Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

9 Februari 2016

Idol Grup Jepang Anti-Mainstream


Bila membicarakan tentang idol grup asal Jepang, maka pikiran kita orang pada umumnya akan memikirkan idol grup wanita semisal AKB48 atau Morning Musume, karena dua nama itu bisa dibilang sebagai pionir kepopuleran idol grup di kancah dunia.

Namun seiring berjalannya waktu, idol grup tidak melulu soal kumpulan gadis-gadis cantik/imut. Manajemen negeri Sakura pun berusaha keras untuk menciptakan genre baru agar idol grup yang mereka promosikan berhasil mendapatkan popularitas.

Berikut tiga idol grup yang berhasil keluar dari pola pikir idol grup yang terdiri dari gadis-gadis cantik/imut.


BABYMETAL


Sejak memulai debut pada tahun 2013 melalui single 'Ijime, Dame, Zettai', BABYMETAL menjadi bukti nyata bahwa konsep idol bisa digunakan untuk 'menantang' genre musik metal yang memiliki fans diseluruh dunia lebih banyak dan lebih tua ketimbang penikmat musik idol. BABYMETAL juga mungkin menjadi satu-satunya idol grup yang berhasil tampil di acara musik metal semisal Summer Sonic dan Sonisphere.

Konser mereka pun lebih cocok dikatakan sebagai konser musik metal ketimbang konser idol, dimana para fans BABYMETAL kerap membuat moshing pit karena memang musik BABYMETAL mendukung untuk melakukan hal tersebut. BABYMETAL adalah bisa dibilang adalah pionir dari genre kawaii metal.


MOMOIRO CLOVER Z


Saat kebanyakan idol grup wanita Jepang mendapatkan popularitas dari para cantik/imut mereka yang dipadu dengan penjualan merchandise, maka Momoiro Clover Z mendapatkan popularitas mereka dari aksi panggung. Mendeklarasikan diri sebagai King of Live, Momoiro Clover Z selalu memberikan penampilan LIVE yang berbeda dibanding idol grup wanita lainnya.

Pernahkah kalian melihat ada pertempuran ala sentai, pertandingan sepakbola hingga idol yang makan jajanan tradisional Jepang saat menggelar konser dan hal-hal 'aneh' lainnya ketika menggelar konser namun para fans tetap antusias? Momoiro Clover Z mampu melakukannya, bahkan kemungkinan para member pun tidak mengetahui bagaimana rundown acara yang sebenarnya dikonsepkan oleh manajemen mereka.


LADYBABY


Ladybaby secara konsep mirip dengan BABYMETAL, faktor pembedanya adalah sang frontman yang bisa dibilang sangat jauh dari kesan cantil/imut, well actually frontman Ladybaby bahkan bukan perempuan. Selain dari frontman mereka yang sangat happening di Jepang (dan juga dunia), Ladybaby juga merupakan idol grup yang meraih sukses dengan genre kawaii metal.

Bayangkan saja dua gadis imut yang harus menemani cross-dresser asal Australia yang menggabungkan pro-wrestling dengan vokal musik metal, dan tak lupa dengan kostum mereka yang tak jauh dari kesan imut. 

12 komentar:

  1. Dari awal kemunculan BABY METAL, udah suka banget sama lagu-lagunya, meskipun ga ngerti, tapi bolehlah. Kalo yang lainnya malah baru tau hehe. :D

    BalasHapus
  2. Keren-keren, Jepang tuh kreatif ya, selalu coba bikin sesuatu yg baru

    BalasHapus
  3. Ladybaby..nggak kuat... Nggak berani natap frontmannya lama-lama.. takut suka.. #Lah

    Jepang, jepang, semua diulik.
    Cuma pernah denger yang babymetal yang featuring sama siapa sih band metal tuh.. dragon force.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang saja mz Jakur, sudah banyak kok netizen/commoners yang suka sama Ladybeard #lah

      Yang "Road of Resistance" berarti yah :3

      Hapus
  4. IJIMEEEE DAMEEEEEEE ZETAINIIIIIIIIIIII~

    Salam dari fans Babymetal. Ehe :D Sakura Gakuinnya juga suka. Yey \m/

    BalasHapus
  5. nah ini kraetiviats jepang yg bikin orang kita kesengsem

    BalasHapus
  6. ketiga-tiganya tetep keliatan cewek-cewek imut kok. yang terakhir juga -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terakhir itu imut maksimal ( '0')b

      Hapus
  7. Waaah Babymetal mah selalu imut imut. Tapi kalah imut sama frontmannya Ladybaby. Gakuku maz...

    BalasHapus
  8. baby metal cuma yang gue suka,selain nya baru denger

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...