Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

3 Agustus 2011

Not For Kids Anime

Entah kenapa gua selalu risih ketika ada orang yang bilang :
"masih jaman nonton kartun Naruto ? udah kaya' anak kecil"
Well, for your information, yang namanya kartun sama anime itu jauh beda. Kartun itu adalah animasi asal Amerika, kenapa disebut dengan sebutan kartun ? Jangan tanyakan kepada gua, mungkin karena mayoritas disiarkan via Cartoon Network makanya disebut kartun oleh sebagian besar umat dunia.

Sedangkan anime ? Anime adalah tayangan animasi yang berasal dari negara sakura ; Jepang, sebagaimana hal nya dengan kartun, gua juga kurang mengerti (baca: tidak tahu) kenapa animasi di Jepang disebut anime. Apa karena animasi di Jepang disingkat menjadi anime ataukah anime itu adalah bahasa Jepangnya animasi, tidak ada yang tahu. Tanyakan saja pada rumput yang berdansa.



Anyway, sesuai dengan judul entri ini, gua akan menunjukkan salah satu perbedaan besar antara kartun dengan anime. Kalau misalkan kartun itu menurut pengamatan gua penuh dengan hal-hal absurd dan intinya adalah membuat penontonnya tertawa. Sedangkan anime kebanyakan bergulir dengan cerita-cerita "berat" dan beberapa diantaranya tidak/kurang layak menjadi konsumsi anak dibawah umur.

*meski pun tidak semua kartun maupun anime seperti yang gua sebutkan di atas

Berikut adalah beberapa anime yang kurang layak menjadi konsumsi anak-anak (emang mau dimakan ?)

HELLSING

"Immortality is wasted on the young"
- Alucard -

Ini bukan versi animasi dari film Van Hellsing, film ini menceritakan tentang perjuangan Hellsing Institute yang berada di langsung di bawah perintah Kerjaan Inggris untuk melindungi Kerajaan Inggris dari segala macam ancaman supernatural dan mistik. Hellsing Institute dipimpin oleh Sir Integra Fairbrook Wingates Hellsing, yang meski pun wanita tapi ia memiliki gelar kebangsawanan "Sir" yang umumnya diberikan pada pria. Hellsing memiliki dua senjata ampuh, yaitu seorang pelayan dan mantan tentara perang ; Walter C. Doneaz dan seorang (atau sebuah ? seekor ? sesuatu) vampir bernama Alucard, kemudian ada tambahan vampir baru bernama Ceras Victoria, yang dijadikan vampir oleh Alucard saat ia akan dibunuh oleh ghoul.

Anime ini menyajikan adegan pertempuran yang full blood and gore, dimana adegan bagian tubuh manusia terputus dan darah berserakan (bukan bertetesan loh ya) dimana-mana menjadi pemandangan umum di anime ini. Belum lagi masalah agama (atau bisa gua bilang ; sangat rasis) yang sangat kental akibat penuhnya intrik soal kepercayaan soal keberadaan vampir itu sendiri.


AIR GEAR

"I’ll quit when I break the machine. Okaay?"
- Itsuki "Ikki" Minami -
Apa jadinya jika manusia memiliki sayap ? Anime ini menceritakan tentang manusia yang berhasil mendapatkan "sayap" (bukan secara harfiah) bernama Air Track. Itsuki "Ikki" Minami mendapati bahwa gadis-gadis yang tinggal bersamanya memiliki koleksi Air Track di rumahnya, Air Track yang saat itu menjadi trend di kalangan muda Jepang berhasil membuat Ikki tergila-gila, hingga akhirnya ia nekad mencuri Air Track kepunyaan Rika, gadis paling tua sekaligus paling kuat diantara mereka yang tinggal di rumah Ikki (Ikki termasuk kaum tertindas di rumahnya). Ikki yang menyukai Air Track karena terpesona pada Simca, gadis yang selalu ia lihat "terbang" bebas menggunakan Air Track, hingga akhirnya Ikki semakin terlibat dalam dunia Air Track dengan julukan sebagai "Storm King"

Anime ini bisa dibilang anime semi-ecci, hal ini disebabkan karena banyaknya adegan-adegan ecci mau pun kata-kata kasar (biasa dikeluarkan oleh Agito). Selain itu sisi ecci dari anime ini juga terlihat sangat ditonjolkan. Buktinya salah satu stasiun televisi nasional yang dulu pernah menayangkan Air Gear terpaksa menariknya dari peredaran karena banyaknya kecaman terhadap anime ini dari masyarakat kita.


