Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

30 September 2016

"Money and Intellegence" Diangkat Menjadi Versi Manga


Bagi kalian yang pernah membaca manga maupun menonton anime/movie live-action Bakuman, tentu tidak asing dengan manga karya Ashirogi Muto berjudul "Money and Intellegence". Dalam versi live-action-nya sendiri manga ini akhirnya menjadi penutup cerita ketika Money and Intellegence berhasil merebut peringkat pertama dari Crows milik Niizuma Eiji.

Kemudian beberapa hari lalu, pihak Shounen JUMP telah merilis manga 'baru' berjudul 'Money and Intellegence', dan apabila melihat dari bentuk karakternya, maka jalan cerita Money and Intellegence versi live-action yang akan digunakan. Uniknya, nama mangaka dari manga ini adalah Ashirogi Muto yang merupakan pen name yang digunakan kedua karakter utama dalam anime/manga/movie Bakuman.

Ya, penggunaan nama mangaka fiktif yaitu Ashirogi Muto (yang merupakan akronim dari empat karakter serial Bakuman) membuat banyak orang bertanya-tanya apakah manga ini masih berada dibawah arahan Tsugumi Ohba (story) dan Takeshi Obata (ilustrasi) atau diserahkan kepada orang lain (contoh, manga Boruto yang hanya 'diawasi' oleh Masashi Kishimoto-sensei). Namun bila melihat style gambar pada chapter pertama, dapat dikatakan masalah ilustrasi masih dipegang Takeshi Obata-sensei.

Sekarang pertanyaannya adalah, mengapa menggunakan nama Ashirogi Muto? Mungkin akan terasa masuk akal apabila Ohba-Obata-sensei menggunakan nama Ashirogi Muto sebagai pen name mereka, tapi ternyata tidak demikian. Ashirogi Muto sendiri dalam manga 'Money and Intellegence' ini merupakan dua mangaka, yaitu Akito Takagi  (story) dan Moritaka Mashiro (ilustrasi).

Akito Takagi dan Moritaka Mashiro
Entah karena urusan hak cipta, karena 'sebenarnya' Money and Intellegence adalah hasil karya Ashirogi Muto (Akito dan Mashiro) maka Ohba-Obata-sensei enggan menggunakan nama mereka kala membuat manga ini, then again, Akito, Mashiro dan semua karakter Bakuman adalah karakter fiktif yang diciptakan oleh Ohba-Obata-sensei.

Well, terlepas dari siapa yang berada di balik layar (dan mengapa menggunakan nama Ashirogi Muto) pembuatan manga Money dan Intellegence ini, setidaknya hal ini menjadi angin segar pada fans manga-manga yang ada dalam manga/anime Bakuman. Setidaknya dengan munculnya manga Money and Intellegence ini, para fans 'manga' lain semisal Detective Trap, Kiyoshi Knight, Crows dan bahkan mungkin Reversi akan mengikuti jejak Money and Intellegence, dengan catatan kalau manga tersebut dapat mengimbangi kualitas dua manga populer Ohba-Obata-sensei sebelumnya, Death Note dan Bakuman.


MANGACEPTION IS REAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...