Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

15 Juni 2013

"Best Girlband" di IKCA 2013, Awal Kemunafikan Wota?


Saat JKT48 dinominasikan dalam kategori "Best Boyband/Girlband" pada ajang Indonesia Kids Choice Award (IKCA) 2013 lalu, sedikit pertanyaan muncul di benak saya. Bagaimana mungkin para wota yang selama ini seakan 'haram' apabila mendengar apabila JKT48 disamakan/disebut sebagai girlband bisa tinggal diam saat idola mereka disamakan, bahkan kandidat pemenang dalam award yang selama ini kata-katanya mereka anggap haram?

Pada akhirnya, acara penentuan award yang berdasarkan pada polling sms tentang boyband/girlband mana yang menjadi favorit anak-anak Indonesia itu menasbihkan sister grup AKB48 tersebut sebagai pemenang untuk award "Best Boyband/Girlband", karena personil JKT48 terdiri dari perempuan semua, maka bisa dibilang kalau mereka dianggap sebagai girlband paling favorit di mata anak-anak Indonesia.

Lalu bagaimana tanggapan para wota (penggemar JKT48. katanya) terkait idola mereka yang berhasil memenangkan award 'haram' tersebut?

Secara tidak diduga, banyak dari mereka yang memberi selamat kepada JKT48 atas pencapaiannya tersebut. Ini lucu, mengingat dari awal debut JKT48 sampai sebelum JKT48 dinominasikan dalam kategori best boyband/girlband di IKCA 2013 lalu, para wota diseluruh Indonesia menyatakan bahwa idol grup itu tidak sama dengan boyband/girlband, bahkan derajatnya terkesan lebih tinggi.

Meskipun dalam definisi (definisi di kawasan Asia) baik girlband maupun boyband itu bisa disebut idol grup, cuma mungkin 'cara penjualan brand' mereka berbeda satu sama lain. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca salah satu postingan saya tentang idol grup dan persamaan mereka dengan GB/BB.

Padahal ketika masa awal dimana para member JKT48 masih diperbolehkan membalas mention yang masuk ke akun twitter mereka. Ghaida Farisya, salah satu member JKT48 sudah berusaha menjelaskan kepada fans JKT48 yang kebanyakan masih baru di dunia per-idol-an.

Pendapat Ghaida tentang wota.
(klik untuk memperbesar)
Namun sayangnya masih banyak wota diluar sana yang tidak belajar dari pendapat Ghaida tersebut. Lebih lucu lagi karena pada merilis MV RIVER, manajemen JKT48 malah memasukkan percakapan yang seakan menegaskan bahwa JKT48 bukan girlband melainkan idol grup. Meskipun (sekali lagi) dalam definisi idol dan idol grup di Asia Timur, idol grup dan girlband/boyband itu hakikatnya sama.

Blunder yang dilakukan manajemen semakin terlihat parah ketika melalui akun twitter resmi JKT48 mereka mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan semua yang mendukung JKT48 hingga bisa terpilih menjadi "Girlband terfavorit pilihan anak Indonesia".


Momen ini mungkin digunakan para haters maupun orang yang mengerti namun tidak digubris oleh para wota 'bebal' yang masih menganggap Idol Grup dan BB/GB itu berbeda.

Okay, kita tidak bisa menyalahkan para member JKT48 atas kesimpang-siuran berita mengenai sama/tidaknya definisi IG dengan BB/GB tersebut. Karena para member juga sudah berusaha -- seperti yang Ghaida lakukan -- untuk menjelaskan/meluruskan persepsi para fans yang salah. Namun bagaimana dengan member yang tidak pernah 'mendidik' fans mereka dan malah go with the flow?

Tidak masalah juga, karena meskipun mereka sekarang telah menjadi idol tidak berarti mereka mengerti dengan mendalam tentang dunia idol di Indonesia, Asia dan dunia.

Lalu bagaimana dengan member yang seakan 'memanas-manasi' fans mereka bahwa JKT48 BUKAN girlband? Well, sampai sekarang saya belum mendengar kejadian seperti itu, semoga saja tidak terjadi ke depannya.

