Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

26 Juli 2013

Idol Grup Jepang Selain AKB48 Dengan Konsep Menarik


Masyarakat Indonesia akhir-akhir ini semakin akrab dengan sebutan 'idol grup' dalam industri musik, hal ini tidak dapat dilepaskan dengan semakin terkenalnya idol grup JKT48 yang merupakan sister grup idol grup terkenal dan terbesar di Jepang ; AKB48.

Namun hal tersebut sekaligus menjadikan semacam kesalahpahaman di kalangan wota (penggemar idol grup) itu sendiri, khususnya yang masih baru dalam dunia idoling. Banyak diantara mereka mengira bahwa idol grup itu adalah grup yang terdiri dari banyak personil yang dibedakan per angkatan/generasi.

Memang di Jepang sendiri beberapa idol grup menggunakan sistem angkatan/generasi, namun bukan berarti semua idol grup itu adalah kumpulan gadis-gadis berjumlah banyak (karena idol grup bisa juga berarti kumpulan pria).

Berikut ini adalah beberapa contoh idol grup asal Jepang yang memiliki konsep yang bisa dibilang unik dan berbeda dengan idol grup lainnya.


AAA


AAA (Attack All Around) adalah idol grup milik Avex yang memulai debut pada September 2005. Personil awal AAA terdiri dari lima orang laki-laki dan satu orang perempuan, namun Avex pada akhirnya menambahkan dua orang personil perempuan. Namun salah satu anggota perempuannya yaitu Yukari Goto memilih meninggalkan AAA karena alasan kesehatan. Sejak saat itu AAA terdiri dari lima orang laki-laki dan dua orang perempuan.

Semua anggota AAA pada awalnya merupakan artis yang muncul di beberapa iklan televisi Jepang dan penari latar dari musisi ternama Jepang lainnya seperti  Ayumi Hamasaki dan Ami Suzuki. Karena AAA memulai debut mereka sebagai salah satu artis yang telah menjalani pelatihan di Avex's training academy, maka ketika debut para fans sudah mengantisipasi kemunculan nya.

Pada tahun debut mereka (2005), AAA berhasil menyabet penghargaan sebagai "Best Newcomer Award" di acara "47th Japan Record Awards". Selain itu pada tahun 2007 mereka mengubah sedikit nama mereka menjadi "AAA Den-O Form" karena mengisi soundtrack dari film tokusatsu Kamen Rider Den-O dengan lagu "Climax Jump".

AAA tidak mengenal sistem angkatan seperti manajemen 48Family atau Hello! Project. Hal ini karena pihak Avex sendiri lebih suka mengorbitkan idol dengan sistem tanpa menggunakan angkatan, selain itu AAA juga menjadi bukti nyata kalau idol grup itu tidak harus diisi oleh satu gender saja.


Bakusute Sotokanda Icchome


Apabila 48Family menggunakan konsep 'idol yang bisa kamu temui setiap hari' melalui acara teater, maka idol grup milik Hello! Project ini bisa dibilang lebih gampang ditemui sehari-hari. Hal ini karena selain menjalani kehidupan sebagai idol, para member Bakusute Sotokanda Icchome juga memiliki profesi sebagai pelayan di maid cafe yang bernama "Akihabara Backstage Pass cafe" di jalan Akihabara, Jepang.

Selain mengadakan pertunjukan dan syuting variety show seperti idol grup kebanyakan, para member Bakusute Sotokanda Icchome juga dituntut bisa melayani pelanggan yang singgah ke maid cafe mereka. Maid cafe adalah kafe yang memberikan servis dari pelayannya yang berpakaian lucu dan imut, biasanya harga makanan di maid cafe lebih mahal daripada cafe-cafe biasa, namun para pengunjung maid cafe biasanya lebih mengincar service yang diberikan para maid.

Apabila beruntung, para pengunjung Akihabara Backstage Pass cafe bisa bertemu dan dilayani secara langsung oleh member Bakusute Sotokanda Icchome (BSI) favorit mereka. Selain itu dalam pembuatan MV, pihak BSI membiarkan keseluruhan member mereka untuk ikut serta dalam pembuatan MV --yang jumlahnya puluhan-- meskipun mereka memiliki beberapa member 'andalan'.


