Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

23 Januari 2013

D.Gray-Man [ Anime Review ]

Akuma, monster yang lahir dari jiwa orang yang telah meninggal yang dipanggil oleh yang menyayangi mereka berkat bantuan Millenium Earl yang ingin menghancurkan dunia. Allen Walker merupakan pemuda yang dikutuk dan memiliki anti-Akuma weapon di tangan kiri dan mata kiri yang dapat melihat jiwa Akuma akibat kutukan Akuma yang dipanggilnya.

Allen juga merupakan salah satu dari orang-orang yang bisa melawan Akuma, mereka yang bisa bertarung melawan Akuma disebut dengan Exorcist. Exorcist bekerja dibawah organisasi Black Priest Order yang bertujuan untuk mencegah Millenium Earl untuk menguasai dunia.

Sinopsis

Allen Walker merupakan yatim-piatu yang diangkat menjadi anak oleh Mana Walker. Pada suatu hari Mana yang sudah menjadi ayah angkat Allen pun meninggal, larut dalam kesedihan karena kehilangan ayah angkat yang ia cintai, Millenium Earl datang kehadapannya dan menawarkan untuk menghidupkan Mana kembali.

Allen yang masih bersedih setuju untuk memanggil jiwa Mana kembali ke dunia manusia, namun ketika dipanggil jiwa Mana malah menjadi Akuma yang merupakan senjata dari Millenium Earl. Sebelum kehilangan kesadaran dan menjadi Akuma sepenuhnya Mana mengutuk Allen karena telah memanggil jiwanya dan menjadikannya Akuma, disaat genting tiba-tiba tangan kiri Allen berubah dan menghancurkan Akuma dihadapannya, sekaligus menentramkan kembali jiwa Mana.

Tak lama setelah itu Allen diasuh oleh General Cross, General Cross merupakan Exorcist yang bekerja untuk Black Priest Order. Para Exorcist dari Black Priest Order ini merupakan orang-orang terpilih yang dapat menggunakan "innocence", senjata yang dapat memusnahkan Akuma. Karena tangan kiri Allen telah menjadi innocence maka Cross melatihnya untuk menjadi seorang Exorcist yang handal.

Setelah latihannya dengan General Cross selesai, Allen disuruh untuk menuju markas Black Priest Order untuk menjadi Exorcist secara resmi. Sejak saat itu perjalanan Allen bersama rekan-rekan Exorcist lainnya untuk menghancurkan Akuma dan mencegah rencana Millenium Earl untuk menguasai dunia dimulai.


Karakter

Allen Walker

Exorcist dengan innocence bertipe parasit. Innocence-nya pertama kali aktif ketika nyawanya hampir terbunuh oleh Akuma yang dipanggilnya menggunakan jiwa Mana, ayah angkatnya. Semenjak innocence-nya aktif ia telah dilatih oleh General Cross agar menjadi Exorcist. Resmi menjadi Exorcist ketika mencapat markas Black Priest Order cabang Eropa pada umur 15 tahun.

Karena efek innocence tipe parasitnya, ia memiliki nafsu makan yang luar biasa. Selain tangan kirinya yang dapat menjadi senjata anti-Akuma, Allen juga memiliki mata kiri yang bisa membedakan Akuma dengan manusia, mata tersebut ia dapatkan ketika Mana yang telah menjadi Akuma mengutuk dan membentuk pentagram diatas maka kirinya. Sepanjang perjalanan ia selalu ditemani Timcanpy, golem komunikasi yang secara khusus diberikan General Cross kepadanya.

Lenalee Lee

Exorcist dengan innocence bertipe equip yang bernama "Dark Boots". Pertama kali ditemukan sebagai orang yang cocok dengan Dark Boots Lenalee dipaksa untuk menjadi Exorcist, hal itu membuatnya merasa markas Black Priest Order sebagai penjara dan berkali-kali mencoba melarikan diri, namun ia akhirnya bisa mengganggap markas Black Priest Order sebagai rumah ketika kakaknya, Komui Lee ditunjuk sebagai supervisor marka Black Priest Order cabang Eropa, tempat Lenalee ditugaskan.

