Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

23 April 2013

SNH48 - RIVER [ MV Review ]

Sebagai sister grup internasional kedua yang diorbitkan oleh 48Family, SNH48 bisa dibilang memiliki prestasi yang 'lebih baik' ketimbang sister grup lainnya. Disaat JKT48 yang lebih dulu debut 'baru' meluncurkan satu MV (Heavy Rotation), SNH48 sudah mengeluarkan dua MV (Heavy Rotation dan 16nin Shimai no Uta). Dan beberapa waktu yang lalu pihak SNH48 telah resmi mengeluarkan MV ketiga mereka ; RIVER.



Dipilihnya RIVER sebagai salah satu MV untuk SNH48 sebenarnya tidak terlalu mengagetkan, mengingat ketika show pertama mereka juga menampilkan RIVER sebagai salah satu lagu. Namun penampilan mereka saat 'debut' tersebut bisa dibilang sangat jauh tertinggal dari RIVER versi AKB48, suatu hal yang dapat dimaklumi mengingat itu adalah penampilan pertama mereka dan RIVER merupakan salah satu lagu AKB48 dengan tingkat kesulitan koreografi tertinggi.

Namun bagaimana saat ini? Ketika sudah dijadikan sebuah MV yang berarti mereka sudah mahir menjalankan koreo RIVER yang terkenal sulit tersebut. Berikut beberapa point tentang RIVER versi SNH48 menurut saya.

Lagu

Versi mp3 dari RIVER sudah keluar jauh hari sebelum versi MV-nya dirilis. Apabila dibandingkan dengan versi milik AKB48. Dapat dibilang pada menit-menit awal kesan 'tangguh' yang ditekankan RIVER milik AKB48 tidak terlihat pada bagian awal (kemungkinan juga karena faktor bahasa, dimana bahasa mandarin menekankan perbedaan intonasi), namun setelah melewati menit kedua maka kesan 'tangguh' dan 'macho' dapat dikatakan sudah terasa, meski harus saya katakan masih tertinggal dari level AKB48.

Music Video (MV)

For start, mari kita lihat MV RIVER milik AKB48. Konsep yang digunakan dalam AKB48 adalah militer, dimana para member AKB48 terlihat sedang latihan (atau melakukan misi) militer. Mereka diperlihatkan mengendarai kendaraan perang, berjuang melewati lumpur, hingga berjuang melewati medan yang sulit (ada beberapa adegan ledakan). Namun semua boys things tersebut dibalut dengan koreo di depan lapangan udara mengenakan seifuku dan tentunya, koreografi yang dilakukan dengan sangat baik dan akurat hingga penonton dapat merasakan feel bahwa para member dalam MV tersebut mengeluarkan kesan cool but cute.


Sedangkan MV RIVER versi SNH48 terlihat menggunakan sebuah set film layar lebar China (kalau tidak salah) dan hanya menggunakan satu seifuku, layaknya MV-MV mereka sebelumnya (berbeda dengan versi AKB48 yang menyelipkan 'cerita' militer).

  • Koreo milik SNH48 apabila dibandingkan langsung dengan versi AKB48 maka akan terasa gerakan mereka tertinggal sepersekian detik dibandingkan kakak mereka tersebut. Belum lagi ada beberapa member yang gerakannya tertinggal/kurang tegas.
  • Entah pengaruh kamera atau bagaimana, terlihat beberapa blocking-an kurang 'enak dipandang'. Maksudnya adalah ada beberapa space kosong yang terlihat atau ada member yang tertutup member lainnya, dibandingkan versi AKB48 dapat dikatakan setiap space (minimal) ada satu (wajah) member yang menghiasi.
  • Saat meneriakkan kata "RIVER" pada (sekitaran) detik 3:25, terkesan plain. AKB48 melakukannya dengan mampu menimbulkan kesan para membernya benar-benar 'meledak' keluar.
  • Ada beberapa gerakan di AKB48 dimana mereka terkesan 'melemparkan' badan mereka ketika bunyi drum (sort of, dunno' what kind of sound) berbunyi, di SNH48 terkesan masih malu-malu untuk 'melemparkan' badan mereka.
  • Men-shoot close-up beberapa member seakan menghilangkan kesan 'cool but cute' mereka, entah memang itu yang ingin ditampilkan atau hanya saya yang berpikir begitu. Hanya saja menampilkan beberapa member yang menyanyi sembari statis dalam satu frame bisa dibilang 'menghancurkan' mood lagu RIVER yang enerjik.
  • Gerakan wave yang dibuat SNH48 tidak terlihat mengalir, entah karena apa. Padahal gerakan wave yang melambangkan RIVER (sungai/air mengalir) ini bisa dibilang perwujudan dari makna lagu RIVER itu sendiri.
Somehow adegan seperti ini menghilangkan mood. Bisa diterima kalau hanya satu member yang ditampilkan
Adegan 'wave' ini terlihat tidak mengalir #IMHO
(dan terlihat ada satu member yang terlambar)


