Bacot Gue Suka Suka Gue

Bacot Gue Suka Suka Gue
Art by @yulianzone

4 Februari 2012

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjadi Mahasiswa

(source)
Bulan Februari ini menjadi bulan yang penting bagi mereka yang berada di kelas tiga SMA/SMK. Karena mulai dari bulan ini mereka harus menentukan pilihan dimanakah mereka akan melanjutkan pendidikan mereka setelah lulus dari bangku Sekolah. Untuk jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sendiri sudah dibuka pada tanggal 1 Februari 2012 lalu dan akan berakhir hingga tanggal 8 Maret 2012.

Untuk para siswa, selain harus mempersiapkan diri menghadapi UN (Ujian Nasional) dan SNMPTN (bagi yang mengikutinya), ada beberapa hal yang juga harus mereka siapkan dan ketahui sebelum menyandang status sebagai mahasiswa. Berikut diantaranya.



#1. Kemampuan Diri dengan PT/Jurusan yang Dipilih


Sebelum memilih Perguruan Tinggi atau jurusan, sebaiknya para calon mahasiswa mengukur diri dengan cara melihat rekam jejak nilai mereka selama sekolah dan nilai Passing Grade untuk diterima pada jurusan tertentu di PT tertentu. Selain bisa menjadi referensi dalam menentukan pilihan, hal ini juga bisa meningkatkan kemungkinan kita diterima di PT tertentu.


#2. Belajar Mengurus Diri Sendiri


Menjadi mahasiswa berarti diri kita sudah (harus) dewasa, tidak ada lagi yang namanya bermanja-manja ala anak sekolahan. Hal ini penting, khususnya bagi mahasiswa dari perantauan, dimana mereka tiba di suatu daerah baru dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi culture shock karena perbedaan kebiasaan di daerah asalnya dengan daerah tempat ia berkuliah. Sebaiknya kebiasaan-kebiasaan buruk selama masa sekolah dan sikap bergantung kepada orang tua perlahan-lahan dikurangi, karena selama menjadi mahasiswa kita akan diberikan 'kebebasan' namun harus bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semua tindakan kita.


#3. Manajemen dan Manajemen


Bukan menyarankan para calon mahasiswa untuk memilih jurusan manajemen, namun maksudnya ialah agar para calon mahasiswa bisa melakukan manajemen bagi dirinya sendiri. Baik itu manajemen keuangan (jumlah uang saku per bulan dengan tempat makan sehari-hari), manajemen waktu (kuliah, main, belajar, ibadah, pacaran #kalauada) bahkan manajemen hati #apasih. Karena jadwal kesibukan mahasiswa itu tidak seperti yang diperlihatkan di FTV-FTV yang sering menghiasi layar kaca, dimana mahasiswanya lebih sibuk main dan mencari cinta dibandingkan belajar dan ujian.


#4. Tidur Itu Emas


Kalau selama sekolah kalian menghabis-habiskan waktu kosong di siang hari untuk main game, hangout, atau tindakan-tindakan lainnya yang bisa memotong waktu tidur siang kalian, maka jika sudah menjadi mahasiswa jangan menganggap remeh yang namanya tidur siang. Waktu tidur siang bagi seorang mahasiswa itu ibarat emas, karena tidak setiap hari bisa mendapatkannya. Hal-hal yang membuat waktu tidur (tidur siang dan tidur malam) berkurang antara lain ialah kebanyakan tugas yang diberikan dosen, tugas dari dosen sungguh sangat berbeda dengan PR yang biasa diterima selama sekolah. Kalau PR bisa diselesaikan dalam waktu 30 menit sampai 10 menit sebelum dikumpulkan, maka tugas dosen bisa memakan waktu sampai satu jam bahkan satu hari ! Tergantung tugas yang diberikan sebenarnya, namun kebanyakan berkutat dengan proses pembuatan pembahasan masalah/tugas yang dikerjakan sesuai dengan beberapa literatur (baik dari buku-buku maupun internet), belum lagi kalau tugas tersebut harus dikerjakan tulis tangan, waktu yang dibutuhkan sungguh teramat lama untuk menyelesaikannya.


#5. Memilih Teman Yang Benar


Kalau selama sekolah anda adalah pribadi yang pendiam, maka hal tersebut bisa berubah ketika anda menjadi mahasiswa. Hal ini terjadi karena link pertemanan di dunia kuliah jauh lebih besar dibandingkan dunia sekolah. Maka dari itu kalian harus pandai memilih-milih teman, memilih teman disini ialah untuk keseimbangan kehidupan hura-hura dan belajar kita. Jika anda anda bersifat nerd yang lebih condong belajar, maka tidak ada salahnya mencari teman yang berorientasi hura-hura, hal ini agar kita bisa menyeimbangkan nilai yang baik dengan komunikasi yang baik. Nilai yang baik itu tidak selalu harus nilai tertinggi, karena sistem huruf mutu di PT maka nilai 80 dan 100 itu hasil akhirnya akan sama-sama A (kecuali ada perbedaan dalam penentuan huruf mutu, misal : huruf mutu A itu dari 90-100). Keseimbangan ditujukan agar saat memasuki dunia kerja kalian tidak akan mengalami kesulitan akibat kekurangan nilai akademik dan kemampuan berkomunikasi.