Efek terlalu fanatik

Okay, kembali membahas IKCA. Karena penentuan pemenang award melalui polling sms, maka voiting melalui sms yang bahkan si penyelenggara tidak mengetahui siapa orangnya bisa dilakukan oleh siapa saja. Sekarang para wota yang mengaku garis keras dan selalu menolak, bahkan cenderung menganggap kata 'girlband' itu 'haram' bagi JKT48 coba jawab ini sendiri.

Apakah kalian juga ikut mendukung JKT48 melalui sms?

Jika jawaban kalian "tidak", kalian mungkin masih bisa 'marah' apabila banyak orang berkata (baca: bertanya) kenapa JKT48 yang notabene selama ini menyatakan dirinya berbeda dari girlband bisa memenangkan award yang dikhususkan untuk girlband/boyband = bukan idol grup (menurut definisi yang selama ini berkembang di masyarakat Indonesia).

Namun apabila jawaban kalian "iya", tidakkah kalian sadar kalian sudah melakukan suatu kemunafikan? Atau mungkin bukan munafik, kalian bisa mengkhianati fans-fans JKT48 lainnya yang sudah paten berpikiran bahwa idol grup itu hal yang berbeda jauh dengan girlband. Dan mungkin saja IKCA sengaja memasukkan JKT48 dalam nominasi tersebut agar JKT48 bisa mengenakan 'jubah haram' bernama girlband *ini lebay*.

'Garis Keras'

Analoginya seperti anak TK yang diberitahu orang yang sangat kalian percaya bahwa 1 + 1 = 3. Dan kalian tetap berkeras 1 + 1 = 3 ketika berada di bangku Sekolah Dasar (SD) dan malah memilih bertikai dengan sang guru bahwa 1 + 1 =3.

Dan apa kalian juga mau bertengkar soal definisi idol grup dan girlband kepada adik-adik kecil (karena ini Indonesia KIDS Choice Award) yang sudah memilih JKT48 dengan polosnya sebagai "girlband terfavorit".

Jawab sendiri dan renungkan sendiri ya guys. Jangan sampai ke depannya kalian malah menjilat ludah sendiri (lagi) apabila kalian termasuk orang yang menolak JKT48 disebut girlband namun tetap berbahagia (bahkan) mendukung memenangkan best girlband.

Sikap gampang panas tanpa mau menyelidiki kebenaran maupun makna sebenarnya dari kata-kata (kebanyakan) sarkasme yang ditujukan kepada para wota ini yang seringkali menjadi bahan tertawaan di dunia maya, bukan karena mereka senang melihat kumpulan gadis-gadis muda menari dan menyanyi di panggung.

*tidak heran dulu Indonesia gampang di pecah-belah Belanda, mungkin saja warga Indonesia dulu berpikiran 'sempit' seperti itu.*

Padahal, coba bayangkan apabila dari awal debut JKT48 para wota mau saja menerima sebutan girlband kepada JKT48 (yang sebenarnya merupakan sebutan yang wajar di kawasan Asia), mungkin saat ini pendukung JKT48 bisa lebih banyak. Karena banyak dari orang awam yang merasa kurang nyaman dengan semangat para fans JKT48 yang mereka anggap terlalu 'mengganggu'.

Badass
Again, tulisan ini bukan untuk menyudutkan para member JKT48 sudah berusaha dan bekerja keras sampai bisa sukses seperti sekarang ini. Tulisan ini bisa dibilang sebagai pengingat kepada JOT dan (tentunya) para fans agar mau mempelajari dunia idoling yang masih awam dan baru di Indonesia ini. Jangan terlalu gampang percaya dengan berita-berita yang beredar sebelum kalian telusuri sejarah dan kebenarannya.

Karena jika kalian melakukan tindakan salah namun masih berpikir bahwa tindakan tersebut adalah benar dan ngotot dalam mempertahankannya. Selain kalian yang akan 'direndahkan' fans lain/yang lebih paham, idola yang kalian dukung juga bisa kehilangan respect dari orang awam yang sama sekali tidak tahu tentang JKT48 dan sebenarnya berpotensi menjadi fans yang baik.

KEEP CALM
AND
GIRLBAND/BOYBAND ITU = IDOL GRUP

Bahkan Mayuyu saja kaget.



