sub jepang, vietnam, english, thailand bahkan Indonesia. Jkt48 ? Ha... Sub jepang saja msh minim. Trus dilihat dari pendaftaran member snh generasi 5 yg diikuti peserta dari berbagai negara, dan yg paling baru ketika ssk snh yg kedua ada wota kaya dari arab yg lgs dtg mendukung oshi nya kiku. Sdg kan jkt pendaftaran generasi ke berapa gitu gue denger sepi peminat shg diperpanjang.

    BalasHapus
  67. Soal lagu ori juga jkt ketinggalan jauh. Snh sdh punya 3 lagu ori sdg kan jkt? 1 saja gak ada. Soal go internasional? Snh sdh go internasional, bukti nya mereka pernah konser di korea dan Singapore, sdgkan jkt he..He gak pernah. Note : konser di jepang itu bkn go internasional krn snh dan jkt merupakan sister akb yg berasal dari jepang. Jadi kesimpulannya jkt ketinggalan jauh dari snh

    BalasHapus
  68. Tambahan terakhir aki-p memberi modal awal snh lbh besar dari jkt? Hmmm sumber berita dari mana itu? Tapi kalaupun benar, ya krn aki- p pintar dia tahu mana idol yg akan maju pesat dan mana idol yg susah maju alias jalan di tempat

    BalasHapus
  69. Soal lyric lagu jkt? Spt kokorono placard, ada kalimat "masukkan tangan dari mulut" ini bahasa apa ya? Gue aja yg org indo bingung. Mungkin ada wota jkt yg tau tlg terjemahkan dong ke gue bahasa gaul ala jkt ini. He..He. Sewa donk penerjemah yg bagus. Kan wota jkt bilang kl jkt sdh terkenal di dunia, masak gak punya duit utk sewa translator handal.

    BalasHapus
  70. Terakhir saran utk wota jkt. Anda fokuslah utk membesarkan jkt krn gue denger makin lama makin sepi penontonnya alias fans berkurang drastis. Kan anda sendiri yg bilang kalau jkt itu lemah di dana, hati-hati kalau keadaan trus begini bukan tdk mungkin theater nya bisa tutup. Tdk perlu anda ngejek snh48 . Walaupun kata anda snh jelek tapi gue yakin masalah bangkrut msh sgt jauh melihat kuat nya dana yg mereka punya. Kalau jkt wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cukup setuju dengan komentar anda. Saya adalah penggemar dari kedua grup, jadi saya tidak terlalu memberatkan ke satu pihak saja. Iya sih memang menurut info yang saya dapat, jumlah fans jkt48 udah mulai menurun. Biasalah orang indonesia gak konsisten. *apalah daya seorang fansfar 😢 apalagi snh48, makin jauh 😭* #abaikan

      Yang saya kurang setuju adalah komentar anda tentang original song snh48. Karna itu bukan lagu untuk grup dan yang buat lagunya juga bukan aki-p, jadi gak bisa disebut sebagai lagu original grup. Itu lagu bukannya lagu buat iklan suatu produk ya?

      Jadi kalo misalnya jkt48 dibuatkan lagu buat iklan suatu produk, bisa dibilang lagu original jkt48 juga kah? Terus kalo ada salah satu member yang buat lagu untuk kepentingannya sendiri dan ngajak member lain buat ikutan nyanyi, apa termasuk lagu original? Itu memang lagu originalnya sendiri tapi bukan lagu original grupnya. *perasaan saya nanya sendiri, jawab sendiri ya(?)😒 #abaikan

      Itu cuma opini saya sih. Karna setahu saya itu bukan lagu yang masuk dalam track list cd snh48. Kalo lagu original snh48 grup pasti yang buat aki-p.
      (Tapi lagu member yang judulnya yuan jin shijian enak ya. Kerasa budaya tiongkoknya. Dan suara di mv nya juga gak secempreng yang biasanya dibawain rame-rame.) *ok abaikan semua curcol gak penting dari saya #piss ✌😁