Kesimpulan

Dengan semua ekspetasi akan 'megah'nya MV RIVER, dapat dikatakan SNH48 tidak berhasil mewujudkan harapan koreo 'kuat' seperti milik Team K atau SKE48, yang memang terkenal dengan gerakan koreo ibarat 'neraka' bagi member 48Family lainnya. Sebuah kekecewaan juga mengingat mereka (dapat dikatakan) dimentori langsung oleh Miyazawa Sae yang merupakan salah satu dari "Twin Tower of Team K".

This MV is good, but not good enough apabila kalian mengharapkan koreo yang enerjik dan 'kuat' atau setidaknya, mendekati level RIVER AKB48. Semoga SNH48 bisa menghasilkan MV yang selevel, atau bahkan melebihi versi orisinal AKB48 (apabila mendapatkan jatah MV 'saduran' lagi).


My Review ; 7.5/10





*Review ini dibuat berdasarkan opini pribadi. Feel free untuk mengutarakan pendapat kalian sendiri di kolom komentar.


Lirik (Romaji)





SNH !!
48 !!

Go ahead forward! (got it)
Never stop it go! (got it)
Go go forward to walk to the hope
Of sun go for all its route

Qianjin shang de zu'ai River! River! River!
Heng kua yanqian River!
Mingyun de River! River! River!
Chongman shi lian River!

Wo Sheqi mimang
Zhengming wo jiangqiang
le youyu xianzai like
Kua chu na di yi bu believe yourself!

Go ahead! Go ahead!
Forward go ahead!
Kuagua heliu! Ho! Ho! Ho! Ho!

Wulun zuotian he jiantian
Mengxiang zong hen yaoyuan
Wufa shi jin de juli
dan buxiang fangqi
Yike shizi zai jiao bian jian
Qi wo jin shou limian
Fenbugushen de pao chu yitiao hu xian

Jiu zheyang zai ni de yanqian
Heliu benteng bu bian
Kuanguang wubian de dahe a
Jiusuan hei'an wujin shenyuan
Napa belu bu xi duo weixian
Zhuanshen fangxia ziwo danqie
Buguan juli duo yuan
Kanle dui'an jiu zai yingmian
Zhiyao rang ziji zai zixin duo yidian

Get over it..!
RIVER...!

Ah-Ah-Ah-Ah-Ah
Buyao wei ziji de wuwei deng jiekou
Ah-Ah-Ah-Ah-Ah
Changshiguo cai zhidao shenme suan fengshou
Ah-Ah-Ah-Ah-Ah
Yongwangzhiqian di xiang qian da bu zou

Always always always
Zhiyao rang ziji zai zixin duo yidian

Jiu zheyang zai ni de xintian
Han lei jiaozhi de dahe a
Jiusuan shibai zai suo nanmian
Napa zai jilu zhong kunjuan
Zhuanshen chang lai chedi gaibian
Xieqi zhishi congqian
Mengxiang jin wo shouxin zhi jian
Xinyuan zong you yitian hui rang ta shixian

Cross the River !!
You can do it !!


Sumber :

10 komentar:

  1. asli mana nih? jepang ato mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu aslinya milik AKB48 (Jepang), sedangkan SNH48 (ShangHai) ini dari China.

      Hapus
  2. iya sih kepikiran gitu juga, yang pas close-up nya itu seakan 'ngerusak' mood. Tapi Jiamin tetep keren bang XDbb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cieeee seneng Jiamin jadi centre cieeeee ~~

      Hapus
  3. gak ada air sama skali di mv ini, kering :/
    tapi setting latar sama efeknya keren banget d*o*b

    BalasHapus
  4. memang klo dibanding kan dgn AKB48,ttp lbh baik AKB48 gan,tpi klo dbnding dgn JKT48 lbh cool RIVER versi SNH48 gan

    BalasHapus
  5. tpi bner ya,,akb48 bgus bnget tuh video klip nya,mudah mudahan jkt48 sama snh48 bisa kya mereka :)

    BalasHapus
  6. foto snh48 yg dtengah itu cva..?? nama.x..

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...