Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

31 Juli 2012

Game PS1 Paling Berkesan

Bagi mereka yang lahir di tahun 90-an, pasti mengenal console game yang satu ini. Yap, console game yang sempat menjadi primadona tunggal di pasaran ini pasti telah menjadi salah satu bagian hidup dari mereka yang lahir atau tumbuh besar di tahun 90-an.

Termasuk saya sendiri, playstastion merupakan console game kedua yang saya miliki setelah Nintendo SNES. Masih teringat saya mendapatkan console playstation ini karena berhasil menyabet peringkat ketiga di kelas ketika berada di kelas 3 SD.

Dengan memiliki playstation pada masa jayanya, saya juga merasakan berbagai jenis dan judul game yang menjadi hits dikalangan para gamer saat itu. Berikut adalah beberapa game yang masih berkesan bagi saya, bahkan sampai saat ini.


DIGIMON WORLD 3


Seri ketiga dari game Digimon yang berjenis RPG. Berbeda dengan Digimon 1 yang hanya diberikan satu Digimon untuk kemudian dilatih atau Digimon 2 yang mengharuskan kita menangkap digimon liar untuk dijadikan party, game Digimon World 3 ini memberikan satu tim (terdiri dari tiga digimon) yang akan membantu kita dalam petualangan. Agak mirip pokemon karena kita diharuskan mencari lencana (badge) dari pemimpin kota untuk menjadi tamer terkuat.

Game ini berkesan karena 'bencana' yang saya alami ketika akan menghadapi final boss. Dimana data save-an game ketika tinggal melawan final boss harus corrupt karena mati lampu saat sedang menyimpan permainan. Hal yang membuat saya masih belum sempat menamatkan game ini.


DIGIMON DIGITAL CARD BATTLE


Disaat genre card-battle yang dipopulerkan Yu-Gi-Oh meledak di pasaran, ternyata seri digimon juga ikut serta dalam persaingan di genre game card-battle ini. Maka game Digimon Digital Card Battle pun rilis ke pasaran. Game ini menceritakan tentang seorang pemain digimon card-battle yang ingin menjadi pemain digimon-card battle terkuat.

Game ini berkesan bagi saya karena saya telah (sepertinya) menamatkan dengan sangat sempurna. Dari segi cerita utama sudah diselesaikan dan cerita tambahan setelah game aslinya tamat pun sudah diselesaikan. Belum lagi rekor pertandingan yang belum tersentuh kekalahan dan koleksi kartu yang sudah lengkap, membuat game ini menjadi game (sepertinya) pertama yang saya selesaikan 100%.


DIGIMON RUMBLE ARENA


Masih dengan seri Digimon, kali ini bertipe fighting. Game ini memungkinkan kita mengendalikan satu digimon untuk bertarunf satu lawan satu dengan digimon lainnya (bisa CPU atau teman). Di awal permainan kita hanya bisa menggunakan bentuk rookie dari para digimon, namun apabila telah menamatkan story/arcade mode nya, maka kita dapat menggunakan versi mega dari digimon tersebut. Belum lagi ada jenis-jenis digimon khusus lainnya seperti Imperialdramon Paladin mode dan Omnimon.

Game ini berkesan karena enak dimainkan berdua. Pertempuran paling menarik bagi saya dan teman ialah pertarungan antara Wargreymon melawan Black Wargreymon. Karena jurus kedua digimon ini cukup identik, maka skill dalam menggunakan masing-masing karakter sangat diuji (di game ini tidak bisa menggunakan digimon yang sama ketika bertarung).


FINAL FANTASY VII


The best RPG game in history. Setidaknya itu yang saya pikirkan tentang game Final Fantasy VII ini. Mulai dari awal cerita yang terkesan 'sempit' hingga akhirnya malah menjadi perjalanan untuk menyelamatkan dunia. Belum lagi penggambaran karakter yang menarik, mulai dari karakter protagonis hingga antagonisnya yang membuat game yang menggunakan teknologi 3D pertama di console playstation ini menjadi salah satu masterpiece dunia game.

Dengan semua keunggulan yang dimilikinya, masih perlu bertanya mengapa game ini berkesan? Well, menurut pribadi saya belum merasakan kepuasan maksimal kala memainkan game ini, hal ini dikarenakan saya belum pernah mengalahkan Emerald Weapon dan Diamond Weapon, dua optimal boss paling sulit ditaklukkan dalam sejarah game PS1.


