Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

24 Agustus 2012

Deadman Wonderland [ Anime Review ]

Deadman Wonderland merupakan sebuah nama dari taman hiburan sekaligus penjara swasta di pusat kota Tokyo. Deadman Wonderland menjadi unik karena mereka bekerja menggunakan peraturan mereka sendiri dan menggunakan para tahanan sebagai objek atraksi maupun wahana yang disediakan.

Meski begitu, taman hiburan ini masih ramai dikunjungi pengunjung karena tingginya special effect yang digunakan untuk menghibur para pengunjung Deadman Wonderland.

Namun dibalik semua wahana "biasa" yang berada di Deadman Wonderland, ada satu wahana unik yang hanya bisa disaksikan disini. Wahana khusus ini hanya dapat dinikmati oleh kalangan tertentu saja. Wahana yang membutuhkan keterampilan dari mereka yang disebut dengan "Deadman".


Sinopsis

Ganta Igarashi tengah mengecek gadget-nya untuk melihat taman hiburan Deadman Wonderland, taman hiburan yang akan dikunjungi kelasnya saat field trip kali ini. Tidak lama berselang kelas dimulai, ketika para murid sedang memperhatikan pelajaran, sosok berbaju merah muncul di jendela kelas mereka. Pemandangan ini sangat mengejutkan karena kelas Ganta berada di lantai 3 dan sosok berbaju merah tersebut terlihat melayang.

Sedetik kemudian pandangan Ganta menjadi buram. Ketika ia membuka matanya ia melihat kelasnya telah hancur dan semua teman sekelasnya telah meninggal dengan cara yang mengenaskan. Belum selesai kekagetan Ganta, sosok berbaju merah tersebut berjalan ke arahnya, dan sambil tersenyum menusukkan sebuah benda merah ke dalam tubuh Ganta.

Saat tersadar ia berada di rumah sakit, saat itu juga ia mendapati fakta bahwa ia menjadi tersangka kasus pembantaian semua rekan sekelasnya dan bekas luka yang didapatkannya dari sosok berbaju merah itu telah hilang. Ia mendapatkan bantuan dari pengacara bernama Tamaki. Kepada Tamaki pula Ganta menceritakan kronologis saat sosok berbaju merah tersebut datang dan membantai teman-temannya.


Hari pengadilan Ganta pun tiba. Tak disangka-sangka ia mendapatkan hukuman mati oleh hakim. Kejutan lain muncul saat ia melihat video rekaan mirip dirinya yang jelas-jelas menyatakan bahwa ia yang membunuh semua teman sekelasnya. Selain dijatuhi hukuman mati, ia juga dihakimi secara sepihak oleh para orang tua teman sekelasnya.

Keesokan harinya Ganta dimasukkan dalam penjara di Deadman Wonderland. Penjara khusus yang beroperasi dengan peraturannya sendiri. Selain itu para tahanan Deadman Wonderland memiliki ikat leher khusus berisi racun yang bisa membunuh pemakainya apabila ia tidak memakan permen tertentu dalam jangka waktu tiga hari.

Untuk mendapatkan uang (cash point) untuk membeli permen tersebut para tahanan haruslah mengikuti beberapa games. Games disini ialah menjadi objek dari sebuah wahana di Deadman Wonderland, namun beberapa dari wahana yang ada sangat membahayakan nyawa para tahanan. Mulai saat itu dimulailah kehidupan Ganta di penjara Deadman Wonderland.


Karakter

Ganta Igarashi

Anak 14 tahun ini merupakan satu-satunya orang yang selamat dari pembantaian yang dilakukan oleh sosok berbaju merah kepada kelasnya. Masih menjadi misteri mengapa Ganta menjadi satu-satunya orang yang 'dibiarkan' hidup, tapi hal itu juga yang menyebabkan dirinya dijatuhi hukuman mati atas tuduhan menjadi pelaku pembantaian tersebut hingga harus menghabiskan hidupnya di penjara Deadman Wonderland.





Shiro

Gadis ini pertama kali muncul saat Ganta berada di Deadman Wonderland. Sepertinya Shiro merupakan teman masa kecil Ganta, tapi karena beberapa alasan tertentu Ganta lupa dengan Shiro. Shiro mampu muncul dimana saja di sekitar Deadman Wonderland meskipun ia bukan tahanan disana. Belum lagi kekuatan fisik Shiro tampaknya lebih kuat dibandingkan para tahanan lainnya.





Review

Deadman Wonderland merupakan salah satu dari sekian banyak anime 'kelam' yang beredar di pasaran. Selain dari jalan cerita yang berat dan agak rumit untuk dimengerti, banyaknya adegan sadis dan banyaknya darah yang diperlihatkan secara eksplisit (meski ada beberapa bagian yang disensor) membuat anime Deadman Wonderland tidak cocok untuk penonton dibawah umur.

Meski begitu adegan-adegan sadis di anime yang berbeda dari anime kebanyakan lainnya ini membuat Deadman Wonderland memiliki penggemarnya sendiri. Nilai lebih ada pada kedalaman ceritanya yang dirancang dengan baik. Penonton dapat dibuat penasaran melihat perjuangan Ganta untuk tetap hidup dan mencoba menyelamatkan diri dari Deadman Wonderland.





3 komentar:

  1. Oke sipnosisnya safe
    Btw ane dapat download nya yg subtitle nya censored pada bagian kata kasar fan jorok . Apa yg lain juga begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Punya gua bukan cuma subtitle yang sensor, ucapan si karakternya juga kena sensor. .__.

      Hapus
  2. aku nangis pas si shiro di tabok ama si ganta. itu nyebelin banget. pas adegan yg gk ngenakin niat merem malah lupa merem dan makin melotot biar jelas -,-

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...