Ebisu Muscat


Salah satu penyebab kesalahpahaman yang saya sebutkan diatas adalah para wota baru di Indonesia kerap menganggap bahwa semua idol grup menggunakan konsep seperti AKB48, salah satunya adalah 'tumbuh bersama fans'. Kebanyakan mengartikan 'tumbuh bersama fans' itu adalah sang idol yang memulai karir mereka dari bukan siapa-siapa menjadi idol yang dielu-elukan banyak fansnya di kemudian hari.

Namun bagaimana kalau sebelum bergabung dengan idol grup mereka sudah terkenal?

Itulah Ebisu Muscat. Idol grup yang terdiri dari para gravure idol dan AV (adult-video/video dewasa) idol Jepang. Idol grup milik Pony Canyon ini dibentuk awalnya sebagai bagian dari acara variety show bernama Onegai! Muscat. Namun idol grup 'dewasa' ini sudah bubar pada tanggal 7 April 2013 lalu.


Kamen Rider Girls


Untuk merayakan ulang tahun ke-40 seri Kamen Rider, maka Avex Trax dan Ishimori Production membentuk idol grup yang bernama Kamen Rider Girls. Setiap member dari idol grup ini merepresentasikan satu seri Kamen Rider. Berikut adalah nama member Kamen Rider Girls dan Rider yang mereka representasi kan ;
  • Hitomi Isaka --- Kamen Rider OOO
  • Kaori Nagura -- Kamen Rider Kiva
  • Mitsuki Endo -- Kamen Rider Fourze
  • Chisato Akita -- Kamen Rider Wizard
  • Nao Yasuda -- Kamen Rider Blade
  • Erika Yoshizumi -- Kamen Rider Den-O

Kamen Rider Girls memiliki satu member lagi yaitu Yurika Hirokawa yang merepresentasikan Kamen Rider Ryuki, namun Yurika telah mengundurkan diri pada tahun 2012. Setiap member Kamen Rider Girls mengenakan henshin belt milik Rider yang mereka representasikan.


Sakura Gakuin


Jika biasanya sebuah idol grup 'menahan' idol mereka sampai jangka waktu tertentu untuk kemudian dilepaskan (lulus/graduate, kalau menggunakan bahasa 48Family), maka Sakura Gakuin berbeda. Mereka memberikan batas maksimal selama tiga tahun bagi idol yang berada dibawah manajemen mereka untuk berada di Sakura Gakuin sebelum kemudian 'lulus'.

Hal ini karena Sakura Gakuin hanya mengambil idol yang masih bersekolah di SMP. Apabila sang (calon) idol masih duduk di bangku SD maka mereka tidak menerimanya, begitu pula apabila sang idol telah lulus SMP dan bersiap masuk bangku SMA (dalam kehidupan aslinya), maka Sakura Gakuin akan segera meluluskan idol tersebut dari Sakura Gakuin untuk kemudian digantikan dengan generasi berikutnya.

Selain itu, Sakura Gakuin bisa dibilang kaya dalam hal dunia bermusik, karena mereka tidak hanya menggunakan musik idol seperti kebanyakan idol grup, mereka mencampurkannya dengan jenis musik yang berbeda yang dibagi kedalam sub-unit yang disebut 'kegiatan ekstrakulikuler'.

Seperti kegiatan ekstrakulikuler dalam sekolah pada umumnya, sub-unit ini membagi member Sakura Gakuin dalam jenis musik yang cukup berbeda, seperti BABYMETAL yang merupakan project dari "Heavy Music Club" yang menggabungkan musik metal dengan musik idol, atau Twinklestar yang selalu menggunakan baton dalam lagu dan koreo mereka.


---------------------------------

Itulah beberapa contoh idol grup di Jepang yang memiliki ciri khas dan keunikan mereka sendiri. Jadi idol grup itu tidak melulu kumpulan gadis-gadis remaja, menggunakan sistem angkatan dan beberapa member senior yang 'harus' lulus.

