Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

10 Januari 2014

Nobunaga The Fool [ Anime Review ]

Dahulu kala planet-planet dari Timur dan Barat pernah terhubung oleh Ama-no-Hashidate. Namun semenjak Ama-no-Hashidate runtuh, kedua planet tumbuh dan berkembang dengan kemampuan mereka masing-masing hingga penduduknya lupa keberadaan manusia di planet lainnya. Di planet Barat, budaya kuno mengalami kebangkitan setelah lama berada di era perang berhasil menciptakan mesin untuk mengetahui apa yang terjadi di planet Timur.

Planet Timur sendiri masih berjuang untuk menyatukan seluruh planet dalam sebuah kerajaan. Seorang gadis bernama Jeanne D'Arc yang terlahir dengan kemampuan mampu mendengarkan bisikan yang menyebutkan ia harus menemukan raja yang dapat menyelamatkan kedua planet, berangkat ke Planet Barat untuk menemukan sosok sang raja penyelamat.

Sinopsis 

Adegan pertama dibuka dengan tragedi Honnoji dimana sang tiran Nobunaga Oda dan ajudan setianya, Ranmaru Mori menemui ajalnya. Oda yang merasa ambisinya untuk menjadi penguasa dunia harus berakhir kemudian berkata kepada Ranmaru bahwa di kehidupan berikutnya mereka akan bertemu lagi. Di saat bersamaan nun jauh di tanah Prancis, jendral wanita muda Joanna D'Arc harus menemui ajalnya ketika dieksekusi di depan umum.

Menjelang akhir nafasnya, Joanna melihat bayangan/ilusi seseorang yang memberikan tangannya dan mengatakan mereka akan bertemu lagi di kehidupan berikutnya.

Di Planet Timur, Oda Nobunaga terbangun karena dibangunkan sahabatnya Mitsuhide Akechi. Mimpi tentang seseorang bernama yang sama dengan Oda mati terbakar dalam sebuah kuil membuat Akechi cemah, namun berbeda dengan Oda yang semakin penasaran dengan wanita yang ia temui dalam mimpinya.

Mitsuhide Akechi dan Nobunaga Oda.

Hideyoshi kemudian datang dan memberitahukan Oda dan Akechi bahwa ada karavan yang membawa makanan dan uang yang banyak berjalan melewati mereka. Oda yang mengetahui karavan tersebut adalah milik tentara Takeda yang hendak menyerang daerah klan Oda memutuskan menuju benteng untuk memperingatkan yang ada disana.

Namun karena reputasi buruknya (bahkan hingga mendapatkan julukan 'Si Bodoh') tidak ada yang mendengarkan peringatan dari Oda. Serangan tentara Takeda dilancarkan dan ketiga sahabat tersebut hanya bisa memandang benteng dan tentara klan Oda dibantai oleh War Mobile milik Takeda.

Di Planet Barat, Jeanne Kaguya D'Arc yang sedari lahir selalu bermimpi bertemu dengan seseorang yang menyuruhnya untuk menemukan sang raja penyelamat bagi kedua planet menarik minat Leonardo Da Vinci, yang menyatakan dirinya sebagai 'sang pengamat dunia' untuk membawa sang gadis muda ke Planet Timur.

Jeanne Kaguya D'Arc dan Leonardo da Vinci.

Mengendarai kapal luar angkasa milik Laksamana Magellan, da Vinci dan Jeanne 'menumpang' sampai perbatasan planet Timur sebelum akhirnya memutuskan untuk kabur sembari mencuri sebuah War Mobile.

Toyotomi Hideyoshi -- Nobunaga Oda -- Mitsuhide Akechi

Di tanah bekas pembantaian tentara Takeda, Nobunaga Oda, Akechi Mitsuhide dan Hideyoshi Toyotomi bersumpah bahwa mereka akan menyatukan dunia hingga peperangan tidak lagi dibutuhkan. Tidak berapa lama shuttle pod yang ditumpangi da Vinci dan Jeanne jatuh di dekat mereka. Nobunaga yang penasaran bergegas menuju bekas jatuh.

Disana Nobunaga bertemu dengan Jeanne yang berada di dekat sebuah War Mobile (mecha). Dan ternyata banyak unit dari kapal Magella yang mengejar mereka, Nobunaga pun memaksa untuk menggunakan unit yang menurut sistemnya hanya bisa digunakan oleh 'Sang Raja Penyelamat'.


Karakter

Nobunaga Oda

Ahli waris resmi dari negara Owari di Planet Timur ini merupakan karakter adaptasi dari karakter sejarah bernama sama. Oda juga sama-sama mendapatkan julukan sebagai 'Si Bodoh' karena suka bertindak seenaknya dan dianggap suka melakukan tindakan yang mempermalukan nama klan Oda.





Jeanne Kaguya d'Arc

Jeanne yang dibesarkan di daerah Donremi dari Planet Barat ini semenjak kecil selalu mendapatkan 'pandangan' dan 'bisikan' untuk menemukan Star Messiah (Sang Raja Penyelamat). Karena kemampuannya tersebut ia mau diajak Leonardo da Vinci untuk berpetualang ke Planet Timur. Disanalah Jeanne pertama kali bertemu dengan Nobunaga.




Mitsuhide Akechi

Sahabat Nobunaga ini merupakan kapten dan strategist dari klan Oda.









Review

Adaptasi dari drama Jepang terkenal ini pada pandangan pertama terlihat menarik karena menggabungkan unsur perang antar mecha dengan karakter-karakter sejarah dari dunia barat dan dunia timur. Meski baru rilis episode pertama, namun jalan cerita terasa cepat karena memang mudah untuk dimengerti -- khususnya bagi mereka yang sudah familiar sebelumnya dengan nama-nama karakter sejarah tersebut --.

My Rating : 7,5 / 10


8 komentar:

  1. Nobunaga Oda... kesannya jauh binar ama karakter asli dari sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi secara sifat bisa dibilang sesuai dengan karakter asli dari sejarah.

      Hapus
  2. Gue belum familiar walaupun pernah denger beberapa kali Nobunaga Oda Banyak planet, Mecha... Oh harus dicoba
    tapi baru 1 episode suka bikin nanggung ://

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling juga endingnya mirip cerita Nobunaga Oda dari cerita-cerita sebelumnya (sejarah) :v

      Hapus
  3. Nobunaga? Jeanne D'Arc?
    Majijo & Pajama Drive..
    *kabur*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu kebanyakan 'ngaidol' dek Fira.

      Hapus
  4. Mirip Oda Nobunaga No Yabu '-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ngikutin sejarah Nobunaga Oda, sepertinya cerita apapun akan memiliki kesamaan.
      Ya namanya juga berdasarkan cerita sejarah yang dimodifikasi.

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...