-------------------------------------------------------------------------------

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan para calon mahasiswa sebelum menginjak dunia kuliah. Semoga dapat membantu dan semoga nantinya mendapatkan PT dan jurusan yang diinginkan.




Sumber :

22 komentar:

  1. Ane kendala bagian manajemen doang.
    Terutama manajemen duit.

    Makanan di kantin selalu terlihat menggiurkan saat lagi ga ada kelas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kalau lagi ga ada kelas lebih enak tidur #eaa

      Hapus
  2. Kalo kendala ane di nomor satu kayaknya. (beuh.. nomor satu aja udah gak lewat uji kelayakan gimana bisa lolos semapaten? #apaansih)

    Mungkin gue terlalu positive thinking kalo GUE PASTI BISA, tapi sayang itu salah sekali. :(((

    Akhirnya diambil aja hikmahnya. (Alit style #amitamit)

    BalasHapus
  3. Ca Ya<-----jd kupu2 malem=kuliah pulang kuliah pulang malem hahhahha :DD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buset dah, kuliahnya sampai malam gtu ? #mencurigakan

      Hapus
  4. menejemen waktu tuh penting banget. pernah 2 hari gak tidur cuma ngurusin deadline tugas padahal ada kuliah dari pagi ampe malem =="

    eh btw, IPK ngaruh loh buat nyari kerja :O *in my opinion ya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya juga penting, kan di ending ada kalimat ini :

      "Keseimbangan ditujukan agar saat memasuki dunia kerja kalian tidak akan mengalami kesulitan akibat kekurangan nilai akademik dan kemampuan berkomunikasi."

      Hapus
  5. aaahh bener tuh bang!!!
    Belajar dari situ dah aku kayanya :p

    BalasHapus
  6. bener pilih temen yang baik juga penting, banyak loh yang udah masuk bangku kuliahan malah kuliahnya amburadul gara-gara salah pilih teman..

    BalasHapus
  7. *guling-guling menghitung hari*
    BRACE YOURSELF, calon mahasiswa baru is coming.

    BalasHapus
  8. kayaknya serem banget yaa,
    jadi tambah degdegan >.<

    BalasHapus
  9. mantap :D emg sih ini aku kasih Tips sukses SNMPTN buat Tuna Asmara/Fakir cinta/Jomblo :D Buat Yang mau ujian tulis Snmptn http://wongborobudur.blogspot.com/2012/01/tips-sukses-snmptn-buat-jombloerz.html

    BalasHapus
  10. uanggggg saku jadi kendala rumit juga deh kayaknya om :P hehe

    BalasHapus
  11. yang begini ini jadi membuat saya rindu masa sekolah, padahal masih sekolaah.

    BalasHapus
  12. Kalo yg dipersiapkan sesudah jadi mahasiswa ada ga?he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk hal tersebut jujur saya belum mengalaminya dan belum berani berspekulasi, hehe.

      Hapus
  13. duh gue jadi takut jadi mahasiswa,mending gue tetep jadi anak SMA ,tetep unyu *eh *ditabokorangkampung

    BalasHapus
  14. anak kehutanan y gan???

    BalasHapus
  15. 1 tahun lagi saya jadi anak kuliahan,
    kalau udah kuliah, bakalan sibuk terus ini setiap hari
    1 tahun yang harus dimaksimalkan sebelum masuk kuliah nih, hehe
    Bacaan Ringan | Opini | dan Artikel

    BalasHapus
  16. kuliah yang penting punya skill..dimana pun kuliah punya skill bagus bakal sukses..

    salam dari software toko

    BalasHapus
  17. masa penggalauan yang ini udah dilewati *sujud sukur*

    BalasHapus

Dapat berkomentar menggunakan G+ namun mohon maaf tidak memperbolehkan akun anonim.

Sangat terbuka dengan segala macam komentar, apalagi yang bisa membangun untuk kemajuan blog ini.

Tidak disarankan untuk melakukan copas (copy-paste) terhadap segala tulisan di blog ini karena sewaktu-waktu dapat dilaporkan kepada DMCA Google yang menyebabkan blog si plagiat dapat dihapus dalam kondisi terparah.

Akhir kata, terima kasih sudah berkomentar ^^v

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...