DEATH NOTE

"No matter how gifted you are..
You alone cannot Change the World"
- L -

Yagami Light menemukan buku dewa kematian yang terjatuh di dunia nyata. Meski pada awalnya ia menganggap itu hanya sebuah tindakan iseng, ia pun mencobanya, ia kemudian terkejut setelah mengetahui bahwa ia benar-benar telah mendapat buku kematian milik shinigami (dewa kematian). Berdasarkan peraturan buku tersebut, nama siapa saja yang ditulis dalam Death Note akan meninggal dalam waktu 40 detik. Dengan menggunakan Death Note, Light pun menjadi "Kira" sosok yang menghakimi semua penjahat yang ada di Bumi dengan hukuman mati, itu sesuai dengan tujuan Light yang ingin menjadi dewa di dunia baru ciptaannya yang terbebas dari orang-orang jahat yang tidak pantas hidup menurutnya. Sampai akhirnya Light menemukan lawan sepadan bernama "L". L adalah detektif terbaik dunia, ia dikirim untuk menghentikan tindakan Kira yang membunuh massal semua penjahat di dunia, hingga akhirnya pertempuran kepintaran antara L dan Kira tak terelakkan lagi.

Anime ini terasa sangat susah untuk dipahami anak-anak, hal ini karena Death Note menyajikan "pertempuran" pikiran dan logika dalam ceritanya. Berbeda dengan anime-anime yang langsung menampilkan pertempuran fisik antar karakternya, Death Note membuat penikmatnya tertarik dengan banyaknya plot cerita dan strategi-strategi yang digunakan Kira dan L dalam mengungkap identitas musuh mereka masing-masing.


EVANGELION

"Hey Shinji, do you want to kiss me?"
- Soryu Asuka Langley -
Sekilas anime ini mirip dengan anime-anime seperti Gundam, tapi bagi mereka yang beranggapan alur cerita Evangelion akan sama seperti Gundam, maka kalian salah besar. Cerita dimulai ketika Shinji Ikari sampai di Tokyo 3 akibat dipanggil oleh ayahnya, Shinji yang belum pernah sama sekali bertemu dengan ayahnya menjadi sangat kikuk ketika menginjakkan kaki pertama kali di Tokyo 3. Tapi ternyata Tokyo 3 langsung mendapat serangan angle, sesosok monster yang langsung menghancur-leburkan Tokyo 3. Ternyata alasan kenapa Shinji dipanggil oleh ayahnya ialah untuk menjadi pilot EVA yang akan digunakan dalam pertempuran melawan angle. Sanggupkah Shinji memeuhi permintaan ayahnya ?

Anime ini mengupas habis tentang kehidupan remaja, dari sisi terbaik sampai terburuknya. Mulai dari pertengkaran kecil soal bekal makan siang hingga pengkhianatan seseorang yang kamu anggap akan menjadi pasangan hidupmu, belum lagi ayahnya Shinji ; Gendou Ikari yang berhati dingin, dimana ia rela menyuruh anak berumur 14 tahun untuk terlibat perang melawan angle. Belum lagi ada beberapa adegan semi-ecci dan darah berceceran (sampai membanjiri satu desa) ketika pertempuran antara EVA melawan angle.


-------------------------------------------

Memang kartun seperti Superman maupun Batman dan man..man..man lainnya yang menggunakan celana dalam diluar juga bukan pemandangan yang enak untuk dilihat oleh generasi muda penerus bangsa, tapi dengan sajian cerita yang (lumayan) mudah diikuti menjadikan kartun cukup layak dikonsumsi oleh anak kecil.
 
Tapi bagaimana dengan anime ?
 
Seperti yang gua tulis, beberapa anime jalan ceritanya cukup rumit untuk diikuti, sebut saja Naruto yang menjadi semakin kompleks di tiap episode barunya. Maka bagi readers yang masih anak-anak maupun yang dibawah umur, sebaiknya ditemani oleh orang tua mereka dalam menonton anime, dan para orang tau jangan biarkan anak anda menonton anime dengan sendiri dengan alasan anime itu hanya tontonan anak-anak yang tidak mengasah otak (kalau mau suruh orang tua kalian baca Death Note dulu sampai tamat).

SEKIAN
THANKS FOR READING ^^



Sumber :
- gambar dari google
- Hellsing's quotes dari http://www.imdb.com/
- Air Gear's quotes dari http://www.wikidbs.com/
- Death Note's quotes dari http://www.animequotes.net/
- Evangelion's quotes dari http://www.tv.com/

4 komentar:

  1. Wow. Ulasan yang menarik sekali. Saya sungguh ni baru tau bahwa itulah 'beda'nya anime dan kartun. Nice info gan.
    Oia,soal air gear entah kenapa belum tamat tp versi animenya berhenti..

    BalasHapus
  2. Anime Ecchi memang akhir2 ini banyak banget...salah satu yg paling berkesan buat gua adalah B Gata H Kei, anime romance comedy yg bercerita tentang seorang cewe yg ingin cepat2 melepas keperawanannya...;p

    Tapi ya, anggap saja sex education ;p

    BalasHapus
  3. emang bener sih, tapi kan biasanya suka ada kodenya juga.
    ada R buat remaja. ada SU buat semua umur. ada D buat dewasa.
    jadi bisa diseleksi juga seblom dinikmati.

    BalasHapus
  4. @Euis : soal Air Gear ane kurang begitu paham. Mungkin karena kontennya yang "dewasa:


    @Kenni : *brb searching


    @orank16 : emang ada, tapi terkadang yang menikmati (khususnya di negara ini) batasan umur tersebut tidak terlalu diperhatikan orang tua. CMIIW

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...