Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

20 Februari 2012

Uniknya AKB48

Idol Group asal Jepang ini mulai ramai dibicarakan oleh penikmat musik Indonesia setelah mereka membuka 'cabang' luar negeri pertama yang bernama JKT48. Dalam promosi pengenalan JKT48 sendiri dilakukan dalam iklan-iklan, seperti iklan Pocari Sweat dimana mereka menyanyikan lagu Heavy Rotation milik AKB48.

Namun banyak juga yang mengatakan kalau JKT48 itu pada awalnya ialah plagiat dari AKB48. Well, seperti yang sudah dijelaskan tadi, JKT48 merupakan sister (cabang) AKB48 dalam pengembangan "Project 48" yang sekarang sudah memiliki lima sisters, dengan Indonesia sebagai sister luar Jepang yang pertama.

Sepintas AKB48 ini mirip dengan girlband-girlband kebanyakan. Namun ada beberapa hal yang membuat AKB48 dan (hampir) semua Project 48 lainnya berbeda dengan girlband kebanyakan karena mereka adalahg Idol Group, bukan girlband. Berikut adalah beberapa diantaranya.


#1. Jumlah Anggota

(source)
Meskipun namanya memiliki angka 48, namun jumlah personil AKB48 sendiri telah melebihi 48 orang. Jumlah personil yang banyak itu kemudian dibagi kedalam beberapa tim, khusus AKB48 dibagi dalam tiga tim, yaitu ; Tim A, Tim K dan Tim B. Bahkan baru-baru ini, AKB48 berhasil masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai "Grup Pop dengan Jumlah Personil Terbanyak". Proses pembagian tim A, K atau B sendiri ditentukan dari waktu dilakukannya audisi, jadi AKB48 tidak dikelompokkan berdasarkan kemampuan menari atau pun olah vokalnya.


#2. Jumlah Anggota dalam Lagu

AKB48 - Beginner
(source)

Jika dalam girlband biasa pada umumnya, maka sebanyak apapun jumlah anggotanya maka semuanya akan tampil dalam lagu atau video klip-nya. Namun pada AKB48 berbeda, dalam beberapa Video AKB48 hanya menampilkan beberapa orang saja. Sepengetahuan saya sampai saat ini, hanya lagu dan MV (Music Video) berjudul Bingo! yang menampilkan ke-48 personil AKB48 secara utuh. Bahkan tidak jarang pula mereka memasukkan anggota dari Project 48 lainnya, seperti pada lagu dan MV Heavy Rotation yang menyertakan dua anggota Tim S dari SKE48 ; Matsui Jurina dan Matsui Rena.


#3. Sistem Lulus dan Regenerasi

Sato Yukari
Lulusan AKB48 (sekarang di SDN48)
(source)
Jika pada girlband biasa, maka mereka akan tetap pada personil awal mereka dan hanya melakukan pergantian personil/formasi kalau hal-hal yang tidak diinginkan (tidak terduga) terjadi, seperti terjadinya perselisihan antar anggota atau hal-hal lainnya.

Kalau pada AKB48 ada sistem yang dinamakan lulus. Hal ini sangat jamak terlihat pada beberapa idol group lainnya di Jepang. Dimana untuk menjaga 'kesegaran' dari suatu grup mereka mengadakan sistem kelulusan dan penerimaan anggota baru.

Sistem ini tapi tidak selalu diterapkan kepada semua anggota, hanya kepada beberapa anggota yang dirasa siap untuk ber-solo karir dan yang sudah melewati batasan umur di AKB48 (biasanya mereka akan dipindahkan ke SDN48). Dan selalu ada tim baru yang khusus ditujukan untuk mendidik para calon anggota dari AKB48 tersebut.

Meskipun sistem seperti ini di negara Jepang bisa dibilang sebagai sistem idol grup yang cukup standar.


#4. Venue Pribadi

AKB48 Theater
(source)
Konsep Idol Group yang dicanangkan Atsushi-sensei, AKB48 merupakan idola yang bisa dilihat setiap hari. Maka dari itu setiap anggota Project 48 (kecuali JK48) memiliki teaternya sendiri untuk latihan dan tampil hampir setiap hari. Hal ini tentu sangat berbeda dengan girlband lain yang 'hanya' mengandalkan tawaran manggung dari pihak-pihak tertentu yang pastinya tidak jelas kapan dan dimana.