Lenalee jarang terlihat menjalani misi sebagai Exorcist sendirian, kemungkinan karena sifat over-protektif yang ditunjukkan Komui terhadap dirinya. Karena itu ia kebanyakan bertugas bersama Allen. Dalam bertarung Lenalee seringkali berhadapan dengan Akuma yang terbang, hal ini dikarenakan Dark Boots miliknya memungkinkan ia untuk bergerak bebas di udara.

Yuu Kanda

Exorcist dengan innocence bertipa equip yang bernama "Mugen". Kanda bisa dibilang salah satu Exorcist terkuat diluar General. Selain itu tubuhnya juga spesial, bila manusia atau Exorcist dengan innocence bukan parasit akan menjadi abu bila terlalu banyak mendapatkan serangan Akuma, maka Kanda dapat menahan semua serangan Akuma tanpa berubah menjadi abu.

Kanda juga menjadi orang pertama yang ditemui Allen di markas Black Priest Order cabang Eropa. Semua itu karena kesalahan dalam mengidentifikasi Allen, Allen yang dianggap Akuma karena pentagram-nya memiliki kesamaan dengan darah Akuma hampir mati ketika berhadapan dengan Kanda. Kanda ditampilkan sebagai sosok yang tidak peduli dengan sekelilingnya dan ingin segera menghilangkan semua Akuma yang ada di dunia.

Komui Lee

Supervisor dari markas Black Priest Order cabang Eropa sekaligus kakak kandung Lenalee. Akibat keteledoran Komui dalam menerima surat Allen hampir saja tewas ketika berhadapan dengan Yuu Kanda. Komui sangat menikmati pekerjaannya sebagai pengubah innocence menjadi senjata dan orang yang memperbaiki innocence, meskipun caranya terkadang 'mengkhawatirkan' bagi Exorcist bertipe parasit.

Digambarkan sebagai kakak yang over-protektif terhadap Lenalee, meski kebanyakan harus berakhir dengan tendangan dari adiknya tersebut. Suka membuat robot-robot aneh yang malah merusak kantor sendiri. Meski begitu Komui dapat menjadi orang yang diandalkan disaat-saat genting. Komui bukanlah orang yang dapat menggunakan innocence.

Millenium Earl

Pencipta Akuma dan musuh utama Black Priest Order. Millenium Earl biasanya muncul dihadapan orang yang baru saja kehilangan seseorang yang dicintainya, ia menggunakan perasaan sedih dari orang tersebut untuk menciptakan Akuma. Meskipun ia mencipatakan Akuma namun ia bukan Akuma, Millenium Earl mengatakan dirinya sebagai 'sesuatu yang lebih unggul dari manusia'.






Eksiklopedi

Exorcist


Exorcist merupakan sebutan bagi mereka yang bekerja menumpas Akuma dan dapat menggunakan innocence. Para Exorcist ini tersebar diseluruh dunia dan bekerja di cabang benua-nya masing-masing untuk mencari innocence dan menghancurkan Akuma. Para Exorcist berseragam hitam dengan crest di dada kiri sebagai pertanda mereka Exorcist dan gampang dikenali Akuma.

Karena Exorcist tidak dapat membedakan yang mana manusia dan Akuma (kecuali Allen), maka mereka selalu menggunakan seragam agar Akuma menyerang mereka, karena itu hampir semua Exorcist tidak gampang percaya dengan siapapun yang mereka temui di perjalanan mereka. Khusus para General, seragam mereka memiliki garis emas, berbeda dengan Exorcist biasa yang memiliki garis perak.

Innocence

Benda yang dicari oleh Black Order Priest dan Millenium Earl. Black Order Priest menginginkan innocence untuk dipasangkan dengan orang yang cocok untuk mendapatkan Exorcist baru, sedangkan Millenium Earl mencarinya untuk dihancurkan demi memuluskan ambisinya menguasai dunia.