Sumber :

44 komentar:

  1. Kita berada di negeri dagelan

    BalasHapus
  2. nyesekin banget, banyak wota ga mau terima JKT48 itu GB
    padahal in general emang bener BB/GB = idol group -__-"

    BalasHapus
  3. Masih ada ya ternyata yang mempermasalahkan sebutan Girlband/Idol Group >//<
    Dan biasanya fans garis keras itu bebal, nggak mau dikasih tahu-_-"

    BalasHapus
  4. setuju sama yang gampang dibelah om.. banyak masalah lain orang disini yang gampang dibelah gitu aja.

    BalasHapus
  5. Pembahasan bang farid disini baru jelas semua ! Gak ada yang kelewat kayaknya menurut gue. Tapi gue rasa dengan penjelasan di postingan ini masih tetep para vvota bandelnya minta ampun. Berasa paling bener, dibilangin malah balik ngebilangin. Ngebenerin malah dituduh jadi hater. Padahal mereka gak tau sebenernya bang farid itu gimana. Gue ngakak kemaren liatin twit lu, bang. Pokoknya menurut gue, lu baru yang pantes disebut seorang "FANS"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doita Siswanto, saya terharu :))

      *padahal ane bisa dibilang masih fans layar kaca loh*

      Hapus
  6. dan nyatanya para fanbasenya mengajak kita untuk ikutan polling, harusnya fanbase lebih tau dan mengajari para fans awam bukan cuma ngasih tau daily activiy member aja.

    Tarik kembali CD RIVER/ kembalikan award IKCA!!!
    Jadikan bang Farid ketua vvota seluruh Indonesia!!!
    Belikanlah bang Farid tiket theater!!!

    tumben di akhir postingan ga ada kalimat buat beliin tiket theater

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entahlah, gue nggak paham/tahu dengan pola pikir JOT. Harusnya sih 'membenarkan yang salah'. Ya lain lagi masalahnya kalau JOT sendiri yang juga nggak paham maksud dari idol grup itu sendiri.

      Paragraf keduanya itu agak .... ngg .... gue setuju sama statement di baris ketiga XD

      Hapus
  7. Fansnya kayak spons, yang nyerep air seperti fans nyerep sesuatu.

    Waduh gimana nih ? padahal udah mempertegas soal Idol Grup dari Pihak sono, kok tiba-tiba lupa gitu aaja pas udah menangin award.

    kagak berpegan teguh pada pendirian nih

    BalasHapus
  8. *Nyimak saja* *nggak paham sama begituan. JKT48 lah? AKB48 lah? atau BKT48 (Banjir Kanal Timur 48. species baru 48 family)lah? GUE ENGGAK PAHAM. uhuk... *benerin kerah baju*

    BalasHapus
  9. gw sih sebagai fans JKT48 (bukan wota) respect aja nanggepin itu semua toh kalau emang JKT48 itu disebt IG/GB sama aja kan?? gk ada pengaruhnya
    cuma management nya aja yg beda dikit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, apalah arti sebuah sebutan. Terlebih apabila sebutan itu masih sinomin/bermakna sama.

      Hapus
    2. nah .. bener bang ... jepang sma indonesia kan beda tuh ane MUNGKIN nyanyi di jepang di bilang idol gourp ,, ye gak bang?? hehehehehe *Delusionis

      Hapus
    3. Kalau masuk dalam suatu manajemen dan dibuatkan lagu, dan tentunya dalam jumlah lebih dari satu. Ya bisa disebut idol grup juga :)

      Hapus
  10. di jepang setau aye emang gak ada sebutan BB/GB adanya emang idol group -_-
    bahkan dengan member yang sedikit pun tetep sebutannya idol group (arashi, hey say jump!, morning musume, dll)
    lucunya banyak fans jkt48 yang mengira kalo idol group itu udah pasti membernya banyak dan konsepnya kayak 48 fams padahal kan gak gitu juga :D

    orang jepang pun kalo di indonesia liat smash juga pati nyebutnya idol group, bukan boyband XD