#5. Anime dan Manga

Mungkin hal 'langka' ini yang paling jelas membedakan AKB48 dengan girlband-girlband lainnya. Mereka memiliki versi anime dan manga sendiri. Untuk anime-nya sendiri belum dirilis, namun rencananya akan rilis pada musim semi 2012. Sedangkan untuk versi manga sendiri sudah keluar dengan judul AKB49 - Renai Kinshi Jourei.

AKB0048 (anime)
(source)
AKB49 - Renai Kinshi Jourei (manga)
(source)




Sumber :

20 komentar:

  1. itu kok manga nya malah AKB48 bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang AKB48 kok. Kalau yang dimaksudkan kenapa judulnya malah jadi AKB49, saya sarankan untuk membaca versi manga-nya. Dengan demikian pertanyaan kenapa judulnya AKB49 bisa terjawab. :D

      Hapus
  2. wah ada manga nya. cari ah. :)

    BalasHapus
  3. musim seminya di sana musim apanya di sini yak?? btw, itu bagi-bagi honornya berapa yak kalo banyak begitu >.<

    BalasHapus
  4. ohhh..gitu toh,, gue suka pusing liat AKB48 yg banyakan, kayak kembar semua.. hahaaa

    BalasHapus
  5. gw ngga terlalu suka boy / girl band tapi its okelah kalau buat tambah info..

    BalasHapus
  6. oh gitu ya...baru tw AKB48 hehehe

    BalasHapus
  7. aku gak bisa bedain yang mana yang namanya siapa (@.@)
    kak farid bahas ebisu muscats juga dong, lucu juga loh lagu nya. oecura mambo ~(o-0)~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum pernah dengar yang namanya ebisu muscats, kapan-kapan insyaallah akan dibikin tulisannya. ^^v

      Hapus
  8. Sangat informatif cz gw tadinya nggak tau ap itu AKB48 :P

    BalasHapus
  9. mereka nongol dengan konsep yang termanage bagus. muahahahaha btw aku juga posting ttg dilema jkt 48 om :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atsushi-sensei emang jago bikin konsepannya, two thumbs up.

      Udah mampir disana kok Funy :3

      Hapus
  10. baru tau kalo sampe dapat rekor jumlah anggotanya, heheu

    btw manga dan animenya sepertinya keren, ga sabar pengen lihat ;D

    BalasHapus
  11. Kalo nyanyinya bener2 48 orang gak kebayang deh.
    Itu mau nanyi atau keroyokan jadinya :))
    Btw, hebat ya mereka, sampai2 buat cabang segala di indo :D
    Keren juga sistemnya, jadi gak monoton :)

    BalasHapus
  12. gila bisa saling kenal semua gak sih banyak banget gitu hehe..tapi keren..tapi tapi kok video klip hevii rotesyong akb48 bedabgt ama jkt48 yak..:D tapi tapi tapi yang versi akb48 kereeen..unyu2 gimana gitu haahha:p

    BalasHapus
  13. Samsung= Perusahaan Semikunduktor
    project48= Musik Semikonduktor

    BalasHapus
  14. heran gue sama pak Yasushi Akimoto, punya ide dari mana ya bisa bikin sistem idol kaya gitu. Buat gue si ini masih sesuatu yg aneh dan tabu. Tapi denger penjelasan mas Farid ko menarik juga ya ini 48Family
    Lagu2nya keren keren, super asik dan dikemas dlm format yg menarik.
    Jujur aja si tadinya gue sempet mandang sebelah mata sama JKT48 dan AKB48 ini, tapi lama2 gue jadi ngejilat ludah gue sendiri setelah mengenal lagu2 dan apa itu idol48
    Tapi apa sistem idol kaya gitu bakal bertahan di dunia entertain Indonesia?
    yah, kita liat aja bagaimana perkembangan JKT48 ke depannya nanti

    BalasHapus
  15. Itu yakin jumlahnya 48? Kok kayaknya lebih ya? Ada 60-an malah, bro... Barusan ngitung - dan itu belum termasuk kenkyuusei...

    Mungkin 48 itu jumlah generasi awalnya kali yah? Dan karna image yang sudah terbentuk itu, yah makanya namanya jadi AKB48.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu idol grup enka jaman Aki-P yang menjadi dasar inspirasi pembentukan AKB48. Hhe.

      Hapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...