RHAPSODY : A MUSICAL ADVENTURE


Bukan, bukan, ini bukan game khusus cewek. Memang dari cover dan karakter yang kita gunakan berjenis kelamin perempuan, namun dengan gaya RPG dan artwork Atlus yang memang sudah saya sukai sejak lama membuat jatuh cinta pada game ini menjadi hal yang mudah. Game ini bercerita tentang Cornett yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan boneka yang ingin mewujudkan cita-citanya menikah dengan pangeran impiannya.

Game ini berkesan karena selain disuguhi dengan jalan cerita dan gameplay yang menarik, juga menambahkan elemen musik yang enak dinikmati, baik versi Jepang maupun versi Amerikanya menyuguhkan musik dan lagu yang menarik untuk didengar.


SUIKODEN II


In my opinion, ini adalah seri Suikoden terbaik dari kelima seri yang telah rilis. Suikoden II unggul dalam hal cerita dan kedalaman karakter yang diceritakan, selain itu melihat perjuangan si karakter utama (Riou) untuk mendirikan sebuah negara untuk menghadapi negara tiran yang meneror negeri menjadi poin lebih game ini, meski minim (bahkan tidak ada) bumbu-bumbu percintaan.

Game ini berkesan karena trademark game Suikoden, yaitu ada 108 karakter yang bisa direkrut menjadi party. Karena setiap karakter memiliki syarat dan batas waktu tertentu untuk direkrut, maka pencarian ke 108 karakter untuk mencapai best ending menjadi nilai lebih dari setiap seri game Suikoden, khususnya Suikoden II ini.


**

Itu dia beberapa game PS1 yang masih berkesan sampai sekarang, kebanyakan game tersebut berkesan karena cerita yang ditawarkan game tersebut (maklum, saya RPG gamer). Kalau kalian sendiri, game PS1 apa yang masih berkesan sampai saat ini?



35 komentar:

  1. wiih, gue demen digimon 3 tuh.. udha dewa gue dulu.
    kalo digimon card battle make GS. Mencet kotak hp langsung 999999 :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah dewa juga sih, tapi yah itu,, save-an hilang #mewek.
      Digimon Card Battle gua main jujur looh :3

      Hapus
  2. suka digimon ya bang, heheu sama
    ane suka main yg ke 3, minigamenya seru. battle card
    pernah tamat sekali, ulang lagi malah kurang semangatnya ._.

    pernah main semua, kecuali RHAPSODY : A MUSICAL ADVENTURE


    paling berkesan emang suikoden 2, cerita antar 2 sahabat yg konflik karna takdir mereka mendapat pecahan rune of beginning, pertama main waktu kelas 4 SD, gue bingung waktu itu bahasa inggris masih kurang bisa, yaudah main bawa kamus, jadi bisa ngerti bahasa inggris berkat game, dibelain tamatin ini..
    ceritanya top, ga kalah sama drama. epic

    ada lagi game RPG yg berkesan buat ane, FF9, legend of legaia, dan vanguard bandit. cobain deh main di emu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lingkungan membuat ane fanatik sama digimon ._.

      Bener tuh, story Suikoden 2 epic. Meskipun udah tamat tapi nagih pengen dimainin ulang. Kalau gua game yang dibelabelain sambil baca kamus itu Breath of Fire IV.

      Semua udah pernah dimainin kecuali Vanguard Bandit, gua pernahnya malah Panzer Bandit #beda.

      Hapus
    2. vanguard bandit game mecha RPG abad pertengahan

      bayangin Gundam dicampur dengan knight, archer, wizard...

      yg pasti no gun, just sword, lance et5c. epica stella kalo versi jepangnya

      Hapus
    3. *berminat*
      *brb cari emulatornya*

      Hapus
  3. Wakakak gue kira gue doang yg maen Rhapsody! XD

    Oh iya Suikoden 2 mantep lah!

    Btw ada yg maen Vigilante2 ga? :/

    Yeah FFVII is a masterpiece!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, gua kira juga gua doang yang main Rhapsody :3

      Belum pernah main Vigilante2 .__.