    BalasHapus
  11. gue suka JKT48, karena emang culture-nya yg ke-jepang-jepang-an itu. tapi kadang gue muak kalo ada yg ngefans berlebihan ala wota. paling parah lagi, kalo mereka yg cuman fans layar kaca dan belum sempat ntn langsung. apalah ini, orang indonesia, termasuk gue, emang kadang terlalu ekspresif.. -__-

    BalasHapus
  12. hahaha gambar cewe yang bakar rumah itu sumpah bikin ngakak XD gambar mayuyu itu juga. yang sabar ya :)

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  14. dan para wota kemakan '1 +1= 3'nya sendiri :))

    BalasHapus
  15. JKT48 masuk nominasi GB/BB karena Di Indonesia tidak ada nominasi khusus Idol Group seperti di Japan !!!!!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro, kalaupun ada nominasi untuk idol grup. Nominatornya tetap empat itu ; Coboy Junior, Cherry Belle, JKT48 dan SM*SH.

      Karena seperti gue jelaskan tadi, kalau idol grup itu pada hakikatnya (secara umum untuk kawasan Asia) sama saja.

      Hapus
  16. Sebenernya saya agak enek juga sama wota yg suka marah-marah gara-gara penyebutan member jkt48 jadi personil jkt48. Karena menuryt saya member=personil

    BalasHapus
  17. PENGERTIAN IDOL GRUP
    Idol Group adalah wadah bagi para gadis yg ingin menjadi idola, kemampuan mereka (dalam hal ini menyanyi, menari, akting, bertingkah-laku, dll) dilatih, diasah serta dikembangkan sedemikian rupa agar mereka bisa lebih percaya diri dalam dunia hiburan. Tentunya mereka juga nantinya akan tampil menyanyi dan menari serta mengeluarkan lagu-lagu, tapi tidak hanya itu mereka juga akan dipromosikan oleh pihak manajemen agar kelak mereka bisa berdiri sendiri (solo karir, dsb).Member yang sudah merasa siap atau dirasa siap (atau bisa juga karena faktor umur) untuk memasuki dunia hiburan secara individual akan dinyatakan lulus dan akan digantikan oleh Generasi selanjutnya dan terus seperti itu.

    Rekrutmen dan Debut:

    Member dari sebuah Idol Group direkrut melalui proses audisi baik secara terbuka maupun secara tertutup. ,Setelah terpilih member kemudian dilatih dan tidak lama kemudian langsung diperkenalkan pada publik bahkan langsungmelakukan pementasan misalnya. Nah hal ini lah yang dikenal sebagai pembedai Idol Group dibanding Girl Band dan sejenisnya, karena GB biasanya dilatih hingga matang dan sudah dalam format jadi. Sedangkan yang ditawarkan Idol Group kepada publik bukanlah seorang Idol yang sudah menjadi bintang yang komplit tetapi sebuah proses pencapaian seorang Idol yang tadinya bukan siapa siapa hingga kemudian menjadi Idola yang sesungguhnya dimasa nanti. Dalam proses ini tentulah akan melibatkan unsur emosional, jatuh bangun dan perjuangan dimana antara Idol dan fans terjadi sinergi saling mendukung dan menguatkan hingga tercipta "bond" dan "sense of belonging" antara Idol dan fans. Dan ini yang menjadi kekuatan utama sebuah Idol Group.

    Rules:

    Keunikan lain Idol Group adalah aturan nya yang ketat dan penuh disiplin. Salah satu butir yang paling menonjol dan kerap memicu kontroversi adalah aturan "No-Boy Friend". Selain itu ada beberapa peraturanyang berlaku dalam Idol Group yang kerap disebut sebagai Golden Rules. Golden Rules sebenarnya dibuat oleh Yasushi Akimoto (Produser AKB48) sekitar tahun 80-an dimana dia pernah membuat Group Idol yg bernama Onyanko Club, walau tidak sesukses AKB48 sekarang (dimana salah satu mantan membernya kini menjadi istrinya), disitu dia membuat Golden Rules yg sampai sekarang dipakai atau dijadikan standar peraturan sebuah Group Idol di Jepang (namun ada sedikit perbedaan di tiap2 agensi Group Idol).