      Hapus
    2. Itu jelas lagu ori milik snh sis walaupun bkn buatan aki p. Emang lagu 48 hrs buatan aki p? Anda hrs bisa bedakan antara single dgn jingle. Lagu iklan jkt itu jingle yg cuma bbrp detik aja lagian jingle nya sdh sgt umum dan sdh di nyanyikan artis lain sblm jkt

      Hapus
    3. Itu jelas lagu ori milik snh sis walaupun bkn buatan aki p. Emang lagu 48 hrs buatan aki p? Anda hrs bisa bedakan antara single dgn jingle. Lagu iklan jkt itu jingle yg cuma bbrp detik aja lagian jingle nya sdh sgt umum dan sdh di nyanyikan artis lain sblm jkt

      Hapus
  71. aduuh snh48 aja udah bikin BEJ48 sama GNZ48 jkt48 kapan ya ?

    BalasHapus
  72. Admin!!! Sekali2 bikin artikel tentang jkt48 dong!!! Masa snh48 truss yang dibahas? Review mv dan segala macam semua tentang snh48. Trus bilangnya gak berat sebelah. Kalo gitu apa itu bukan berat sebelah namanya?

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lu tau apa sih ttg kerja keras member snh48? Menurut gue mereka paling bekerja keras di bandingkan sister lain nya apalagi cuma di banding Jkt48. Jkt48 itu yg gak pantas jadi idol lihat saja member nya cuma tukang buat skandal. Apa prestasi Jkt48 selama ini? Nol besar. Lagu ori juga gak punya sedangkan snh48 sdh puluhan

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Iya, saya mengerti. Sepertinya snh sudah lebih baik dari sebelum2nya. Tapi kalo dibilang snh dapat sponsor banyak karena kualitas kayaknya gak juga. Karena diawal2 debut mereka yang masih belum begitu 'greget' dan populer, mereka dah punya banyak sponsor. Itu berarti sponsor itu bukan karena mereka dah bagus dan populer, tetapi karena untuk mendokrak kepopuleran dan kualitas mereka, sehingga diberi sponsor yang bejibun.
      Saya pernah search di google dengan kata 'top asian idol group' trus ada website berbahasa inggris kalo gak salah judulnya: Topten.com, disitu malah sesuatu yang mengejutkan karena jkt48 diposisikan pertama sebagai idol group paling top se-Asia. Yang ke2 akb trus yang paling mengejutkan snsd diposisi ke3. Snh48 kalo gak salah diposisi 13 ato 15 dari yang lain. Kalo ini situs dari barat (mungkin Amerika) berarti jkt lebih diakui kualitasnya dibanding snh48. Disitu juga dimuat beberapa komen berbahasa inggris yang memuji kualitas jkt. Walaupun sebenarnya saya bingung juga ma itu situs karena akb dan snsd diurutan ke2 dan3.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Gue malah curiga tuh situs fjkt sendiri yg buat. Kalau memang situs top Asian itu situs resmi kualitas international kok bisa msh ada SDN48? Bkn nya SDN48 udah lama bubar. Dan situs nya kok sederhana bgt gak seperti situs artis dunia lainnya.

      Hapus
    7. Yg kedua soal sponsor. Ya emang snh awal di bentuk pun sponsor uda byk berarti kita hrs puji management snh yg bahkan snh blm debut tapi sdh bisa meyakinkan sponsor kalau ini group bakalan sukses. Memang di awal awal jkt lbh unggul dari snh dan menurut ku itu wajar krn ada selisih waktu 1 thn tapi yg kita bicara kan adlh masa kini di mana snh sdh bisa membentuk sister internal mereka yaitu BEJ48 dan GNZ48 dan mempunyai puluhan lagu ori sdgkan jkt yg lbh tua jgnkan sister internal,lagu ori satu pun blm punya