Idol grup itu juga memiliki beberapa kesamaan antara lain ; menggunakan tarian dalam lagu mereka, menjual 'perawakan' member mereka dalam bentuk merchandise seperti photopack dll. Karena idol grup bukan hanya 48Family.

Arashi.
Idol grup asal Jepang yang terdiri dari lima pria.

25 komentar:

  1. wihh banyak juga ya, itu paling unik yang kamen rider girls :D

    BalasHapus
  2. Baru awal paragraf gambarnya sudah bikin mimisan #salahfokus

    Ebisu muscat bang! X)))
    Oke, nambah info kalo idol grup konsepnya banyak :$

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paragraf awal apa pict. awal Yog ( =.=) ?

      Hapus
  3. dari sekian banyak band dijepang. ternyata mereka cemen ya. beraninya keroyokan _.._"
    tapi gpp sih. beli satu dapet paha-dada banyak banget xD #HentaiDetected

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang namanya 'grup' pasti banyakan Ben -,-

      Hapus
  4. Diantara semuaya yg diatas, cuma tau AAA doang, itu juga karena doi ada isi soundtrack untuk Inuyasha Finals Act hhe~
    Klo yg Idol Group cowok semua itu pernah dgr tentng mereka tpi blum pernh dgr lagunya hha

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm pnah denger lagu idol group cwok? Masa? Ada lho grup satu manajemen seniornya Arashi yaitu V6, mereka kan ngisi soundtrack serial Inuyasha, yg judulnya Change the world.

      Hapus
  5. aku baru tahu semua semua semuanyaaa. tapi aku suka sama Sakura Gakuin deh kalo ngliat fotonya. unyu unyu sih kayak aku :3

    BalasHapus
  6. Aaaak Sakura Gakuin, kawaii.
    Ini mah kayaknya nambah lagi bahan fantasi Lolicon *keplak self* ini member Sakura Gakuin nya pada cubitin pipi-able yes :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirimu terkesan kaya' pedofil Mbun *run run small*
      ( =.=)

      Hapus
  7. Sakura Gakuin, sama kawaii-nya dengan AKB48 menurut gw
    mas Farid pernah denger idol group namanya BeForU ga? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah denger BeForU saya, dari Jepang juga?

      Hapus
    2. ya, sama2 dari Jepang
      tapi sekarang kayaknya udh bubar deh .__.
      lagu2nya muncul di game franchise Bemani kebanyakan kk
      itu idol group Jepang pertama yg gw kenal sebelum 48 fam ^^

      Hapus
  8. Esibu ada rin sakuragi nguahahaha :v

    BalasHapus
  9. wah.. Ada foto mas2 arashi *salahfokus* :3

    idol group cwok banyak jg, en sebagian besar Johnnys fam ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya idol grup cowok banyak, cuma rata-rata konsepnya 'biasa' menurut gue (se-grup cowok semua).

      Yap, di Jepang kalau idol grup cewek dikuasai 48Family, idol cowok dikuasai Jhonny's Fam :D

      Hapus
  10. maid cafe? BSI aja! bisa dipake tuh buat para membernya buat promosi universitasnya X)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan akhirnya ada juga yang ngomen begini ( =.=)

      Hapus
  11. wah seneng banget ada yg ngomongin AAA (dengan fakta bahwa fans AAA di indo dikit banget) ..mereka emang mixed-gender group yg unik banget :D.. saya salah satu yang tergila-gila dengan AAA

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Afilia Saga dan Bakusete Sotokanda Icchome bisa dibilang mirip. Selain itu beberapa member Afilia Saga juga terdaftar sebagai member BSI. Contoh ; Kohime.

      Hapus
  14. kalau lo tau idol group 48 family doang berarti ilmu ngeidol lo cetek abissss

    BalasHapus
  15. keren tuh yang kamen rider =D

    BalasHapus
  16. Sakura gakuin dri klas 5 Sd - 3 Smp...prtama kali trbntuk kan Moa sama Yui masih kls 5 sd..Ooga sama Megumi jga masuk pas mreka masih kls 6 Sd...

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...