    Ada 7 peraturan mendasar yg hingga kini hampir semua agensi Group Idol memakainya, yaitu :

    1. Pergi ke diskotik dilarang

    2. Menulis tanda tangan pribadi dilarang (kecuali jika pada barang marchendise yang akan di jual).

    3. Tidak boleh mabuk"an dan merokok.

    4. Tidak boleh pacaran.

    5. Jika pergi harus dengan penjaga atau wali

    6. Sekolah di utamakan.

    7. Tidak boleh ber-pakaian mencolok atau make-up yang mencolok.

    notes:Peraturan no 7 itu subjektif sesuai dgn perubahan waktu dan style fashion, namun intinya mrk dilarang berpakaian yg dpt menyebabkan skandal publik. Karena sekali lagi Behaviour dan Attitude member menjadi salah satu Selling Point yang kuat dalan sebuah Idol Group.Sebagian orang akan berpikir soal hak privasi dan sebagainya, akan tetapi inilah dunia Idol dimaana Citra Diri dan Behaviour menjadi sesuatu yang amat berharga baik bagi sang Idol maupun bagi fans.

    jadi kalo ada yang mau bilang Idol Group = GirlBand silahkan baca dulu tulisan di atas baik"

    BalasHapus
    Balasan
    1. bro, ente komen kok kopas, malas ngetik ya? komen panjang tapi copas bukan opini sendiri.
      kopas disini

      btw itu yg ente copas bukan pengertian Idol group secara umum, namun pengertian idol48

      gini, sekarang coba ente cari informasi ke orang/akun orang asia timur, jepang/korea mungkin bisa tanya kalo punya teman online jepang atau buka diskusi di forum luar negri di kaskus atau dimana. tanyakan SNSD (korea) itu disebutnya apa, Arashi (jepang)itu disebutnya apa. pastilah mereka menyebut itu Idol group. bukan girlband atau boyband. padahal di indo SNSD disebut girlband, dan sepertinya SNSD juga ga ngotot minta dijuluki idolgroup juga gak kayak JKT48 yg ngotot banget sampe di MV RIVER membantah di juluki GIRLBAND.

      boyband/girlband itu cuma sebutan di indonesia. kenapa JKT48 juga ngotot disebut idolgroup? ya karena kebiasaan di jepang itu group musik yg terdiri dari banyak orang (dan ngedance, bukan pegang instrumen) disebutnya idol group, karna ga ada istilah boyband aau girlband disana. jadi mereka sok-sokan jepang banget padahal orang indonesia juga. (kecuali 2 member pindahan)

      istilah girlband dan boyband lebih populer di barat.

      AKB48dalam artikel di web canada ini juga disebut girlband ya karna kebiasaan orang sana. begitu juga di indonesia lebih populer sebutan boyband/girlband ketimbang idolgroup karena memang awal2 muncul di indo itu boyband dari barat. westlife, nsync dll.


      btw saya belum pernah ada orang jepang yg mempermasalahin kalo AKB48 disebut girlband. hhe
      kok JKT48 kayaknya "alergi" banget ya. padahal bukan maksud menyamakan konsep dengan girlband kebanyakan. udah tau beda sistem, tapi kalo penyebutan ya sama sajalah mau nyebut girlband juga gak bisa disalahkan karna itu udah "istilah yg disepakati" dari awal2 boyband dan girlband muncul di dunia hiburan indonesia kalo orang nyanyi rame2 itu kalo cewek semua sebutnya girlband, cowok ya boyband. mungkin yg beda cuma tema saja. satunya tema barat, ada lokal, korea, dan jepang. ribet amat bedain girlband dan boyband.

      cherry belle saja disebut idolgroup sama member jkt48 yg dari jepang, haruka. (pernah baca di portal web, cari sendiri. kalo ente aktif di group jkt48 fansclub pasti udah pernah baca karna banyak yg share). itu karna orang jepang biasa nyebut girlband dengan idol group. jangan norak deh

      jadi kalo ada yg membedakan girlband dan dan idolgroup tolong juga ente baca baik2 tulisan ane di atas.


      hhe (happy happy enjoy) aja baca komentarnya :)

      Hapus
    2. Terima kasih saudara Ilham Candra sudah mau membantu saya menjelaskan makna dari idol grup. Hanya saja yang anda jabarkan dengan sangat lengkap diatas adalah pengertian idol grup versi 48Family/Aki-P, dalam kata lain, pengertian/ciri khas dari idol grup milik 48Family.

