Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

28 Januari 2019

Virtual-san wa Miteiru, Mengenal Virtual YouTuber Melalui Anime


Semenjak meledaknya popularitas Kizuna Ai sebagai virtual YouTuber (selanjutnya disingkat menjadi V-Tubers), populasi V-Tubers dari negeri matahari terbit mulai menjamur hingga mereka dapat menciptakan sebuah komunitas V-Tubers sendiri. Dan anime sebagai salah satu media paling efisien dalam mempopulerkan budaya pop kultur Jepang akhirnya mengikuti trend V-Tubers dengan menayangkan anime berjudul "Virtual-san wa Miteiru".


Apa itu virtual YouTubers?

Bagi kalian yang asing dengan V-Tubers, V-Tubers pada dasarnya sama seperti YouTubers yang ada di situs YouTube kebanyakan. Hal yang membuat mereka berbeda adalah fakta bahwa mereka merupakan avatar 3D yang tercipta melalui teknologi motion capture dari 'aktor' yang membawakan karakter mereka. Lagi-lagi, kemajuan teknologi di Jepang yang membuat V-Tubers ini menjadi hal yang "umum" ditemukan pada komunitas pop kultur Jepang.


Kembali ke "Virtual-san wa Miteiru"

Meskipun dibilang "anime", namun "Virtual-san wa Miteru" lebih kepada menunjukkan keunikan para V-Tubers yang muncul di acara ini. Karakteristik para V-Tubers ditampilkan dalam beberapa sesi dimana mereka tampil sendiri atau bersamaan dengan V-Tubers lainnya. Para V-Tubers utama yang menjadi 'ikon' dalam anime ini adalah Mirai Akari, Denno Shojo Siro, Tsukino Mito, Tanaka Hime, Suzuki Hina, Nekomiya Hinata, dan penyanyi veteran enka Sachiko Kobayashi. Selain itu, pada beberapa segmen acara juga menampilkan V-Tubers lainnya meskipun fokus utama dari anime ini masih pada para V-Tubers 'ikon' tersebut.

Secara garis besar, anime bisa dibilang sebagai proyek kolaborasi para V-Tubers untuk mempromosikan diri (baca; channel) mereka melalui kolab besar-besaran dan tentunya menggunakan efektivitas anime sebagai media pemasaran. Anime ini bisa dibilang cukup niche, karena apabila kalian tidak memiliki V-Tubers idola maupun ketertarikan dengan trend V-Tubers, maka anime ini mungkin terasa agak membosankan bagi kalian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...