Innocence dibagi menjadi dua, tipe equip dan tipe parasit. Tipe equip memungkinkan Exorcist menggunakan senjata yang dibuat dari inti Innocence untuk mengalahkan Akuma, sedangkan tipe parasit menggunakan tubuh si Exorcist itu sendiri sebagai senjata. Karena hal tersebut juga para Exorcist dengan innocence bertipe parasit memiliki nafsu makan yang besar.

Bila tidak ada penggunanya, maka innocence dapat ditemukan di tempat-tempat yang mendapatkan kejadian supernatural yang aneh. Hal ini karena innocence yang masih tersebar dapat mempengaruhi lingkungan disekitarnya dan seringkali menjadikan cerita mistis maupun legenda dari suatu menjadi nyata.

Finder

Finder merupakan mereka yang membantu para Exorcist dalam pencarian innocence. Mereka biasanya ditugaskan di tempat-tempat yang diduga mengalami kejadian supernatural dan membuktikan apakah kejadian tersebut merupakan efek innocence apa tidak. Bila kejadian supernatural tersebut merupakan efek innocence maka mereka akan menghubungi markas untuk meminta bantuan Exorcist untuk mengambil innocence tersebut.

Finder bisa dibilang sebagai manusia biasa di Black Priest Order. Mereka dipersenjatai dengan alat semacam senter yang dapat membentuk perisai yang dapat menahan serangan Akuma dan mengunci pergerakan Akuma dalam beberapa lama. Meski jumlahnya bisa dibilang lebih banyak daripada Exorcist, Finder juga divisi yang paling sering kehilangan anggotanya apabila berhadapan dengan Akuma.

Akuma


Akuma merupakan senjata yang diciptakan Millenium Earl. Untuk menciptakan Akuma, Millenium Earl harus mencari orang yang baru saja kehilangan orang yang mereka cintai. kemudian ia akan datang kehadapan mereka untuk menawarkan memanggil jiwa orang yang telah meninggal tersebut. Jiwa yang terpanggil tidak akan memiliki kesadaran akan diri mereka dan langsung menjadi boneka Millenium Earl. Biasanya Akuma akan langsung membunuh orang yang memanggil mereka dan menggunakan kulit mereka untuk membaur dengan masyarakat untuk menciptakan Akuma baru.

Akuma dibagi dalam beberapa level, semakin tinggi Akuma maka kekuatan bertempur dan intelegensia mereka juga meningkat. Misalkan Akuma level 1 yang hanya bisa terbang dan menyerang manusia dalam satu pola serangan akan dapat berbicara dan mengkoordinasikan serangan dan memiliki kepribadian baru bila mereka telah mencapai level 2. Untuk naik level, Akuma harus membunuh manusia dalam jumlah tertentu.


Review

Dengan latar belakang sekitar abad ke 18 cerita D.Gray-Man cukup bagus untuk diikuti. Meski sebenarnya minim twist yang dapat mengejutkan penonton namun beberapa adegan pertarungan para Exorcist dengan Akuma bisa dibilang cukup menarik (terlebih jika Akuma yang dihadapi adalah Akuma level 2 ke atas). Meski pada awal ceritanya agak berjalan lamban dan agak mudah ditebak, namun ketika Millenium Earl dan para Exorcist menghadapi konfrontasi langsung ceritanya akan menjadi semakin menarik.


My Rating : 7.5/10


7 komentar:

  1. wahhh,, hahah, langsung d buat review nya ma ni bocah, hahahahah, innocencenya lenalee dark boot pak,, hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohiya -_-
      Segera diperbaiki. Terima kasih bapak Dony.

      Hapus
  2. cuma baca komiknya, itupun baru chapter awal-awal. Kenalin bang, gue Exorcist dari Indonesia benua Asia soalnya gua punya jubahnya :P

    BalasHapus
  3. wih keren kayaknya,, tapi membingungkan terlau banyak embel-embel *mungkin krn gue belom nonton* :D hehe

    BalasHapus
  4. lho?????????????
    kok tokoh kesukaanku lavi g' da????????

    BalasHapus
  5. nice day :)
    hargailah hari kemaren,
    mimpikanlah hari esok,
    tetapi hiduplah untuk hari ini.
    bagi-bagi motivasinya yaah...

    http://wisataoutboundmalang.com/

    http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...