      48Family memang manajemen terbesar di Jepang dan banyak yang 'meniru' sistem mereka, namun tidak serta merta definisi idol grup versi 48Family menjadi definisi idol grup secara umum.

      Menurut saya perdebatan tentang makna idol grup ini lebih baik dibahas di postingan ( http://faridazroel.blogspot.com/2013/02/idol-idol-grup-serta-boyband-dan.html ), tapi sudahlah, saya mencoba bahas disini.

      Kalau anda membahas tentang hubungan emosional idol dengan fans, jangankan idol grup, musisi bahkan pekerjaan entertainer lainnya manapun di dunia ini pasti melalui tahapan trial and error dan mengumpulkan pengalaman.

      Mungkin 48Family menyebut member mereka 'dalam masa pembelajaran' sebagai sebutan/catchpharse bagi fans. Karena kalau memang "hanya ingin" membantu seseorang dalam perjalanannya mencapai kepopuleran, dalam hal ini titel "idola", kenapa harus menggunakan sistem audisi? Apa semua orang tidak memiliki hak yang sama untuk menggapai impiannya?'

      Selain itu apabila anda membaca berita luar (mungkin dalam bahasa Inggris),BB/GB dari kawasan Asia, sebut saja Jepang dan Korea Selatan juga kerap disebut berita luar sebagai idol grup.

      Kenapa?

      Karena mereka merupakan seniman yang berada dibawah 'kendali' manajemen mereka. Manajemen yang mengorbitkan, melatih, mempercantik/mempertampan, memberikan mereka lagu dan semacamnya. Sedangkan si idol? Kebanyakan 'hanya melaksanakan arahan manajemen' (meskipun ada beberapa manajemen yang membiarkan artis/seniman mereka mengarang beberapa lagu).

      Selain itu memang kebanyakan idol grup dari negara Jepang yang menggunakan sistem angkatan dan kelulusan seperti yang dilakukan pada 48Family, idol grup dari negara Korea memang (setahu saya) tidak ada yang menggunakan konsep angkatan seperti 48Family atau Hello! Project.

      Bahkan tidak semua manajemen melarang idol mereka untuk memiliki rasa cinta (love line), namun kebanyakan memang melarang demi menjaga jumlah massa fans yang dimiliki sang idol, karena ditakutkan apabila sang idol memiliki pasangan maka fans dari jenis kelamin yang berbeda akan memilih mundur (bahasa 48Family ; oshinen) dan meng-idola-kan orang lain. Hal ini bisa berdampak buruk bagi sang idol dan tentu manajemen sendiri dimana mereka bisa kehilangan 'pasar' mereka.

      Jadi ..... yah, saya masih tetap pada pendirian bahwa idol grup itu definisinya sama dengan girlband/boyband, setidaknya untuk kawasan Asia.

      Terima kasih sekali lagi :))

      Hapus
    3. Jadi... kalo mau bales postingan ini, baca dulu postingan di atas dengan baik-baik :v #duh

      Hapus
    4. hmmm.. ini mah definisi sama aturan-aturan 48family kan? bukan idol group umumnya? kan idol grup banyak, bukan 48family doang, dan secara umum emang sama kayak yang dijelaskan di postingan ini (dan postingan yg satu lagi)

      Hapus
    5. mau komen kok copas sih brooo? debat sehat pake opini sendiri dong :D

      Hapus
    6. Otak pendek, otak pendek~

      Hapus
    7. @Ilham Candra: Dari penjelasan idol group yang Anda copas di atas, kayaknya satu-satunya perbedaan cuma pada adanya GENERASI. Kalau yang lain juga ada tuh pada apa yang disebut sebagai girlband dan boyband. Sama aja.