      Hapus
    8. Soal skandal jkt, masa anda tdk tahu? Saya yg bkn fans jkt saja tau skandal jeje, nina, delima, nabilah, ayana dan yg lain gue lupa. Lu cek saja, ketik Google skandal member jkt bahkan di YouTube pun banyak

      Hapus
    9. Soal pernyataan lu yg bilang snh spt anak manja itu salah besar gan. Lu pernah lihat tdk mv snh skeeter Davis di situ menceritakan SEBAGIAN KECIL perjuangan snh meraih sukses dan kalau mau lihat yg lbh lama bisa di anniversary 1 thn snh ( sdh ada di YouTube). Justru sory yg kelihatan manja tuh member jkt lihat saja pernyataan eks member jkt spt cleo, sonya.

      Hapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  75. Snh48 memang telah berusaha menjadi lebih baik. Tapi kayaknya terlalu lebay kalo dikatakan paling bekerja keras dibanding sister lainnya.
    Karena officialnya liat snh48 susah berkembang makanya dikasi sponsor yang bejibun. Karena idol grup jepang di china yang pertama adalah mereka, sehingga otomatis belum punya saingan. Sehingga dianggap peluang besar bagi investor. Tapi karena diprediksikan sulit untuk populer karena skill mereka masih minim diawal2, sehingga didompleng dengan sponsor yang banyak.
    Sekiranya jkt48 memiliki sponsor yang banyak dan manejemen yang baik sebagaimana snh, pasti jkt48 lebih populer dan baik lagi dari sekarang. Kalo sponsornya snh lebih banyak dan teater yang lebih bagus dari akb, seharusnya bisa mengimbangi popularitas dan kualitas akb48. Atau paling tidak bersaing dengan jkt48 yang menurut anda lebih buruk. Tapi kenyataannya jkt48 saja yang lebih 'miskin' masih lebih populer dari mereka. Mungkin dana mereka peroleh hanya digunakan untuk kualitas teater, mv dan konser tapi bukan untuk performa membernya. Tampak sekali dari mv uza dan mv2 yanglainnya yang seharusnya dalam mv itu terlihat sempurna tetapi justru sangat nampak sekali kekurangannya. Dikonsernya pun mereka masih dibantu additional dancer lelaki biar keliatan keren dancenya. Itu yang menurut saya mesti perlu ditingkatkan lagi kualitas membernya, karena seharusnya seperti yang anda katakan sponsor besar berarti kualitas mesti lebih baik lagi dong.!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ini bukan hinaan untuk snh, tapi seperti bentuk kekecewaan saya terhadap mereka. Yang maksud saya itu hanya menyayangkan pihak manajemen dan sponsor yang sepertinya tidak berusaha meningkatkan performa tiap membernya untuk bersaing dengan grup lainnya tetapi justru seperti menutupi kekurangan2 dengan kemewahan sehingga yang tampak hanya kualitas dari segi mv, teater dan bukan dari segi performa.

      Hapus
    2. Waduhh coba nonton perform SNH yg skrg gan barj ngehina gitu...
      Coba cek dulu Memba SNH live nyanyi Rolling in the deep by Xu Chenchen baru menghina kualitas vokal SNH. Akting juga? Hmm memba SNH skrg udah banyak tawaran main film, bahkan ada film berkualitas internasional. Laa JKT? wkwkwkwkw lipsing juga kok jgn slalu menghina/merendahkan SNH.

      Hapus
    3. Setuju dengan mba nancy :)

      Hapus
    4. Iya, saya juga setuju, saya sudah bilang kalau snh48 dah lebih baik dari sebelumnya. Cuma performa dari segi dance masih jauh dari harapan. Dancenya masih biasa dibantu sma additional dancer.
      Saya juga dah comment diatas kalo kekurangan jkt yang sampe sekarang masih juga lipsync. Gak tau sampe kapan.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...