      Hapus
    2. vigilante... second impact.. o-o-o-o-oooooo

      itu ost nya, seru gamenya perang mobil

      Hapus
    3. Bang Farid:
      Rhapsody soalnya kaya buat cewe bgt, btw musiknya lumayan sih LOLOLOL

      Shin:
      Vigilante2 anjrit itu game mantep walau grafiknya masih belom secakep sekarang XD

      Hapus
    4. Vigilante yang game mobil itu kan? gue suka main tuh XD

      Hapus
  4. Pernah mainin games diatas kecuali digimon card battle sama rhapsody, tapi gak ada yang sampai tamat. Maklum, tak punya konsol PS1.. ^_^ ..

    BalasHapus
  5. wohooo~
    digimon series ps 1 udah di icip semua bang :3
    dan yg paling paporit card battle sama Digimon world 3 .

    oh ia,
    masalah nyari badge didigimon world 3.
    kalo kita pake PAL version kita bakal bisa lanjutin game setelah lawan boss terakhir.
    beda sama USA version yg langsung tamat gitu aja -_-".

    oh ia bang.
    inget Pepsi Man? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Inget dong, itu kan Running Man before it was cool.

      Hapus
  6. okesip, jujur gua belum pernah mainin PS1 langsung loncat ke PS2. masa kecil suram

    BalasHapus
  7. Farid penggemar berat Digimon ya? Hahaha...ke-6 game di atas semuanya juga adalah favorit gua, hehehe

    BalasHapus
  8. kalo eke, hoshigami, digimon world, n legend of gaia

    BalasHapus
  9. kalo gue paling seneng mainin harvest moon :D

    BalasHapus
  10. harvest moon back to nature dong :))

    BalasHapus
  11. aku udah pernah maen semuanya ituu.. tapi yang paling berkesan buat aku itu FFIX, Legend of Mana ama Harvest moon BTN :3

    BalasHapus
  12. salam kenal, kunjungi balik ya :
    http://kubukakubaca.blogspot.com/ :)

    BalasHapus
  13. ahhhhhhhh sehati :D

    suka bgt sama rhapsody a musical adv !!!
    apalagi lagu-lagunya, mantab"bgt. sayang gue stuck ditengah jalan -______-

    for SUIKODEN 2 !!
    bagi gue SUIKODEN IS THE BEST RPG GAME, hahahaha udah jatuh cinta bgt sama suikoden.
    mulai dari story line, character,music, pokoknya semuanya deh :D
    tp suikoden favorite gue yaa SUIKODEN 5 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. <-- udah tamat Rhapsody #bangga

      Suikoden V enak juga, cuma ane belum sempat namatin *udah keburu masuk kuliah*

      Hapus
    2. selamat !!!! :o
      gue stuck pas yg di kapal itu -_-
      bingung mau ngapain lagi.

      Hehehe, sui 5 bagus. Krn mnrt gw cerita dan roleplay sui 3 dan 4 agak melenceng dr seri"suikoden sblm.a
      jd sui 5 bisa dibilang kaya kembali ke roleplay awal lg. Dan cerita.a jg msh berhubungan sma sui 1 dan 2.

      Hapus
    3. Udah ketebak stuck di kapal, gua juga hampir 6 bulan 'nyasar' disana.
      Tapi untungnya ada efek positif, pas kelar kapal tanpa sadar level party gua udah kelewat seterong.

      Hapus
    4. suikoden 5 gk seru, msih bagus suikoden 2, grafik jelek tpi story nya kompleks... satu lagi xenogears jga cerita yang menarik namun teka-teki nya membuat pusing but thats fine...

      Hapus
  14. ini list game-game yang paling berkesan buat gue hahaha :D

    http://ichanotherlife.blogspot.com/2012/06/i-grown-up-wif-this-game.html

    BalasHapus
  15. apa cuma gue yang belum pernah main FF7 sama Suikoden ya? mungkin karena ada adek gue kali ya, jadi cenderung milih game yang multiplayer, kayak CTR, Bloody Roar, Grand Turismo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak yang dipengaruhi adik, bukan adik yang dipengaruhi kakak #Ramy'slogic.

      Hapus
  16. PS 1 gamenya banyak dan bagus-bagus. Final Fantasy emang tiada tandingannya deh..

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Emang PS 1 game2-nya berkesan ampe skrg, favoritqu Legend of Mana, Rhapsody Musical Adventure *ampe loading ulang bwat dengerin versi inggrisnya-abis itu loading lg ke japan version* :B hehe..
    trus Harvest Moon ama Harvest Moon for Girl

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...