      Contoh: kalau bicara audisi, Cherry Belle juga lewat audisi. Member Cherry Belle juga gak boleh pacaran. Manajemen juga punya aturan bagi para member Cherry Belle. Manajemen juga bantu promo. Member juga pada awalnya bukan siapa-siapa dan lama-lama setelah mereka terkenal, akhirnya mereka jadi idola. Sama aja! :)

      Dan tau nggak, mayoritas girlband/boyband di Korea juga lahir lewat proses loh. Bahkan lewat training selama bertahun-tahun. Mereka awalnya juga bukan siapa-siapa, lalu akhirnya jadi idola para fans.

      Yang membedakan cuma masalah konsep GENERASI. Itu aja. Selebihnya ya sama. Cuma beda di cara branding dan pengemasan. Itu kan cuma masalah marketing dan promo.

      Kalau masalah lewat audisi, hakikatnya adalah SELEKSI. Jelas aja semua grup apa pun itu pasti lewat SELEKSI atau pemilihan. Gak mungkin langsung main comot gitu aja Bro.

      Saran aja: kalau Anda ngotot bilang idol group itu beda sama girlband/boyband, kemungkinan karena Anda ngerasa bahwa derajat Idol Group itu lebih tinggi dan lebih keren kan? Sindrom Weaboo banget kalau gitu Bro :))

      Orang Indonesia, baru nemu istilah/konsep baru dan budaya yang dianggap baru, langsung TERPESONA dan anggap itu KEREN :) Lantas jadi suka merendahkan yang mereka anggap sebagai girlband/boyband, hanya karena menurut mereka Idol Group itu beda dan keren.

      Hapus
  18. gue setuju banget sama kalimat "sifat gampang panas dan gak mau meneliti kebenaran dari kalimat sarkas ini yg dijadikan bahan tertawaan di internet", padahal mereka gak selalu bener, tapi kok ya disarkasin gak mau berubah (apa jangan-jangan gak ngerti sarkas? XD)

    tapi bang.... siapa tau nih ye, abis baca postingan lu yg tentang penyebutan IG dan BB itu, pada sadar jadinya pada voting jadinya menang deh, jadi mungkin 88% voter itu pembaca blog lu ( '-')9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Errr........ I do hope so, semoga gue bisa jadi selebblog #plak.

      Entahlah Ram, mungkin terlalu sering ber-delusi sehingga tidak mengerti sarkasme itu yang seperti apa. Mungkin.

      Hapus
  19. sama aja kayak bocah yang ngetet, "gue maunya laki, bukan cowok.". *iya gak sih? gue sih ngartiinnya gitu ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang seperti itu :)

      Hapus
  20. Jjur aja, mesti ane fans JKT48, ya gak segitunya juga. Kl ada yang nyebut JKT48 tuh GB, ane ya biasa aja. biarlah orang lain mendefinisikan menurut pandanganya sendiri. Kl ada yang bilang GB, ya udah. Masih dibela"i njelasin bukan GB, trus mau apa??? emang yang dijelasi akan berubah pandangan gitu. Ingat aja:
    "Pemujaan yang berlebihan itu tidak baik"

    Numapng komen bang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha, iya. Itu salah satu faktor mereka 'bebel' ga bisa dibilangin. Karena melakukan "pemujaan yang berlebihan" XD

      Hapus
  21. Wooohhhooo... Kalau ane tetep nge-fans sama 7 Icons dongs broh. Hahahaha. :D *Iconia*

    BalasHapus
  22. Rame banget ._.
    kalo aku sih demen liatin mayuyu aja =))) *anakpolos*

    BalasHapus
  23. Thank's atas pencerahannya...

    Tapi mungkin polemik ini muncul gara2 komen Cleo dulu di ajang AMI... Kalau gak salah, dia pernah menyiratkan bahwa JKT bukan girlband, tapi idol group.. Mungkin karena itu kali yah muncul polemik ini.... Lagian ada asap pasti ada api kan?

    BalasHapus
  24. Pokonya nomor 1 itu jangan terlalu Fanatik ajah kalo mengidolakan seseorang,,


    INGAT :

    Kalo idoling udah kelewat batas, ujung"nya hanya ada penyesalan..

    Wasalam,, ^_^

    BalasHapus
  25. ya intinya sama saja GB/BB = idolgrup, perbedaannya hanya proses kemapanan di dunia musik. BB/GB sudah jadi, sedangkan idolgrup ada pembelajaran..

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...